Senin, 19 Februari 2018 | 14.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Polisi Bakal Disiagakan Setiap RW

Polisi Bakal Disiagakan Setiap RW

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 7 Februari 2018 - 00:15 WIB

IMG-8690

Bekasi, kini.co.id – Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota, mulai menyeleksi kelayakan 1.700 anggotanya yang akan ditempatkan sebagai polisi RW mulai Februari 2018.

“Kita akan menyeleksi polisi untuk ditempatkan tiap RW sesuai dengan jumlah pengurus RW di 12 kecamatan dan 56 kelurahan di Kota Bekasi,” kata Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto, Selasa (6/2/2018).

Menurut dia, seleksi terhadap anggota kepolisian dari sleuruh satuan kerja didasari pada prilaku baik dan domisili tempat tinggal anggota.

Kriteria polisi berprilaku baik dibutuhkan karena polisi RW ini akan berperan dalam membina warganya dalam rangka mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kalau polisinya berprilaku buruk, bagaimana dia bisa membina warganya,” tutur dia.

Pertimbagan lain yang dibutuhkan adalah domisili tempat tinggal polisi bersangkutan untuk memudahkan pergerakan terhadap aktivitas pelayanan masyarakat.

“Yang sulit memang menentukan syarat domisili ini, karena belum semua polisi kita tinggal di setiap RW di Kota Bekasi,” ujar Indarto.

Menurut dia, pengerahan polisi hingga ke tingkat RW itu merupakan bagian dari porgram kerja institusi Polri dalam mendekatkan masyarakat dengan kepolisian.

“Saat ini pelayanan polisi di Kota Bekasi masih belum sebanding dengan populasi masyarakatnya. 2,6 juta jiwa warga di sini hanya memiliki 1.700 polisi dan di level 56 kelurahan hanya ada 86 petugas Bhabinkamtibmas, sehingga kita perlu menghadirkan polisi hingga level terendah di tingkatan RW,” bebernya.

Nantinya, setiap 500-1.000 warga di tingkat RW akan memiliki satu polisi untuk keperluan pembinaan dan pengamanan situasi lingkungan.

Indarto menambahkan, pembentukan Polisi RW juga telah direspons oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk memfasilitasi insentif Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi kegiatan polisi RW.

“Namun insentif ini sifatnya masih lisan. Kita tidak fokus dulu pada itu, yang penting pekan ini launching polisi RW akan kita laksanakan,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...