Senin, 22 Oktober 2018 | 03.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Reporter : Humas Pemko Medan | Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

IMG-7777

Walikota Medan T Dzulmi Eldin. (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan , kini.co.id – Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dengan Kepala LKPP, Agus Prabowo,M.Eng, di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (27/3).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap dngan dilakukannya penandatanganan kerjasama ini, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemko Medan dapat lebih efektif dan efisien dengan pengelolaan sistem e-katalog elektronik yang profesional.

“Saya berharap ini akan membantu kita dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa dengan lebih cepat, efisien, tranparan dan akuntabel,” kata Wali Kota.

Dijelaskannya guna mewujudkan reformasi birokrasi menuju good governance  dan clean governance dalam tata pemerintahan, salah satunya melalui penyelenggaraan pengadaan barang/jasa yang efisien, transparan, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Pemko Medan terus berupaya untuk mewujudkannya, salah satunya melalui penyelenggaraan e-katalog daerah.

“Untuk itu, kita siap untuk mengikuti segala tahapan dan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan kita juga telah menandatangani pernyataan minat untuk mengikuti lanjutan program moderenisasi pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

Menurut Eldin, mengingat pentingnya hal tersebut, kedepannya Wali kota berencana membentuk kelembagaan organisasi unit kerja pengadaan barang/jasa kota Medan, sehingga penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kota Medan dapat berjalan lebih profesional dan berkualitas lagi pada masa mendatang.

Sementara itu, Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan Pemko Medan telah tergabung dalam pengadaan barang/jasa modern. Artinya pengadaan barang/jasa ini dilakukan dengan sistematik.

“E-katalog ini merupakan bentuk pengadaan barang/jasa yang modern, dimana barang yang di jual merupakan barang-barang yang dibutuhkan pemerintah, dengan sistem ini maka pengadaan barang/jasa oleh pemerintah daerah dapat levih cepat, mudah dan tentunya transparan,” ujarnya.

Dengan dilakukannya penandatanganan ini, kata Agus Pemko medan sudah tergabung ke pengadaan yang modern. Pengadaan yang modern dimaksud adalah yang sistemik.

“E-katalog ini merupakan pengadaan yang modern, barang yg dijual merupakan barang-barang yg dibutuhkan pemerintah.Dengan sistem ini, maka pengadaan akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih transparan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir menyasikan penandatanganan MOU ini Gubenur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan, Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin Adhy Muhaemin, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri, Pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan serta Camat sekota Medan. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...