Kamis, 18 Januari 2018 | 22.25 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Formal Labura Diharapkan Lahirkan Penulis

Formal Labura Diharapkan Lahirkan Penulis

Reporter : Zainal Bakri | Kamis, 11 Januari 2018 - 12:31 WIB

IMG-8283

Musyawarah Forum Masyarakat Literasi (Formal) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). (Humas)

Aek Kanopan, kini.co.id – Musyawarah Forum Masyarakat Literasi (Formal) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) yang diadakan di gedung SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan, Selasa (9/1/2018), membahas program terkait urgensi literasi di Labura di era digital sekarang ini.

Sebelumnya, acara yang dihadiri komunitas peduli pendidikan tersebut menetapkan Sri Siti Rasida SPd MSi sebagai Ketua Formal Labura, Siddik SPd.SD sebagai Sekretaris, dan Lahuddinnur Harahap SE sebagai Bendahara.

“Formal Labura diharap berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi masyarakat agar masyarakat semakin cerdas dalam menyikapi makna tersirat dari setiap wacana, masyarakat mampu mempolarisasi dari setiap kemampuan personal dalam bahasa komunikasi, adanya budaya baca pada setiap pribadi,” jelas Ketua Formal Labura, Sri Siti Rasida SPd MSi, didampingi Sekretaris Siddik SPd.SD saat mempresentasikan urgensi literasi di hadapan para pengurus.

Selain itu, lanjut Siddik, geliat literasi diharap mampu menghasilkan insan-insan penulis yang dibanggakan dari Labura, serta adanya wisata literasi di Bumi Basimpul Kuat.

“Formal Labura memiliki 4 Departemen, yaitu Departemen Pengorganisasian dan Jaringan dengan koordinator Sujamal SP SPd, Departemen Logistik dan Distribusi dengan koordinator Rio Risman Berri Harahap, Departemen Program Membaca dan Menulis dengan koordinator H Sofian MHum, dan Departemen Humas dan Komunikasi dengan koordinator Laila Tanjung SE,” lanjut Siddik.

Siddik yang sebelumnya berkecimpung dalam United States Agency for International Development (USAID) menjelaskan bahwa ada nilai literasi dalam filosofi perantau Sumatera Barat.

“Dulu diceritakan bahwa masyarakat Sumbar saat merantau senantiasa berkirim surat kepada keluarga di kampung. Berbeda dengan masyarakat kita di sini yang memberi kabar melalui surat tatkala sudah berhasil. Hal ini menyiratkan bahwa literasi masyarakat Sumbar lebih terlihat pada masa lalu,” kata Siddik.

Direncanakan pada 21 Januari mendatang, Formal Labura mengadakan kegiatan ‘Serak Buku’ di lapangan Bhayangkara Aekkanopan.

Selain itu, pada Mei mendatang akan mengadakan kegiatan pengukuhan Bunda Baca.

Hadir dalam musyawarah tersebut Korwas SMP Disdik Labura Drs Syahrial Efendi MPd, Sekretaris PGRI Labura Feri Irawan SPd.SD, Kasubbag Program Disdik Jarot Hamdani SPd, Kasi GTK SD Elwi Nurita MPd, Kasi GTK PAUD Zulfitri SPdI MSi, dan pengurus lainnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen
Jawa Barat - Kamis, 18 Januari 2018 - 14:19 WIB

Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Wenny Haryanto menyatakan sikap mendukung penuh Rahmat Effendi (Bang Pepen) maju sebagai calon Walikota ...
Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 11:45 WIB

Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini

Penggunaan e-money, atau uang elektrik telah lama disosialisasikan. Sejauh ini, e-money disambut positif oleh masyarakat dengan alasan efisiensi.Di Sumut sendiri, ...
Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 08:02 WIB

Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda

Penyidik Polda Metro Jaya, pada Kamis, (18/1/2018), menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sandiaga Uno terkait kasus dugaan penggelepan dalam jual beli tanah ...
Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini  di Jakarta
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:58 WIB

Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini di Jakarta

Hari Kamis (18/1) ini sejumlah aksi unjuk rasa dari berbagai elemen berbeda bakal digelar Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan informasi ...
Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:51 WIB

Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap

Tiga paslon peserta Pilgub Sumut telah menyerahkan berkas ke KPU Sumut. Dan KPU Sumut juga telah melakukan penelitian terhadap berkas-berkas ...
Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri
Sumatera Utara - Rabu, 17 Januari 2018 - 23:11 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai posisi penting yakni transhipment dan port untuk Kawasan Ekonomi ...