Minggu, 22 April 2018 | 21.15 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Reporter : Humas Pemko Medan | Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

IMG-7777

Walikota Medan T Dzulmi Eldin. (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan , kini.co.id – Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dengan Kepala LKPP, Agus Prabowo,M.Eng, di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (27/3).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap dngan dilakukannya penandatanganan kerjasama ini, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemko Medan dapat lebih efektif dan efisien dengan pengelolaan sistem e-katalog elektronik yang profesional.

“Saya berharap ini akan membantu kita dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa dengan lebih cepat, efisien, tranparan dan akuntabel,” kata Wali Kota.

Dijelaskannya guna mewujudkan reformasi birokrasi menuju good governance  dan clean governance dalam tata pemerintahan, salah satunya melalui penyelenggaraan pengadaan barang/jasa yang efisien, transparan, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Pemko Medan terus berupaya untuk mewujudkannya, salah satunya melalui penyelenggaraan e-katalog daerah.

“Untuk itu, kita siap untuk mengikuti segala tahapan dan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan kita juga telah menandatangani pernyataan minat untuk mengikuti lanjutan program moderenisasi pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

Menurut Eldin, mengingat pentingnya hal tersebut, kedepannya Wali kota berencana membentuk kelembagaan organisasi unit kerja pengadaan barang/jasa kota Medan, sehingga penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kota Medan dapat berjalan lebih profesional dan berkualitas lagi pada masa mendatang.

Sementara itu, Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan Pemko Medan telah tergabung dalam pengadaan barang/jasa modern. Artinya pengadaan barang/jasa ini dilakukan dengan sistematik.

“E-katalog ini merupakan bentuk pengadaan barang/jasa yang modern, dimana barang yang di jual merupakan barang-barang yang dibutuhkan pemerintah, dengan sistem ini maka pengadaan barang/jasa oleh pemerintah daerah dapat levih cepat, mudah dan tentunya transparan,” ujarnya.

Dengan dilakukannya penandatanganan ini, kata Agus Pemko medan sudah tergabung ke pengadaan yang modern. Pengadaan yang modern dimaksud adalah yang sistemik.

“E-katalog ini merupakan pengadaan yang modern, barang yg dijual merupakan barang-barang yg dibutuhkan pemerintah.Dengan sistem ini, maka pengadaan akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih transparan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir menyasikan penandatanganan MOU ini Gubenur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan, Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin Adhy Muhaemin, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri, Pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan serta Camat sekota Medan. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat
Jawa Barat - Kamis, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  
Sumatera Utara - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
Banjir kembali kepung Jakarta, Anies:  Saya bertanggungjawab
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
70 Persen Nasabah Pegadaian Kanwil Medan Masyarakat Menengah Bawah
Sumatera Utara - Selasa, 12 Desember 2017 - 09:53 WIB

70 Persen Nasabah Pegadaian Kanwil Medan Masyarakat Menengah Bawah

Pegadaian merupakan salahsatu perusahaan BUMN yang diminati masyarakat dalam mengajukan pinjaman dana.Saat ini nasabah Pegadaian Kanwil Medan masih didominasi masyarakat ...