Minggu, 20 Januari 2019 | 00.01 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

IMG-7841

Aktivis Medan Utara Institute, Muhammad Asril. (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan, kini.co.id – Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.
Yang dulunya samasekali ’emang gua pikirin’, kini banyak anak muda yang mulai mengenal bahkan ikut berkecimpung di dunia politik.

Perubahan pandangan politik ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh media sosial yang kini sangat digandrungi kaum muda.

Hal itu dikatakan Aktivis Medan Utara Institute, Muhammad Asril.

Menurutnya, beberapa tahun belakangan parpol masih kurang responsif terhadap preferensi dan kepentingan politik anak muda. Yakni sebuah respon yang mengakomodir kepentingan politik milenial melalui konsep-konsep berbasis digital melalui sosial media.

“Padahal, media sosial yang dikelola dengan profesional, bisa dijadikan ruang komunikasi dunia maya antara politisi dengan warganet, antara penyelenggara pemilu dengan pemilih,” ujarnya kepada Kini.co.id, Senin (22/10/2018).

Dan ternyata, media sosial bisa sangat mempengaruhi generasi milenial untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Kita harus mencatat, bahwa demokrasi berhasil jika angka partisipasi pemilih tinggi dalam sebuah pemilihan umum,” katanya Caleg dari Partai Golkar untuk Kecamatan Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan dan Belawan lagi.

Lalu, bagaimana sebenarnya antusiasme politik anak-anak muda di Medan Utara?

Asril mengatakan Medan Utara yang terdiri dari empat kecamatan yakni Kecamatan Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan dan Belawan menjadi daerah yang terbilang cukup tinggi krisis kepercayaannya terhadap pemerintah maupun penyelenggara pemilu yang tidak mengakomodir kepentingan milenial.

Padahal kawasan Medan Utara menjadi lumbung suara dan tingkat partisipasi pemilihnya cukup tinggi pada beberapa momen Pemilu maupun Pilkada.

Salahsatu bukti pada Pilgubsu Juni 2018 kemarin, tingkat partisipasi pemilih khususnya anak muda di Medan Utara meningkat hingga 16-18 persen.

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi meningkatnya partisipasi pemilih tersebut. Di antaranya konsep sosialisasi berbasis warganet dan digital yang dilakukan penyelenggara pemilu. Konsep seperti itu mengikuti arus perkembangan warga Kota Medan yang sudah berkomunikasi dengan jejaring sosial, meski hanya mempengaruhi 16-18 persen suara pemilih,” jelasnya.

Atas kondisi itu pula, lanjut dia dengan sendirinya parpol maupun caleg juga sudah banyak memperbaiki metode kampanyenya dengan berbasis digital.

Dengan demikian bisa dipastikan pandangan politik anak muda sangat dipengaruhi oleh metode-metode sosialisasi dan kampanye yang dilakukan kontestan Pemilu/Pileg.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...
Kepulauan Riau - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:20 WIB

Astaga, Sekda Batam galang dana untuk bantu koruptor

SEKRETARIAT Daerah (Setda) Kota Batam mengeluarkan surat edaran permohonan bantuan terhadap salah seorang mantan Pegawai Negara Sipil (PNS) terpidana korupsi, ...
Kepulauan Riau - Senin, 14 Januari 2019 - 14:17 WIB

TNI AU paksa turun pesawat Ethiopia di Batam

TNI Angkatan Udara memaksa turun pesawat asal Ethiopia. Armada komersial negara di Afrika itu dipaksa mendarat di Batam, Kepri, oleh ...