Rabu, 22 Mei 2019 | 04.00 WIB
KiniNEWS>Regional>Kepulauan Riau>Aplaus buat Pemkot Batam yang setop gaji ASN korup mulai bulan ini

Aplaus buat Pemkot Batam yang setop gaji ASN korup mulai bulan ini

Jumat, 7 Desember 2018 - 15:49 WIB

IMG-8074

Sekretaris Kota Batam, Jefridin.

BATAM, kini.co.id – SIKAP tegas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersandung tindak pidana korupsi direalisasikan Pemerintah Batam. Setidaknya, ada lima ASN korup yang bakal dihentikan gajinya mulai bulan Desember ini.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin mengungkapkan, lima ASN korup itu berasal dari berbagai instansi seperti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah dan beberapa dinas lain.

“Jadi totalnya lima bukan delapan. Mereka ini keputusan (hukumnya) sudah inkracht dan administrasinya sudah selesai. Mereka tak menerima gaji dan hak pensiunan juga,” ujar Jefridin, Jumat (7/12/2018).

Sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) Menpan RB, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Menkum HAM ASN yang tersandung kasus korupsi akan diberhentikan secara tidak hormat.

ASN yang diberhentikan ini merupakan mereka yang masih aktif di lingkungan Pemkott Batam. Sedangkan mereka yang memutuskan pindah ke luar daerah dan yang sudah pensiun itu bukan menjadi kewenangan Pemkot Batam.

“Mereka yang sudah inkracht memutuskan pindah ke daerah lain. Nah ini bukan kewenangan kami, instansi lainnya,” imbuh Jefridin.

Menurutnya keputusan ini sudah sesuai dengan pusat. Pegawai yang bermain dengan kewenangan kasus korupsi ada sanksinya hingga diberhentikan tidak hormat. Jika keberatan dengan keputusan ini, para ASN korup ini dipersilahkan menempuh jalur hukum.

“Jika keberatan silahkan ajukan. Semua ada aturan mainnya. Ikuti saja,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad memerintahkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Batam, menginventarisir ASN yang tersandung kasus korupsi.

Tujuannya agar daftar nama pegawai yang diberhentikan tidak lagi menerima gaji sebagai PNS Desember ini.

“Setelah terinventarisir, yang sudah berkekuatan (hukum) tetap. Kemudian Pemkot akan memanggilnya. Karena kita tak mau yang bersangkutan ambil gaji. Kemudian dikembalikan, kasihan mereka. Sudah gaji diambil, dikembalikan,” ujar Amsakar beberapa waktu lalu.

Sebelum ada keputusan ini, di lingkungan Pemerintah Kota Batam yang tersandung kasus korupsi dan mendapat putusan tetap dari pengadilan ternyata masih menerima gaji.

Setidaknya, hampir Rp100 juta anggaran pemerintah dialokasikan setiap bulan untuk menggaji para ASN korup tersebut.

Anggota DPRD Batam Udin P. Sihaloho menyebut adanya ASN korup yang masih menerima gaji tersebut diketahui dari laporan pertanggung jawaban (LPJ) Wali Kota Batam.

“Padahal, idealnya para ASN yang pernah menjadi terpidana kasus korupsi ini sangat layak untuk diberhentikan secara tidak hormat,” kata Udin, Senin (24/9/2018).

Terlebih saat ini, lanjut Udin, jika merujuk pada surat edaran Kementerian Dalam Negeri mengenai pemberhentian secara tidak hormat kepada ASN yang tersandung kasus korupsi, hal itu harus tegas dilaksanakan.

Namun demikian, dengan masih adanya ASN eks terpidana korupsi yang masih menerima gaji, menjadi sebuah pertanyaan bagi Udin terkait komitmen Pemkot Batam menciptakan pemerintahan yang bebas dari korupsi.

“Tapi bisa kita lihat pemerintah daerah masih berikan gaji mereka, totalnya setiap bulan itu hampir seratus juta,” katanya.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...