Rabu, 20 Februari 2019 | 13.55 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Reporter : Humas Pemko Medan | Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

IMG-7777

Walikota Medan T Dzulmi Eldin. (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan , kini.co.id – Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dengan Kepala LKPP, Agus Prabowo,M.Eng, di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (27/3).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap dngan dilakukannya penandatanganan kerjasama ini, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemko Medan dapat lebih efektif dan efisien dengan pengelolaan sistem e-katalog elektronik yang profesional.

“Saya berharap ini akan membantu kita dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa dengan lebih cepat, efisien, tranparan dan akuntabel,” kata Wali Kota.

Dijelaskannya guna mewujudkan reformasi birokrasi menuju good governance  dan clean governance dalam tata pemerintahan, salah satunya melalui penyelenggaraan pengadaan barang/jasa yang efisien, transparan, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Pemko Medan terus berupaya untuk mewujudkannya, salah satunya melalui penyelenggaraan e-katalog daerah.

“Untuk itu, kita siap untuk mengikuti segala tahapan dan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan kita juga telah menandatangani pernyataan minat untuk mengikuti lanjutan program moderenisasi pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

Menurut Eldin, mengingat pentingnya hal tersebut, kedepannya Wali kota berencana membentuk kelembagaan organisasi unit kerja pengadaan barang/jasa kota Medan, sehingga penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kota Medan dapat berjalan lebih profesional dan berkualitas lagi pada masa mendatang.

Sementara itu, Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan Pemko Medan telah tergabung dalam pengadaan barang/jasa modern. Artinya pengadaan barang/jasa ini dilakukan dengan sistematik.

“E-katalog ini merupakan bentuk pengadaan barang/jasa yang modern, dimana barang yang di jual merupakan barang-barang yang dibutuhkan pemerintah, dengan sistem ini maka pengadaan barang/jasa oleh pemerintah daerah dapat levih cepat, mudah dan tentunya transparan,” ujarnya.

Dengan dilakukannya penandatanganan ini, kata Agus Pemko medan sudah tergabung ke pengadaan yang modern. Pengadaan yang modern dimaksud adalah yang sistemik.

“E-katalog ini merupakan pengadaan yang modern, barang yg dijual merupakan barang-barang yg dibutuhkan pemerintah.Dengan sistem ini, maka pengadaan akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih transparan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir menyasikan penandatanganan MOU ini Gubenur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan, Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin Adhy Muhaemin, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri, Pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan serta Camat sekota Medan. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:19 WIB

Apes, gara-gara bau tidak enak, tukang cukur dihajar pelanggan

APES, nasib yang menimpa Sadar, seorang tukang cukur rambut di Tiban Indah, Sekupang, Batam. Dia terluka dan bersimbah darah usai ...
Sumatera Utara - Jumat, 25 Januari 2019 - 19:40 WIB

Rumah Quran Nurul Huda Batugingging Salurkan Paket Sembako

Murid-murid Rumah Quran Nurul Huda Desa Batugingging, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang salurkan paket sembako kepada kaum dhuafa. Pemberian paket ...
Sulawesi - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:26 WIB

Sebanyak 26 tewas, 24 hilang dan ratusan luka akibat banjir di Sulsel

BANJIR dan longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sejak dua hari terakhir menelan korban nyawa dan harta yang tidak ...
Kepulauan Riau - Rabu, 23 Januari 2019 - 18:18 WIB

Kapal tanker tabrak jembatan Barelang

KAPAL tanker Eastern Glory, berbobot 4.500 ton menabrak jembatan Batam-Rempang-Galang (Barelang). Jembatan yang ditabrak, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton ...
Jawa Timur - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:43 WIB

Dikabarkan menghilang, Wabup Trenggalek ternyata ke Eropa

SELAMA lebih dari sepekan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin disebut menghilang. Sebab tidak ada staf di kantornya yang mengetahui ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...