Senin, 19 Februari 2018 | 14.53 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Pelaku penganiaya Kiai Umar Basri diduga stres

Pelaku penganiaya Kiai Umar Basri diduga stres

Reporter : Yudi | Senin, 29 Januari 2018 - 08:03 WIB

IMG-8500

Asep (50) terduga pelaku penganiaya Kiai Umar Basri. FOTO: Istimewa

Bandung, kini.co.id – Terduga pelaku penganiayaan terhadap pimpinan pondok pesantren Al Hidayah Kiai Umar Basri di masjid Al Hidayah, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat diketahui bernama Asep (50).

Pria yang diduga stres itu ditangkap berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang sebelumnya diungkapkan sejumlah saksi mata peristiwa penganiayaan tersebut.

Dugaan pelaku stres dan indikasi disorientasi berdasarkan hasil observasi sementara.

“Pelaku linglung, saat ditanya tidak nyambung antara jawaban dengan pertanyaan. Ada indikasi disorientasi,” ungkap Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto dalam keteranganya Ahad (28/1) malam.

Penangkapan terhadap pelaku ini berawal dari keterangan salah satu santri berinisial TH. Sebagai santri yang terakhir meninggalkan masjid dan diminta KH Umar Basri atau biasa dipanggil Kiai Emong untuk mematikan lampu ini, TH mengungkapkan bahwa masih ada satu orang di dalam masjid yang diduga sebagai pelaku penganiayaan.

Saksi lain yang juga seorang santri berinisial AHM mengungkapkan bahwa dirinya yang pertama kali menemukan Kiai Emon dalam kondisi kritis.

AHM juga melihat pelaku sebagai salah satu orang yang berada di dalam masjid yang kemudian menendang alas berdiri untuk adzan dan mengeluarkan kata-kata tidak jelas.

“Dari hasil pemeriksaan fisik, diketahui bahwa telapak tangan yang bersangkutan terdapat luka memar dan lecet. Pelaku juga mengatakan telah memukul seorang pria tua,” tambah Kapolda.

Setelah pemeriksaan terhadap Asep, penyidik juga melakukan verifikasi ulang dengan keterangan saksi-saksi yang sudah diperiksa dan membenarkan bahwa pria yang ditangkap tersebut adalah sosok yang sebelumnya berada di musholla dan sempat menendang alas tempat adzan.

“Setelah dilakukan gelar perkara dan pra rekonstruksi, penyidik akhirnya menetapkan saudara Asep (50 tahun) sebagai tersangka,” pungkas Kapolda.

Pelaku saat ini ditahan di Polres Bandung dan masih terus menjalani pemeriksaan. Pelaku terancam pasal 351 ayat 2 KUHP. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...