Sabtu, 24 Februari 2018 | 13.03 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>OIF UMSU ajak masyarakat yang ingin saksikan gerhana bulan total

OIF UMSU ajak masyarakat yang ingin saksikan gerhana bulan total

Reporter : Fauzan | Kamis, 25 Januari 2018 - 19:54 WIB

IMG-8454

Seorang awak media di Medan mencoba melihat alat teleskop di OIF UMSU, Medan yang akan melakukan pemantauan gerhana bulan total pada, Rabu (31/1) nanti. FOTO: KiniNews/Fauzan.

Medan, kini.co.id – Observatorium Ilmu Falak (OIF), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan melakukan pemantauan terhadap peristiwa gerhana bulan total melalui teleskop yang akan jatuh pada Rabu (31/) malam.

Kepala Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar mengatakan, fenomena alam gerhana bulan akan melintas di Kota Medan pada Rabu (31/1) pukul 19.00-22.00 WIB.

Waktu gerhana diperkirakan cukup lama untuk bisa diamati masyarakat yakni sekitar tiga jam, namun puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 20.30 WIB.

Dikatakannya gerhana bulan kali ini akan sangat menarik untuk diamati karena fenomena yang disebut “super blue moon” tergolong langka.

Dalam peristiwa itu, bulan akan tampak lebih besar dari biasanya dengan warna yang tampak sebagian kebiru-biruan dan kemerah-merahan.

“Peristiwa lunar yang spektakuler itu menampilkan bulan purnama kedua pada bulan ini, juga dikenal sebagai blue moon atau juga ada yang menyebutnya bulan darah karena bulan berubah menjadi warna kemerahan atau tembaga saat melewati bayangan bumi,” kata Arwin Juli dalam keterangan persnya kepada wartawan di Medan, Kamis (25/1).

Rektor UMUS Agussani menambahkan, pihaknya mengajak warga Kota Medan dan sekitarnya menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total dengan peralatan teleskop yang disediakan di halaman kampus pascasarjana UMSU.

Dalam mengabadikan momen gerhana bulan kali ini, OIF UMSU juga menyediakan sejumlah layar untuk bisa disaksikan masyarakat.

“Kita persilahkan bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melihat gerhana dengan fasilitas pengamanan yang disediakan,” ucapnya.

Saat ini sejumlah teleskop yang ada di lantai tujuh gedung pascasarjana UMSU akan diturunkan di halaman gedung untuk memberi kesempatan kepada masyarakat menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut.

“Sejauh ini prinsipnya UMSU telah siap menerima kehadiran masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan langka yang akan melintasi Kota Medan,” tukasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jalur Cirebon lumpuh, KAI operasikan kereta luar biasa Purwokerto-Kroya
Jawa Tengah - Sabtu, 24 Februari 2018 - 11:15 WIB

Jalur Cirebon lumpuh, KAI operasikan kereta luar biasa Purwokerto-Kroya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kereta luar biasa (KLB) relasi Purwokerto-Kroya untuk mengangkut penumpang tujuan Jakarta. Hal ini disampaikan ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal masih lumpuh
Jawa Barat - Sabtu, 24 Februari 2018 - 11:00 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal masih lumpuh

Jalur kereta utara atau Cirebon, Jawa Barat, ke Tegal, Jawa Tengah hingga saat ini belum bisa dilewati, dikarenakan air masih ...
Pergerakan tanah di Majalengka, belasan rumah terancam ambruk warga diungsikan
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 23:43 WIB

Pergerakan tanah di Majalengka, belasan rumah terancam ambruk warga diungsikan

Belasan rumah di Blok Cinangka RT 01/02 Desa Cengal, Kecamatan Maka, Kabupaten Majelengka, retak-retak dan terancam ambruk akibat pergerakan tanah ...
Effendy Pohan jadi penjabat sementara Bupati Padang Lawas
Sumatera Utara - Jumat, 23 Februari 2018 - 21:15 WIB

Effendy Pohan jadi penjabat sementara Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengukuhkan Effendy Pohan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati ...
Penipu Warga Sipil Bukan Anggota Dishub
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 21:08 WIB

Penipu Warga Sipil Bukan Anggota Dishub

Dinas Perhubungan Kota Bekasi mengklarifikasi perihal penangkapan pria atas nama Arya (36) yang mengaku sebagai petugasnya di lingkungan Pemerintah Kota ...
Warga Sipil Ditipu Oknum Dishub Bekasi Sampai Puluhan Juta, Nih Modusnya
Jawa Barat - Jumat, 23 Februari 2018 - 20:38 WIB

Warga Sipil Ditipu Oknum Dishub Bekasi Sampai Puluhan Juta, Nih Modusnya

Oknum Dinas Perhubungan Kota Bekasi atas nama Arya (36) melakukan penipuan terhadap warga sipil di Jalan Wibawamukti II RT 02/03, ...