Kamis, 22 Augu 2019 | 22.34 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Timur>Polisi periksa 3 pekerja kontraktor RS Siloam terkait amblesnya jalan Gubeng-Surabaya

Polisi periksa 3 pekerja kontraktor RS Siloam terkait amblesnya jalan Gubeng-Surabaya

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:35 WIB

IMG-8136

Jalan Gubeng-Surabaya.

SURABAYA, kini.co.id – SEBANYAK 3 orang diperiksa kepolisian terkait amblesnya sebagian ruas Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tepatnya di depan toko Elizabeth, Selasa (18/12/2018) malam hingga pagi ini Rabu (19/12/2018). Mereka adalah pekerja proyek pembangunan proyek basemen Rumah Sakit Siloam.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, di lokasi kejadian mengatakan, para pekerja itu sedang diamankan dan diintograsi saat ini. “Kami mengambil barang bukti, laporan-laporan mutasi, kegiatan harian. Mudah-mudah dari situ kami bisa ambil keterangan,” katanya. Ia menambahkan, saat kejadian, tak ada pekerja di lokasi kejadian.

Selain memeriksa pekerja, polisi juga akan memanggil direktur kontraktor dari Jakarta. Proyek tersebut, kata dia, dibangun oleh PT Nusa Engineering Konstruksi. “Besok jam 09.00 WIB akan atas nama direktur inisial D,” katanya. Polisi juga akan mengundang ahli geologi dari Jakarta untuk mengecek kondisi jalan ambles.

Evakuasi warga

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan turut hadir menyaksikan proses evakuasi dan sterilisasi jalan ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya pada Selasa (18/12/2018) malam. Ketika itu, ia didampingi Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan. Luki mengatakan, berdasarkan penelitian tim ahli dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, tanah di sekitaran lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng masih bergerak.

Oleh karena itu, Luki menegaskan pihaknya masih fokus untuk mengevakuasi warga. Pasalnya, sejumlah rumah warga terletak di sekitaran lokasi jalan ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya. “Berdasarkan laporan tim dari Pemkot Surabaya, tanah masih bergerak,” papar Luki kepada awak media saat berada di lokasi kejadian, Selasa (18/12/2018).

Luki menambahkan, demi keselamatan, seluruh warga di sekitaran area jalanan yang ambles itu secepatnya akan dipindahkan sementara ke lokasi yang lebih aman. “Saat ini, tugas utama kami mengevakuasi warga yang memiliki rumah di sekitar sini, demi keselamatan mereka,” lanjut polisi dengan dua bintang dipundaknya itu.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Jalan Raya Gubeng, tepatnya di depan Gedung BNI ambles pada Selasa (18/12/2018) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Belum diketahui pasti penyebab kejadian itu, begitu pula dengan korban jiwa dan kerugian materiil.

Sampai saat ini, sejumlah personel gabungan masih berada di area itu untuk melakukan sterilisasi dan evakuasi. Bahkan, sekitaran area tersebut juga masih ditutup menggunakan police line.

Detik-detik ambles

Ruas badan jalan di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, tiba-tiba ambles lebih dari 15 meter, Selasa (18/12/2018) malam.

Belum diketahui penyebab amblesnya jalan tersebut. Dikutip dari Kompas.com, lokasi ambles tidak jauh dari lokasi proyek basement Rumah Sakit Siloam Jalan Raya Gubeng. Jalan itu ditutup sejak pukul 22.00 WIB. Lokasi jalan yang ambles lebih dari lebar jalan yang bisa digunakan oleh 4 kendaraan roda 4.

Sementara panjangnya diperkirakan sekitar 10 meter. Adapun kedalaman ambles diperkirakan lebih dari 15 meter. Hingga pukul 23.45 WIB, lokasi sudah disterilkan dari jarak 50 meter.

Tim gabungan dari Satpol PP dan Linmas, pemadam kebakaran, polisi, TNI dan relawan Tagana Kota Surabaya terlihat sedang melakukan pendataan. Akibat peristiwa itu, jalan raya Gubeng Surabaya ditutup total. Jalan menuju lokasi ambles juga mulai dibatasi hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua.

Peristiwa amblesnya sebagian Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, disaksikan Ali Topan, satpam kantor perwakilan Harian KOMPAS Jawa Timur, Selasa (18/12/2018) malam. Pada saat kejadian, Ali berada di kantor yang berlokasi sekitar 20 meter dari lokasi jalan yang ambles. “Sebelum ambles, saya seperti merasakan gempa dan suara bergemuruh,” katanya.

Sekitar pukul 22.00 WIB, dia juga mendengar suara ledakan yang diketahui adalah suara ledakan travo listrik yang berada di depan kantor Bank BNI tepat di depan lokasi amblesnya jalan. Setelah mendengar suara ledakan dan gemuruh, Ali Topan keluar dari kantornya dan menuju pusat suara gemuruh.

“Banyak warga yang histeris dan menjauh dari lokasi jalan ambles. Banyak kendaraan berhenti dan memilih putar balik,” ucapnya. Ali Topan juga mengaku sempat menolong pengendara roda dua yang hampir jatuh ke lokasi jalan yang ambles. Lokasi jalan yang ambles lebih dari lebar jalan yang bisa digunakan oleh 4 kendaraan roda 4. Sementara panjangnya diperkirakan sekitar 10 meter.

Adapun kedalaman ambles diperkirakan lebih dari 15 meter. Hingga pukul 23.45, tadi malam, lokasi sudah disterilkan dari jarak 50 meter. Tim gabungan dari Satpol PP dan Linmas, pemadam kebakaran, polisi, TNI dan relawan Tagana Kota Surabaya terlihat sedang melakukan pendataan.

Akibat peristiwa itu, Jalan Raya Gubeng Surabaya ditutup total. Jalan menuju lokasi ambles juga mulai dibatasi hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...