Senin, 10 Desember 2018 | 21.54 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Reporter : Humas Pemko Medan | Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

IMG-7777

Walikota Medan T Dzulmi Eldin. (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan , kini.co.id – Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dengan Kepala LKPP, Agus Prabowo,M.Eng, di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (27/3).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap dngan dilakukannya penandatanganan kerjasama ini, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemko Medan dapat lebih efektif dan efisien dengan pengelolaan sistem e-katalog elektronik yang profesional.

“Saya berharap ini akan membantu kita dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa dengan lebih cepat, efisien, tranparan dan akuntabel,” kata Wali Kota.

Dijelaskannya guna mewujudkan reformasi birokrasi menuju good governance  dan clean governance dalam tata pemerintahan, salah satunya melalui penyelenggaraan pengadaan barang/jasa yang efisien, transparan, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Pemko Medan terus berupaya untuk mewujudkannya, salah satunya melalui penyelenggaraan e-katalog daerah.

“Untuk itu, kita siap untuk mengikuti segala tahapan dan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan kita juga telah menandatangani pernyataan minat untuk mengikuti lanjutan program moderenisasi pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

Menurut Eldin, mengingat pentingnya hal tersebut, kedepannya Wali kota berencana membentuk kelembagaan organisasi unit kerja pengadaan barang/jasa kota Medan, sehingga penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kota Medan dapat berjalan lebih profesional dan berkualitas lagi pada masa mendatang.

Sementara itu, Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan Pemko Medan telah tergabung dalam pengadaan barang/jasa modern. Artinya pengadaan barang/jasa ini dilakukan dengan sistematik.

“E-katalog ini merupakan bentuk pengadaan barang/jasa yang modern, dimana barang yang di jual merupakan barang-barang yang dibutuhkan pemerintah, dengan sistem ini maka pengadaan barang/jasa oleh pemerintah daerah dapat levih cepat, mudah dan tentunya transparan,” ujarnya.

Dengan dilakukannya penandatanganan ini, kata Agus Pemko medan sudah tergabung ke pengadaan yang modern. Pengadaan yang modern dimaksud adalah yang sistemik.

“E-katalog ini merupakan pengadaan yang modern, barang yg dijual merupakan barang-barang yg dibutuhkan pemerintah.Dengan sistem ini, maka pengadaan akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih transparan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir menyasikan penandatanganan MOU ini Gubenur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan, Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin Adhy Muhaemin, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri, Pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan serta Camat sekota Medan. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DKI Jakarta - Senin, 10 Desember 2018 - 12:51 WIB

Pawai Kemenangan Persija Tak Jadi Hari Ini, Begini Kata Anies

ersija menjadi juara Liga 1 sehingga rencananya mereka akan menggelar pawai kemenangan pada hari ini, Senin (10/12/2018). Namun, pawai itu ...
Sumatera Utara - Senin, 10 Desember 2018 - 12:14 WIB

Bacok Anak Tiri Sampai Kritis, Martua Siregar Dicokok Polisi

Seorang pria bernama Martua Siregar dicokok polisi setelah membacok anak tirinya, Salsah Mia Hasibuan yang baru 12 tahun.Kasat Reskrim Polres ...
Kepulauan Riau - Jumat, 7 Desember 2018 - 15:49 WIB

Aplaus buat Pemkot Batam yang setop gaji ASN korup mulai bulan ini

SIKAP tegas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersandung tindak pidana korupsi direalisasikan Pemerintah Batam. Setidaknya, ada lima ASN korup ...
Jawa Barat - Kamis, 6 Desember 2018 - 20:24 WIB

Angin Puting Beliung di Bogor Makan Korban

Hujan deras disertai angin puting beliung melanda kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis, (6/12/2018) sore tadi.Meski hanya lima menit peristiwa ...
Kepulauan Riau - Kamis, 6 Desember 2018 - 13:34 WIB

Usai menipu, Milda Sari selalu selfie bersama uang hasil tipuannya

MILDA Sari, seorang wanita muda di Batam, menipu puluhan pencari kerja. Usai menipu, dia selalu berfoto (selfie) bersama uang hasil ...
Sumatera Utara - Rabu, 5 Desember 2018 - 17:30 WIB

Sosialisasi Soal Dana Desa, Kejari Paluta Diapresiasi

Penggunaan dana desa harus mengena dan menyentuh ke rakyat pedesaan. Jangan sampai dana desa justru membawa para kepala desa ke ...