Rabu, 20 Februari 2019 | 13.53 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>‘Ngoce’ Ala Gema Paluta, Mahasiswa Ambil Peran Berantas Korupsi

‘Ngoce’ Ala Gema Paluta, Mahasiswa Ambil Peran Berantas Korupsi

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 19 November 2018 - 21:25 WIB

IMG-7970

(Dari kanan) Dr. Arifuddin Muda Harahap. M.Hum (Akademi/Pakar Hukum UIN SU), Sutan S Parlaungan harahap.SH (Kasi Intel Kejari Paluta), Naupal.SH (Kasi Pidsus Kejari Paluta), Ikbal Hanafi Hasibuan (Tokoh Muda Sumut Sekretaris Umum DPD KNPI Sumut) dalam acara Ngoce yang digelar Gema Paluta, Senin (19/11/2018). (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan, kini.co.id – Mahasiswa sebagai generasi muda harus aktif dalam pemberantasan korupsi yang kini menggurita di berbagai lapisan masyarakat.

Perhatian mahasiswa dalam pemberantasan korupsi diperlukan sebagai perannya untuk mendorong kemajuan daerah.

Untuk itu, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (PP GEMA PALUTA) menggelar “NGOCE” Ngopi dan Ngobrol Cerdas dan dialog Kedaerahan dengan mahasiswa dan aparat penegak hukum Paluta.

Acara yang digelar di D’jonk Cafe Medan itu bertema “Sinergitas Mahasiswa dan Kejaksaan dalam Pembangunan Kab. Padang Lawas Utara”.

Ketua Gema Paluta, Julpian Harahap menyebut acara ini adalah silaturahim antara Mahasiswa Paluta di Medan terkhusus yang tergabung di Gema Paluta.

Ia mengatakan oenegakan hukum berpengaruh penting dalam kemajuan Paluta.

Untuk itu, kata alumni FEB USU ini, Gema Paluta juga akan menjadi mitra pemerintah untuk memberikan kritikan dan solusi untuk kemajuan Paluta.

“Sebagai mahasiswa kami tetap harus kritis dan Kami juga Akan memberikan masukan dan solusi positif . Kami yakin di kepemimpinan bupati yang baru ini Paluta akan lebih maju dan sejahtera,” ucapnya ketika membuka acara, Senin (19/11/2018).

Kasi Intel Kejari Paluta, Sutan S Parlaungan Harahap mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Gema Paluta terutama terkait pemberantasan korupsi.

Pihaknya mendukung sikap aktif dan kritis mahasiswa yang menyoroti tindakan korupsi para pejabat di daerah.

“Paluta harus jadi barometer pencegahan dan pemberantasan korupsi di Sumut,” kata dia.

Sementar, Kasi Pidsus Kejari Paluta Naupal mengatakan pihaknya bukan hanya fokus dalam pemberatasan, tapi juga pencegahan korupsi.

“Kita ingin perangkat desa yang pengguna keuangan negara agar betul-betul melaksanakan kegiatan itu tepat dengan sasaran dan menjadi keberkahan untuk masyarakat Paluta,” kata dia.

Masih di acara yang sama, Akademisi UIN SU Dr. Arifuddin Muda Harahap.M.Hum menyampaikan bahwa Gema Paluta harus melakukan terobosan-terobosan baru dan juga ikut memfasilitasi kejaksaan dalam pencegehan korupsi di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Dan kalau bisa pihak pemerintah memberikan perhatian kepada Gema Paluta baik itu kegiatan kegiatan yang bersumber dari APBD untuk memajukan Generasi Paluta masa depan. Seperti di bidang pendidikan contohny kegiatan pemberdayaan untuk Gema Paluta, Penyuluhan, Desa Binaan dan sebagainya,” jelasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...