Senin, 19 Februari 2018 | 14.42 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Keterlibatan Massa dalam Penetepan Paslon di Bekasi Dibatasi

Keterlibatan Massa dalam Penetepan Paslon di Bekasi Dibatasi

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 2 Februari 2018 - 20:01 WIB

IMG-8611

Rakor KPU Kota Bekasi dengan instansi gabungan, Jumat (2/2).

Bekasi, kini.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan instansi Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota dan Dandim 05/07 jelang penetapan Pasangan Calon (Paslon).

“Rakor ini sekaligus membahas nomor urut yang terlaksana pada tanggal 13 Februari nanti,” kata Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi, Jumat (2/2).

Ia menjelaskan, dalam rakor ini, pihaknya telah bersepakat dengan instansi TNI/Polri untuk membatasi jumlah massa pada penetapan Paslon dan dalam agenda pengundian nomor urut.

“Kita akan laksanakan Penetapan Paslon dan pengundian nomor urut di Hotel Horison pada tanggal 12-13 Februari. Makanya, jumah massa kita batasi hanya 30 orang keterwakilan,” jelasnya.

Pembatasan jumlah massa juga bakal diberlakukan ketika melaksanakan Deklarasi Damai di Lapangan Multiguna, Kelurahan Margahyu, Kecamatan Bekasi Timur.

“Ya, itu sama tidak ada massa berlebihan. Kita kan pengin damai. Jadi jangan membawa massa yang berlebihan,” tandasnya.

Hal senada juga diutarakan Kepala Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, Kombespol Indarto, ia berpesan kepada Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang akan ditetapkan sebagai Paslon agar tidak mengerahkan massa berlebihan.

“Ya, pesan saya kepada Tim Sukses (Timses) dan Paslon tidak mengerahkan massa berlebihan, cukup keterwakilan saja nanti ketika ada agenda penetapan Paslon dan Nomor Urut oleh KPU Kota Bekasi,” katanya.

Menurutnya, jika masing-masing Paslon mengerahakan massa berlebihan amat percuma. Soalnya, jumlah yang akan menjadi saksi pada agenda Penetapan Paslon bakal dibatasi sebanyak 30 orang keterwakilan masing-masing Paslon.

“Jadi buat apa banyak-banyak mengerahkan massa, karena sisanya tidak akan boleh masuk, dan jika mereka diluar pun nanti hanya menggangu kenyamanan masyarakat yang berlalu lintas,” ujar Indarto.

Terlbih, kata dia, jika massa datang dengan berlebihan diantara dua kubu dapat memicu kerawanan adanya gesekan. Karena itu, pihaknya menyarankan kepada Timses dan Paslon agar tidak membawa massa berlebihan.

“Prinsip kita kan menginginkan Pilkada Kota Bekasi berjalan dengan aman, nyaman dan lancar tanpa hambatan, jadi mereka (Parpol) juga harus bijak menyikapi ini. Kecuali mereka ingin mengadakan tumpengan di kantornya masing-masing itu tidak ada masalah, saya tidak melarang,” tuturnya.

Meski demikian, Indarto akan tetap menerjunkan pasukannya untuk melakukan penjagaan ketat pada agenda Penetapan Paslon dan Pengundian Nomor Urut Paslon yang terlaksana tanggal 12-13 Februari di Hotel Horison, Bekasi Selatan.

“Tetap kita terjunkan petugas untuk mengantisipasi adanya gesekan. Namun, untuk sementara ini masih kita petakan jumlah personil yang akan diterjunkan,” katanya.

Indarto juga berharap pada kesempatan Deklarasi Pilkada Damai di Lapangan Multiguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, masing-masing Paslon tidak melakukan arak-arakan.

“Tidak perlu ada arak-arakan, cukup mengguunakan kendaraan masing-masing dan mematuhi perturan lalu-lintas yang ada. Kita harus bersepakat untuk menjalankan Pilkada Damai, aman, nyaman tanpa hambatan dan gesekan,” pungkasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...