Senin, 19 Februari 2018 | 14.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Jalur Majalengka-Cikijing arah Kuningan, Ciamis tertimbun longsor

Jalur Majalengka-Cikijing arah Kuningan, Ciamis tertimbun longsor

Reporter : Trias Agustian | Senin, 12 Februari 2018 - 21:57 WIB

IMG-8765

Tebing setinggi 8 meter di jalur Majalengka-Cikijing mengalami longsor sehingga menutup sebagian jalan, tidak ada korban jiwa, Senin (12/2). FOTO: Istimewa.

Majalengka, kini.co.id – Hujan deras yang mengguyur kawasan Majalengka dan sekitarnya mengakibatkan sebuah tebing setinggi sekitar 8 meter di Desa Wanahayu, Kecamatan Maja, Kabupeten Majalengka mengalami longsor, Senin (12/2) sore.

Akibatnya arus lalu lintas dijalan provinsi yang menghubungkan arah Kuningan, Ciamis tersebut tersendat tertutup material longsor yang diperkirakan kembali normal, Selasa (13/2) besok.

Kasat Lantas, Ajun Komisaris Isnadi Anang Raharjo, mengatakan material longsor yang menutup jalan raya sehingga tidak bisa dilalui kendaraan dari dua arah.

“Longsoran menutup jalan. Makanya kita berlakukan buka-tutup arus lalu lintas di sekitar lokasi agar kendaraan tetap bisa melintas,” ucap Anang kepada wartawan di Majalengka.

Menurutnya proses evakuasi material longsor diperkirakan memakan waktu hingga satu hari.

“Jadi diperkirakan mulai besok akses tersebut akan kembali normal,”katanya.

Meski demikian, pengendara dihimbau untuk berhati dan waspada saat melintasi jalan tersebut.

Saat ini, lanjut Isnadani, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan pihak terkait lainnya untuk membantu membersihkan material longsor.

“Kita juga ajak masyarakat ikut membantu. Ini agar arus lalu lintas tetap bisa berjalan. Sementara ini hanya bisa dilalui satu jalur, sehingga kita berlakukan buka-tutup di sekitar lokasi. Kendaraan bergantian melintas,” tukasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka sebelumnya telah memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat akan terjadi sepanjang Februari 2018.

Warga di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) pun diimbau untuk mewaspadai potensi bencana yang terjadi akibat tinginya intensitas hujan tersebut. 
 
Forecaster BMKG Stasiun Jatiwangi, Ahmad Faa Izyn menjelaskan, di puncak musim hujan, curah hujan akan meningkat hingga lebih dari 300 milimeter per bulan. Menurutnya, potensi curah hujan di puncak musim hujan pun akan lebih sering terjadi hujan sedang hingga lebat.
 
Ahmad mengatakan, di saat puncak musim hujan, berbagai potensi bencana harus diwaspadai. Dia menyebutkan, potensi bencana itu di antaranya berupa banjir, angin kencang, puting beliung dan pohon tumbang. “Khusus Kuningan, juga harus mewaspadai tanah longsor,” kata Ahmad. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...