Senin, 19 Februari 2018 | 14.43 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Penjaga Warteg Gagalkan Aksi Perampok Bersenjata

Penjaga Warteg Gagalkan Aksi Perampok Bersenjata

Reporter : Ardiansyah | Selasa, 30 Januari 2018 - 23:00 WIB

IMG-8557

Ilustrasi

Bekasi, kini.co.id – Aksi heroik Agung Riswandi (27) seorang penjaga warung tegal (Warteg) patut diacungi jempol. Betapa tidak, ia berhasil menggagalkan aksi perampokan yang hampir menimpa dirinya.

Agung sempat berduel dengan perampok bersenjata celurit di Jalan Wibawa Mukti III RT 03/01, Jatiluhur, Jatiasih, Selasa (30/1) pukul 03.00. Pelaku, M. Fadil (27) langsung diamankan warga saat berkelahi dengan korban.

Kapolres Metropolitan Bekasi Kota Komisaris Besar Indarto mengatakan, perampokan itu terjadi saat korban sedang duduk di warung makan milik orangtuanya.

Tiba-tiba dua pelaku yang datang menggunakan satu unit sepeda motor berhenti di depan warung makan tersebut.

Pelaku Fadil turun dari sepeda motor dan menghampiri korban sambil membawa sebilah celurit.

Sementara rekannya M. Audrey yang kini diburu polisi bersiaga di atas sepeda motor.

Fadil kemudian menebar ancaman ke korban sambil menodongkan celuritnya. “Lo anak geng Amarika (geng sepeda motor)?,” kata Indarto menirukan ucapan Fadil pada Selasa (30/1).

Merasa yang dituduhkan pelaku tidak benar, kata dia, korban langsung membantahnya.

Agung berdalih, dia merupakan asli warga setempat dan bukan anggota geng motor.

Untuk meyakinkan Fadil, Agung menyarankan pelaku agar mengkonfirmasi tudingan itu ke orang tuanya.

“Bukan bang, saya anak (warga) sini. Kalau tidak percaya, tanyakan saja ke orangtua saya,” ujar Indarto, seperti yang diucapkan korban ke tersangka.

Melihat korbannya panik, Fadil langsung merampas ponsel merek Oppo F3 dari genggaman Agung.

Fadil lalu berlari ke arah Audrey yang sudah bersiaga di atas sepeda motor. Sementara Agung mengejar Fadil sambil berteriak meminta bantuan warga.

Kesal dengan perlawanan korban, Fadil mengayunkan celurit ke arah korban. Dengan refleks, Agung menepis sabetan celurit Fadil menggunakan tangan kosong.

“Seketika pelaku dan korban terjatuh di jalanan. Keduanya terlibat perkelahian, sementara pelaku Audrey melarikan diri menggunakan motor,” katanya.

Warga yang mendengar teriakan korban bergegas mengamankan pelaku. Oleh warga, Fadil dibawa ke Polsek Jatiasih untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Pengakuannya sudah beberapa kali beraksi dan sasarannya adalah remaja atau pemuda yang sedang duduk sendirian di pinggir jalan,” kata Ili.

Iindarto mengatakan, polisi masih mengejar rekan pelaku bernama Audrey yang kini identitas dan tempat persembunyiannya sudah dikantongi polisi.

Dia berharap, agar anggotanya bisa segera merampungkan kasus perampokan itu.

“Kejahatan jalanan seperti ini sangat meresahkan masyarakat. Kami akan menindak tegas bagi pelaku kejahatan bila melakukan perlawanan saat ditangkap,” tegasnya.

Akibat aksi heroik Agung, Kapolres memberikan penghargaan kepada Agung. Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasinya yang berani melawan komplotan perampok bersenjata.

Dia mengatakan, aksi heroik yang dilakukan korban menggagalkan aksi pencurian, perlu dijadikan contoh bagi masyarakat lain untuk menekan aksi kriminalitas.

“Saya pikir, ini perlu dicontoh. Saat kejahatan yang menimpa dirinya, jika memungkinkan untuk melawan, melawan. Paling tidak, segera melaporkan kepada kepolisian. ‎Sekali lagi, saya ucapkan ‎selamat kepada korban yang telah menggalkan‎ aksi pelaku,” imbuhnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang bakal dihukum penjara di atas 7 tahun.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...