Senin, 19 Februari 2018 | 14.50 WIB
KiniNEWS>Regional>Aceh>Puluhan waria diangkut Polres Aceh Utara

Puluhan waria diangkut Polres Aceh Utara

Senin, 29 Januari 2018 - 09:31 WIB

IMG-8502

Seorang waria saat diangkut pihak Polres Aceh Utara, Ahad (28/1). FOTO: Istimewa

Aceh Utara , kini.co.id – Pihak kepolisian dan wilayatul hisbah (polisi syariat) mengadakan operasi penyakit masyarakat dan menangkap 12 waria dari sejumlah salon di Kabupaten Aceh Utara pada Ahad (28/1) dini hari.

Kapolres Kabupaten Aceh Utara Ajun Komisaris Besar Ahmad Untung Surianata saat dihubungi Antara di Lhoksukon menyatakan, waria tersebut diamankan dari 5 salon yang tersebar di Kecamatan Lhoksukon dan Pantonlabu.

“Mereka merupakan pekerja dan pengunjung salon, saat ini sudah kita amankan ke Mapolres. Waria ini akan dilakukan pembinaan hingga mereka benar-benar menjadi seorang pria,” kata Kapolres Untung.

Setelah tiba di Mapolres, kata Ajun Komisaris Besar Untung, mereka disatukan dalam sebuah kelompok, baik yang diamankan di salon Lhoksukon dan Panton Labu. Rambut mereka dicukur dan diberi pakaian kaum pria.

“Di samping itu, petugas juga membina mereka dengan cara disuruh berlari sejenak, kemudian juga disuruh bersorak sekeras-kerasnya hingga suara pria mereka keluar,” sebut Ahmad Untung Surianata.

Kapolres mengatakan operasi ini untuk mencegah meningkatnya populasi lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) yang dinilai akan berdampak buruk terhadap generasi penerus bangsa ini, juga telah mendapat restu dari ulama.

Sumber lain di Polres Aceh Utara menyatakan, para waria itu sempat berupaya melawan dan menangis saat akan diangkut petugas ke Mapolres. Menurut pengakuan petugas, terdapat video porno di ponsel mereka, dan barang bukti lainnya.

Para waria tersebut diangkut ke Mapolres untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut, sementara 5 unit salon yang selama ini beroperasi di Lhoksukon dan Pantonlabu telah diberi garis polisi.

Pada pertengahan 2017, Kepolisian Aceh juga mengamankan tiga orang anak punk dan dua waria di kawasan Peunayong dan Terminal Banda Aceh dalam rangka razia penyakit masyarakat atau pekat di bulan suci Ramadan.

“Anak punk dan waria itu diamankan saat sedang berkumpul. Namun, polisi tidak temukan mereka menggunakan narkoba atau lainnya,” kata Armaini di Banda Aceh, Kamis (8/6) silam.

Lebih lanjut Armaini menjelaskan bahwa razia pekat itu dilakukan atas tindak lanjut laporan masyarakat, serta hasil pertemuan dengan sejumlah organisasi masyarakat dan pemuda di sejumlah gampong (permukiman masyarakat adat Aceh).

Mereka yang terjaring razia pekat itu di antaranya telah diserahkan ke Satpol PP dan WH Banda Aceh karena diduga melanggar qanun syariat Islam. Sedangkan tiga anak punk diamankan di Mapolsek Kuta Alam.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...