Senin, 10 Desember 2018 | 21.50 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>‘Ngoce’ Ala Gema Paluta, Mahasiswa Ambil Peran Berantas Korupsi

‘Ngoce’ Ala Gema Paluta, Mahasiswa Ambil Peran Berantas Korupsi

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 19 November 2018 - 21:25 WIB

IMG-7970

(Dari kanan) Dr. Arifuddin Muda Harahap. M.Hum (Akademi/Pakar Hukum UIN SU), Sutan S Parlaungan harahap.SH (Kasi Intel Kejari Paluta), Naupal.SH (Kasi Pidsus Kejari Paluta), Ikbal Hanafi Hasibuan (Tokoh Muda Sumut Sekretaris Umum DPD KNPI Sumut) dalam acara Ngoce yang digelar Gema Paluta, Senin (19/11/2018). (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan, kini.co.id – Mahasiswa sebagai generasi muda harus aktif dalam pemberantasan korupsi yang kini menggurita di berbagai lapisan masyarakat.

Perhatian mahasiswa dalam pemberantasan korupsi diperlukan sebagai perannya untuk mendorong kemajuan daerah.

Untuk itu, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (PP GEMA PALUTA) menggelar “NGOCE” Ngopi dan Ngobrol Cerdas dan dialog Kedaerahan dengan mahasiswa dan aparat penegak hukum Paluta.

Acara yang digelar di D’jonk Cafe Medan itu bertema “Sinergitas Mahasiswa dan Kejaksaan dalam Pembangunan Kab. Padang Lawas Utara”.

Ketua Gema Paluta, Julpian Harahap menyebut acara ini adalah silaturahim antara Mahasiswa Paluta di Medan terkhusus yang tergabung di Gema Paluta.

Ia mengatakan oenegakan hukum berpengaruh penting dalam kemajuan Paluta.

Untuk itu, kata alumni FEB USU ini, Gema Paluta juga akan menjadi mitra pemerintah untuk memberikan kritikan dan solusi untuk kemajuan Paluta.

“Sebagai mahasiswa kami tetap harus kritis dan Kami juga Akan memberikan masukan dan solusi positif . Kami yakin di kepemimpinan bupati yang baru ini Paluta akan lebih maju dan sejahtera,” ucapnya ketika membuka acara, Senin (19/11/2018).

Kasi Intel Kejari Paluta, Sutan S Parlaungan Harahap mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Gema Paluta terutama terkait pemberantasan korupsi.

Pihaknya mendukung sikap aktif dan kritis mahasiswa yang menyoroti tindakan korupsi para pejabat di daerah.

“Paluta harus jadi barometer pencegahan dan pemberantasan korupsi di Sumut,” kata dia.

Sementar, Kasi Pidsus Kejari Paluta Naupal mengatakan pihaknya bukan hanya fokus dalam pemberatasan, tapi juga pencegahan korupsi.

“Kita ingin perangkat desa yang pengguna keuangan negara agar betul-betul melaksanakan kegiatan itu tepat dengan sasaran dan menjadi keberkahan untuk masyarakat Paluta,” kata dia.

Masih di acara yang sama, Akademisi UIN SU Dr. Arifuddin Muda Harahap.M.Hum menyampaikan bahwa Gema Paluta harus melakukan terobosan-terobosan baru dan juga ikut memfasilitasi kejaksaan dalam pencegehan korupsi di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Dan kalau bisa pihak pemerintah memberikan perhatian kepada Gema Paluta baik itu kegiatan kegiatan yang bersumber dari APBD untuk memajukan Generasi Paluta masa depan. Seperti di bidang pendidikan contohny kegiatan pemberdayaan untuk Gema Paluta, Penyuluhan, Desa Binaan dan sebagainya,” jelasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DKI Jakarta - Senin, 10 Desember 2018 - 12:51 WIB

Pawai Kemenangan Persija Tak Jadi Hari Ini, Begini Kata Anies

ersija menjadi juara Liga 1 sehingga rencananya mereka akan menggelar pawai kemenangan pada hari ini, Senin (10/12/2018). Namun, pawai itu ...
Sumatera Utara - Senin, 10 Desember 2018 - 12:14 WIB

Bacok Anak Tiri Sampai Kritis, Martua Siregar Dicokok Polisi

Seorang pria bernama Martua Siregar dicokok polisi setelah membacok anak tirinya, Salsah Mia Hasibuan yang baru 12 tahun.Kasat Reskrim Polres ...
Kepulauan Riau - Jumat, 7 Desember 2018 - 15:49 WIB

Aplaus buat Pemkot Batam yang setop gaji ASN korup mulai bulan ini

SIKAP tegas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersandung tindak pidana korupsi direalisasikan Pemerintah Batam. Setidaknya, ada lima ASN korup ...
Jawa Barat - Kamis, 6 Desember 2018 - 20:24 WIB

Angin Puting Beliung di Bogor Makan Korban

Hujan deras disertai angin puting beliung melanda kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis, (6/12/2018) sore tadi.Meski hanya lima menit peristiwa ...
Kepulauan Riau - Kamis, 6 Desember 2018 - 13:34 WIB

Usai menipu, Milda Sari selalu selfie bersama uang hasil tipuannya

MILDA Sari, seorang wanita muda di Batam, menipu puluhan pencari kerja. Usai menipu, dia selalu berfoto (selfie) bersama uang hasil ...
Sumatera Utara - Rabu, 5 Desember 2018 - 17:30 WIB

Sosialisasi Soal Dana Desa, Kejari Paluta Diapresiasi

Penggunaan dana desa harus mengena dan menyentuh ke rakyat pedesaan. Jangan sampai dana desa justru membawa para kepala desa ke ...