Senin, 10 Desember 2018 | 23.28 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Deliserdang, Siantar dan Sibolga Dapat Penghargaan Kinerja TPID Terbaik

Deliserdang, Siantar dan Sibolga Dapat Penghargaan Kinerja TPID Terbaik

Selasa, 27 November 2018 - 16:18 WIB

IMG-8024

kini.co.id – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut menggelar rapat koordinasi pengendakian inflasi dengan mengundang TPID kabupaten/kota se-Sumut.

Dalam kegiatan itu, TPID Sumut memberikan penghargaan atas kinerja TPID Kabupaten/Kota dalam rangka menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga barang di wilayah Sumut.

Seperti siaran pers yang diterima KiniNews, Selasa (27/11/2018). Adapun 3 kota yang meraih TPID Award kategori TPID terbaik adalah Kabupaten Deli Serdang, TPID Kota Pematang Siantar dan TPID Kota Sibolga.

Sedangkan penghargaan TPID kategori teladan diberikan kepada TPID Kota Tebing Tinggi dan TPID Kota Medan. Penghargaan ini diharapkan menjadi stimulus bagi  TPID Kabupaten/Kota untuk terus melakukan inovasi.

Di penghujung rapat koordinasi, seluruh perwakilan TPID yang hadir sepakat untuk menyusun Roadmap Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 s.d 2021 sebagai rujukan dalam melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi.

Roadmap pengendalian inflasi yang disusun mengacu pada Roadmap pengendalian inflasi nasional dan fokus pada pokok arahan Presiden RI pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2018.

Adapun pokok arahan Presiden yang disingkat 4K adalah sebagai berikut:

Keterjangkauan Harga, dengan mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi dan melakukan intervensi dalam rangka stabilisasi harga.

Ketersediaan Pasokan, dengan memperhatikan sisi pasokan pangan, distribusi, ketersediaan infrastruktur dan hal-hal yang bersifat struktural, seperti penurunan biaya operasional.

Kelancaran Distribusi, dengan mendorong perdagangan antar daerah dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan di daerah dan membangun serta mensinkronkan pasar-pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefisienkan rantai distribusi.

Komunikasi Efektif, dengan memantau pergerakan harga, termasuk melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Hilman Tisnawan, berharap bahwa roadmap ini dapat menjawab permasalahan pokok pengendalian inflasi dan menjadi rujukan bagi TPID dan Pemerintah Provinsi/kabupaten/Kota dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara di tahun mendatang sehingga inflasi Sumatera Utara akan selalu rendah dan stabil.

Untuk diketahui, Rakor TPID se-Sumut itu dihadiri oleh Pimpinan Daerah dan SKPD dari 33 Kabupaten/Kota dan Provinsi, dibuka pada tanggal 25 November 2018 oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Ibu Hj. Sabrina, di Jakarta.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DKI Jakarta - Senin, 10 Desember 2018 - 12:51 WIB

Pawai Kemenangan Persija Tak Jadi Hari Ini, Begini Kata Anies

ersija menjadi juara Liga 1 sehingga rencananya mereka akan menggelar pawai kemenangan pada hari ini, Senin (10/12/2018). Namun, pawai itu ...
Sumatera Utara - Senin, 10 Desember 2018 - 12:14 WIB

Bacok Anak Tiri Sampai Kritis, Martua Siregar Dicokok Polisi

Seorang pria bernama Martua Siregar dicokok polisi setelah membacok anak tirinya, Salsah Mia Hasibuan yang baru 12 tahun.Kasat Reskrim Polres ...
Kepulauan Riau - Jumat, 7 Desember 2018 - 15:49 WIB

Aplaus buat Pemkot Batam yang setop gaji ASN korup mulai bulan ini

SIKAP tegas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersandung tindak pidana korupsi direalisasikan Pemerintah Batam. Setidaknya, ada lima ASN korup ...
Jawa Barat - Kamis, 6 Desember 2018 - 20:24 WIB

Angin Puting Beliung di Bogor Makan Korban

Hujan deras disertai angin puting beliung melanda kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis, (6/12/2018) sore tadi.Meski hanya lima menit peristiwa ...
Kepulauan Riau - Kamis, 6 Desember 2018 - 13:34 WIB

Usai menipu, Milda Sari selalu selfie bersama uang hasil tipuannya

MILDA Sari, seorang wanita muda di Batam, menipu puluhan pencari kerja. Usai menipu, dia selalu berfoto (selfie) bersama uang hasil ...
Sumatera Utara - Rabu, 5 Desember 2018 - 17:30 WIB

Sosialisasi Soal Dana Desa, Kejari Paluta Diapresiasi

Penggunaan dana desa harus mengena dan menyentuh ke rakyat pedesaan. Jangan sampai dana desa justru membawa para kepala desa ke ...