Minggu, 20 Januari 2019 | 17.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Kepulauan Riau>Obituari Rumbadi Dalle

Obituari Rumbadi Dalle

Rabu, 2 Januari 2019 - 00:23 WIB

IMG-8199

Rumbadi Dalle bersama ucapan belasungkawa.

BATAM, kini.co.id – WARTAWAN senior di Batam, Rumbadi Dalle, hari ini, Selasa 1/1/2019 tutup usia. Pria Wong Kito Galo yang menekuni banyak profesi itu meninggalkan kesan mendalam bagi rekan-rekannya yang ada di berbagai profesi.

Rumbadi menjejakkan kakinya di Batam pada awal era Habibie di Pulau Batam. Dia merantau ke Batam untk bekerja di perusahaan Belanda, PT Ballast Nedam. Kenyang dengan pengalaman di bidang store di perusahaan Eropa itu, pada 1994 Rumbadi pindah bekerja sebagai supervisor teknik di PT Niken Indonesia, Mukakuning, Batam.

Wartawan yang mahir berbahasa Inggris itu kemudian dikirim ke Jepang untuk memperdalam pengetahuan tekniknya pada 1994. Setelah jenuh bekerja di dunia industri, pada 1996 Rumbadi kembali menekuni dunia jurnalistik di Harian Angkatan Bersenjata yang kemudian berubah nama menjadi Harian ABRI.

Sebelum akhirnya Rumbadi bekerja di Majalah Tempo, pada 1998 dia sempat bekerja satu tahun di PT Viking Indonesia, sebuah perusahaan engineering asal Inggris. Sejak bekerja di Majalah Tempo pada awal 2000-an, Rumbadi Dalle tampak fokus pada profesi wartawan.

Dia hilir mudik di tiga negara yang berdekatan dengan Batam, yakni Singapura dan Malaysia. Selain berprofesi wartawan, Rumbadi juga aktif di berbagai organisasi, antara lain ormas dan partai politik.

Pada 2004 dia masuk kampus, dan akhirnya pada 2018 dia telah menyandang candidat doktor di bidang hukum serta menjabat sebagai Pelaksana Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam.

Demikian sekilas riwayat hidup pria yang dikenal suka bergaul itu. Namun pada hari pertama di 2019, dia lelah dan beristirahat dari semua kepenatan duniawi pada usia 62 tahun.

Bagi penulis, dia bukan saja sahabat, namun juga seperti kakak dalam suka dan duka. Kabar meninggalnya Rumbadi beredar di sosial media pada pukul 13.00 WIB, Selasa 1 Januari 2019. Rumbadi atau biasa disapa Babe diduga meninggal karena sakit jantung.

“Kabarnya sakit jantung,” kata Eddy Prasetyo, seorang tokoh organisasi di Batam, Kepri. Menurutnya, pria yang akrab dipanggil Babe itu adalah wartawan senior di Kepri, selain aktif di dunia organisasi dan pendidikan.

“Kita berduka cita, beliau menjadi panutan kami membangun pers di Kepri,” kata Eddy Prasetyo. Rumbadi, katanya, merupakan sosok yang luwes dalam pergaulan, dan memiliki banyak skill dalam melakoni kehidupannya.

Kini Rumbadi Dalle, pria yang murah senyum dan selalu ramah itu sudah tiada. Selamat jalan Bang Rumbadi Dalle.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...