Senin, 19 Februari 2018 | 14.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Reporter : Fauzan | Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

IMG-8404

Bakal calon wagub Sumut Sihar Sitorus (tengah) bersama awak media di Medan, Sabtu (20/1) malam. FOTO: KiniNews/Istimewa.

Medan, kini.co.id – Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikannya saat berkunjung dan ngopi bersama anak muda di Warung Omerta, Medan, Sabtu (20/1) malam.

Sihar menyebutkan telah mendapatkan surat pengganti ijazah dan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) sekolah menengah atas (SMA) yang menjadi lokasi pendidikannya.

“Sudah diserahkan, tak ada masalah dan dinyatakan lengkap oleh KPU,” kata Sihar.

Ketua tim penghubung paslon Djarot-Sihar, Dame Tobing mengaku, pihaknya hanya memperbaiki berkas sesuai diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 3 Tahun 2017.

“KPU hanya menunggu perbaikan data ijazah dari Sihar Sitorus. Kami sudah memiliki surat keterangan pengganti ijazah dari Sihar Sitorus yang sebelumnya dinyatakan hilang,” tambahnya.

Sebelumya Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara menunggu perbaikan data ijazah sekolah menengah atas milik Bakal Calon Gubernur Sumut Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus.

“Kami tunggu sampai besok (Sabtu, 20/1) sebagai batas akhir perbaikan,” kata komisioner KPU Sumut Benget Manahan Silitonga pada Jumat (19/1).

Saat mendaftar, kata Benget, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus hanya menyertakan surat keterangan yang dari pengelola SMA Pangudi Luhur, Jakarta.

Dalam surat keterangan yang ditandatangani pimpinan SMA Pangudi Luhur, dijelaskan bahwa bakal cagub yang didukung PDI Perjuangan dan PPP itu pernah sekolah dan lulus dari sekolah swasta tersebut.

Surat keterangan tersebut, menurut dia, belum mencukupi untuk dinyatakan telah melengkapi syarat pencalonan. Oleh karena itu, KPU Provinsi Sumut meminta Sihar Sitorus untuk melakukan perbaikan hingga 20 Januari 2018.

Jika ijazah aslinya hilang, Sihar Sitorus harus mampu menyiapkan penggantinya berupa surat keterangan pengganti ijazah dari instansi terkait.

Ketentuan itu sesuai dengan isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2014 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:17 WIB

Ke Bekasi, Ridwan Kamil Bawa 300 Tukang Cukur

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatagi Kota Bekasi. Pria akrab disapa Emil itu datang dengan membawa 300 tukang cukur ...
Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 13:07 WIB

Tukang Cukur Deklarasikan Dukung Paslon Rindu

Ketua Persaudaraan Pangkas Rambut Gratis (PPRG), Rudi mengatakan satu tukang cukur setidaknya dapat memangkas rambut delapan hingga sembilan kepala, Minggu ...
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...