Senin, 19 Februari 2018 | 14.42 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Seluruh korban longsor Cijeruk ditemukan, evakuasi dinyatakan selesai

Seluruh korban longsor Cijeruk ditemukan, evakuasi dinyatakan selesai

Rabu, 7 Februari 2018 - 14:35 WIB

IMG-8703

Evakuasi korban longsor di Cijeruk, Kabupaten Bogor. FOTO: Antara

Bogor, kini.co.id – Tim gabungan penanganan bencana longsor di jalur kereta api jurusan Bogor-Sukabumi KM 13.800 sepanjang 40 meter menyatakan seluruh korban yang tertimbun longsor di Kampung Maseng, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat semuanya berhasil dievakuasi. Dengan demikian, proses pencarian korban dinyatakan selesai.  

Komandan Korem 061/Suryakencana Kolonel Inf M.Hasan mengatakan korban terakhir yang berhasil ditemukan atas nama Adit (11). Korban ditemukan tim SAR gabungan Rabu (7/2) sekitar pukul 09:00 WIB dalam keadaan sudah meninggal dunia.

“Pagi tadi pertama kita temukan tangan dari korban, sebelumnya Alan (17). Lalu pukul 09:00 WIB kita temukan korban meninggal terakhir dalam kondisi masih utuh,” kata Hasan, Rabu (7/2).

Menurut dia, dengan ditemukannya korban terakhir, proses pencarian yang melibatkan ratusan personel gabungan itu dinyatakan selesai. Selanjutnya, pihaknya akan berkordinasi dengan PT KAI terkait perbaikan rel kereta yang menggantung.

“Evakuasi dinyatakan telah selesai karena seluruh korban longsor di Cijeruk sudah ditemukan lengkap dan akan diidentifikasi untuk selanjutnya jenazah di serahkan kepada pihak keluarga,” ujar dia.  

Sebanyak 250 orang anggota tim gabungan penangangan bencana longsor Cijeruk kini sebagian beralih untuk membantu evakuasi diduga tiga korban pengguna sepeda motor ke tempat longsor sekitaran Taman Riung Gunung Puncak Bogor. 

“Jadi alhamdulillah sekarang tinggal pengangan pascaevakuasi korban, kami kembali bantu evakuasi di Puncak,” kata dilansir Antara.

Bencana longsor di lintasan rel kereta jurusan Bogor-Sukabumi di Kampung Maseng, Cijeruk, Kabupaten Bogor yang terjadi pada Senin (5/2) mengakibatkan tiga rumah warga sekitar yang tepat berada di bawah lintasan kereta terimpa longsoran tanah.

Delapan orang berhasil selamat sementara lima orang dinyatakan hilang tertimbun longsor. Korban merupakan satu keluarga, yakni Nani (30), Aldi (9), Aurel (2), Alan (17), dan Adit (11).

Tim evakuasi gabungan pada Selasa (6/2) pukul 10.00 Wib menemukan tiga jasad atas nama Nani selaku ibu korban lainnya dan anaknya Aurel serta Aldi telah ditemukan lebih dulu. 

Kemudian pada Rabu (7/2) ditemukan kepala sekitar pukul 15.00 WIB yang pada hari Selasa (6/7) diduga milik Adit ternyata terindentifikasi milik aurel sehingga jasad Aurel memang terindentifikasi utuh tepat di bawah reruntuhan tebing rel. 

Setelah potongan tangan Alan ditemukan pada Rabu (7/2) pukul 08.00 Wib , dan jasad utuh Adit yang ditemukan tepat di bawah reruntuhan tebing rel pada pukul 9.00 Wib.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...