Senin, 19 Februari 2018 | 14.48 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Jalan terusan HR Rasuna Sahid diganti menjadi Jenderal AH Nasution

Jalan terusan HR Rasuna Sahid diganti menjadi Jenderal AH Nasution

Reporter : Zainal Bakri | Selasa, 30 Januari 2018 - 14:27 WIB

IMG-8533

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (27/1). FOTO: Humas Pemprov DKI

Jakarta, kini.co.id – Pergantian nama Jalan terusan HR Rasuna Sahid menjadi Jalan Jenderal AH Nasution sudah mulai disosialisasikan ke perkantoran dan pertokoan yang ada di jalan tersebut.

Hal tersebut tertuang dalam surat bernomor 36/-1.792.1, mengenai sosialisasi yang ditujukan bagi warga di sekitar Jalan Mampang Raya. 

Nama pada Jalan terusan dari Jalan HR Rasuna Said (Kuningan), mulai dari perbatasan Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Mampang Raya, Jalan Buncit Raya (Jalan Warung Jati Barat), sampai dengan perbatasan Jalan Letjen TB Simatupang berubah menjadi Jalan Jenderal Besar AH Nasution.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan menindaklanjuti perubahan nama tersebut.

“Kita akan lihat itu, karena ada salah satu yang unik, ada seorang tokoh penting di dalam pengamanan Pancasila yaitu Abdul Haris Nasution justru beliau belum dikenang sebagai salah satu nama jalan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/1).

Nama jalan menurutnya adalah sebagai simbolik, tapi simbol itu akan mengingatkan akan perannya.

“Dan kita ingat di periode-periode kritis AH Nasution mengambil peran yang penting, yang kedua AH Nasution adalah seorang jenderal yang berhasil merumuskan pengalaman gerilyanya menjadi buku yang dipakai di semua pelatihan militer dunia terkait perang gerilya,” kata Gubernur.

Dia jelaskan bahwa tidak banyak orang yang berpengalaman perang itu menjadi buku referensi. Dan Pemerintah Provinsi ingin menghormati sosok AH Nasution.

Sementara itu Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin mengatakan, perubahan nama jalan tersebut diusulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Itu sudah masuk dalam pembahasan dan diusulkan ke Pemprov DKI Jakarta,” ujarnya, Selasa (30/1).

Arifin menuturkan, perubahan nama jalan ini merupakan usulan dari keluarga besar Nasution. Pemkot Jakarta Selatan sendiri telah melakukan kajian dan sosialisasi atas permohonan perubahan nama jalan tersebut. Termasuk juga meminta pihak terkait untuk memberikan persetujuan.

Menurut Arifin, dalam surat pemberitahuan perubahan nama jalan dengan nomor 53.11.811.2, nama jalan yang akan diganti yakni jalan terusan dari Jalan HR Rasuna Said, tepatnya mulai dari perempatan Jalan Gatot Subroto, Jalan Mampang Prapatan Raya, Jalan Buncit Raya sampai Jalan TB Simatupang. 

“Nanti di provinsi yang memutuskan untuk perubahan nama ini,” ucapnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...