Sabtu, 23 November 2019 | 06.54 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Deliserdang, Siantar dan Sibolga Dapat Penghargaan Kinerja TPID Terbaik

Deliserdang, Siantar dan Sibolga Dapat Penghargaan Kinerja TPID Terbaik

Selasa, 27 November 2018 - 16:18 WIB

IMG-8024

kini.co.id – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut menggelar rapat koordinasi pengendakian inflasi dengan mengundang TPID kabupaten/kota se-Sumut.

Dalam kegiatan itu, TPID Sumut memberikan penghargaan atas kinerja TPID Kabupaten/Kota dalam rangka menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga barang di wilayah Sumut.

Seperti siaran pers yang diterima KiniNews, Selasa (27/11/2018). Adapun 3 kota yang meraih TPID Award kategori TPID terbaik adalah Kabupaten Deli Serdang, TPID Kota Pematang Siantar dan TPID Kota Sibolga.

Sedangkan penghargaan TPID kategori teladan diberikan kepada TPID Kota Tebing Tinggi dan TPID Kota Medan. Penghargaan ini diharapkan menjadi stimulus bagi  TPID Kabupaten/Kota untuk terus melakukan inovasi.

Di penghujung rapat koordinasi, seluruh perwakilan TPID yang hadir sepakat untuk menyusun Roadmap Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 s.d 2021 sebagai rujukan dalam melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi.

Roadmap pengendalian inflasi yang disusun mengacu pada Roadmap pengendalian inflasi nasional dan fokus pada pokok arahan Presiden RI pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2018.

Adapun pokok arahan Presiden yang disingkat 4K adalah sebagai berikut:

Keterjangkauan Harga, dengan mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi dan melakukan intervensi dalam rangka stabilisasi harga.

Ketersediaan Pasokan, dengan memperhatikan sisi pasokan pangan, distribusi, ketersediaan infrastruktur dan hal-hal yang bersifat struktural, seperti penurunan biaya operasional.

Kelancaran Distribusi, dengan mendorong perdagangan antar daerah dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan di daerah dan membangun serta mensinkronkan pasar-pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefisienkan rantai distribusi.

Komunikasi Efektif, dengan memantau pergerakan harga, termasuk melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Hilman Tisnawan, berharap bahwa roadmap ini dapat menjawab permasalahan pokok pengendalian inflasi dan menjadi rujukan bagi TPID dan Pemerintah Provinsi/kabupaten/Kota dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara di tahun mendatang sehingga inflasi Sumatera Utara akan selalu rendah dan stabil.

Untuk diketahui, Rakor TPID se-Sumut itu dihadiri oleh Pimpinan Daerah dan SKPD dari 33 Kabupaten/Kota dan Provinsi, dibuka pada tanggal 25 November 2018 oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Ibu Hj. Sabrina, di Jakarta.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...