Sabtu, 24 Februari 2018 | 13.17 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Dukun Palsu di Bekasi Ditangkap, Modusnya Begini

Dukun Palsu di Bekasi Ditangkap, Modusnya Begini

Reporter : Ardiansyah | Sabtu, 3 Februari 2018 - 18:32 WIB

IMG-8635

Polsek Bekasi Timur meringkus 2 dukun Palsu

Bekasi, kini.co.id – Kepolisian Sektor Bekasi Timur menciduk dukun palsu yang menamakan diri sebagai “Ki Raden Gendeng”. Pelaku berinisial S (29) ini bekerja mengelabui warga bersama dengan adik kandungnya, K (21).

“Pelaku mengaku bisa menggandakan uang kepada korbannya dalam jangka waktu satu bulan,” kata Kapolsek Bekasi Timur, Kompol Parjana, Sabtu (3/2).

Dalam modusnya ini, S dibantu dengan K. K bertugas untuk meyakini calon korbannya jika K bisa menggandakan uang dengan jumlah banyak.

“Adiknya (K) tugasnya adalah seperti marketing. Sasarannya adalah para pedagang seperti, pedagang sayur, warung makan dan pedangang kelas menengah kebawah,” jelas Parjana.

Parjana melanjutkan, kasus ini terkuak setelah korban atas nama Bayu Kartomo (37) melaporkan kepada petugas di Mapolsek Bekasi Timur.

“Korban geram karena sudah satu bulan lebih tidak ada hasil apa-apa, sementara korban sudah memberikan uang sebanyak puluhan juta,” kata dia.

Dalam aksinya, untuk mempercayai para korban, para pelaku melakukan ritual di rumah masing-masing korban. Dimana saat ini baru 6 orang yang diketahui menjadi korban penipuan oleh pelaku.

“Pelaku menggunakan wayang golek, kain hitam, lilin. Ya, semacam dukun lah, itu dilakukan di rumah masing-masing korban, sementara korban tidak boleh ke rumahnya selama satu bulan. Korban dijanjikan setibanya pulang akan ada banyak uang di rumahnya (tempat ritual),” tandasnya.

Dari peristiwa ini, petugas berhasil mengamankan sejumlah peralatan ritual seperti 2 wayang golek, 2 samurai bersarung, 1 tongkat yang dililit karet, 1 jubah hitam, 1 sorban putih, 1 kotak panjang, 1 bakul bambu, 1 blankon, 1 tasbih, beberapa potongan lilin, 1 dupa, 1 lembar kain mori putih dan buku tulis.

“Pelaku kami sangkakan Pasal 378 jo. 55 ayat (1) ke 1e jo. 64 ayat (1) KUH.Pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jalur Cirebon lumpuh, KAI operasikan kereta luar biasa Purwokerto-Kroya
Jawa Tengah - Sabtu, 24 Februari 2018 - 11:15 WIB

Jalur Cirebon lumpuh, KAI operasikan kereta luar biasa Purwokerto-Kroya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kereta luar biasa (KLB) relasi Purwokerto-Kroya untuk mengangkut penumpang tujuan Jakarta. Hal ini disampaikan ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal masih lumpuh
Jawa Barat - Sabtu, 24 Februari 2018 - 11:00 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal masih lumpuh

Jalur kereta utara atau Cirebon, Jawa Barat, ke Tegal, Jawa Tengah hingga saat ini belum bisa dilewati, dikarenakan air masih ...
Pergerakan tanah di Majalengka, belasan rumah terancam ambruk warga diungsikan
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 23:43 WIB

Pergerakan tanah di Majalengka, belasan rumah terancam ambruk warga diungsikan

Belasan rumah di Blok Cinangka RT 01/02 Desa Cengal, Kecamatan Maka, Kabupaten Majelengka, retak-retak dan terancam ambruk akibat pergerakan tanah ...
Effendy Pohan jadi penjabat sementara Bupati Padang Lawas
Sumatera Utara - Jumat, 23 Februari 2018 - 21:15 WIB

Effendy Pohan jadi penjabat sementara Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengukuhkan Effendy Pohan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati ...
Penipu Warga Sipil Bukan Anggota Dishub
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 21:08 WIB

Penipu Warga Sipil Bukan Anggota Dishub

Dinas Perhubungan Kota Bekasi mengklarifikasi perihal penangkapan pria atas nama Arya (36) yang mengaku sebagai petugasnya di lingkungan Pemerintah Kota ...
Warga Sipil Ditipu Oknum Dishub Bekasi Sampai Puluhan Juta, Nih Modusnya
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 20:38 WIB

Warga Sipil Ditipu Oknum Dishub Bekasi Sampai Puluhan Juta, Nih Modusnya

Oknum Dinas Perhubungan Kota Bekasi atas nama Arya (36) melakukan penipuan terhadap warga sipil di Jalan Wibawamukti II RT 02/03, ...