Kamis, 22 Augu 2019 | 22.34 WIB
KiniNEWS>Regional>Banten>Eh, Presiden Jokowi juga keturunan Boyolali lho…

Eh, Presiden Jokowi juga keturunan Boyolali lho…

Reporter : Redaksi | Minggu, 4 November 2018 - 19:31 WIB

IMG-7899

Presiden RI Joko Widodo, juga ternyata keturunan Boyolali.

BANTEN, kini.co.id – PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan asal usul keluarganya yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan saat memberi arahan pada Konsolidasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja Provinsi Banten, Minggu (4/11).

“Saya harus bicara, orang tua saya asli Boyolali. Bukan keturunan Tiongkok yang berasal dari Singapura bernama Oey Hoi Liong,” kata Jokowi di Gedung ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (4/11).

Ibu Jokowi, Sujiatmi, lahir dan tumbuh di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sementara ayah Jokowi, almarhum Notomiharjo juga menjalani masa muda dan sekolah di desa itu bersama kakek dan neneknya.

Boyolali tengah ramai dibicarakan, termasuk di media sosial. Topik ini berawal dari pidato calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto beberapa hari lalu.

Saat itu, Prabowo menyatakan Jakarta dipenuhi gedung menjulang tinggi dan hotel-hotel mewah. Ia kemudian menyebutkan beberapa hotel, salah satunya Ritz Carlton.

Jokowi mengungkapkan, selama ini dirinya banyak ditimpa isu miring, termasuk soal asal usul keluarganya.

“Selama ini, selama 4 tahun saya diam. Tapi kini saya harus jawab. Saya harus ngomong. Bapak, ibu saya itu orang desa di Boyolali,” kata Jokowi.

Menurutnya, isu soal silsilah keluarga itu berdampak pada anaknya. Namun, anaknya yang bungsu Kaesang Pangarep, yang juga menempuh pendidikan di Singapura menjawab tudingan itu dengan cara sindiran yang kreatif

“Anak saya itu langsung buat kaus tulisan ‘cucunya Oey Hoi Liong’. Pakai topi juga sama,” katanya disambut tawa hadirin.

Ke depan, Jokowi berharap tidak ada lagi fitnah, apalagi selama proses Pesta Demokrasi. Dia ingin politik yang dilakukan di Indonesia berasas pada etika dan tata krama yang baik.

“Yang namanya berpolitik itu harusnya beradat, beretika dan dengan tata krama,” kata Jokowi

Saat blusukan ke Pasar Anyar, Tangerang, Jokowi juga mengungkapkan silsilah keluarganya. Saat itu ada pedagang yang ‘nyeletuk’ kampung halamannya di Boyolali.

“Saya orang Boyolali loh Pak Jokowi,” kata sang penjual ikan kepada Jokowi.

Mendengar ucapan itu, Jokowi langsung tersenyum.

“Oh, Boyolali…” kata Jokowi.

Si pedagang itu menegaskan bahwa dia berasal dari Sambi, sebuah kecamatan di Boyolali. Menanggapi hal tersebut, Jokowi juga mengatakan dirinya mengalir darah Boyolali.

“Kalau saya di Ngemplak,” ucap Jokowi

Pernyataan Prabowo tentang Boyolali itu berujung polemik. Banyak pihak tidak terima orang Boyolali diidentikkan dengan orang susah. Media sosial pun menggaungkan #SaveMukaBoyolali di linimasa Twitter.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...