Minggu, 21 Januari 2018 | 11.42 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Demokrat Tetap Usung Tri Adhianto Meski Diseragamkan PAN

Demokrat Tetap Usung Tri Adhianto Meski Diseragamkan PAN

Reporter : Ardiansyah | Selasa, 9 Januari 2018 - 14:59 WIB

IMG-8241

Rahmat Effendi-Tri Adhianto

Bekasi, kini.co.id – Partai Demokrat akan tetap optimis mengusung Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Tri Adhianto Tjahyono, sebagai bakal calon wakil wali kota mendampingi Petahama Rahmat Effendi dari Partai Golkar.

Meskipun diketahui, Tri Adhianto kini diseragmankan menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi. Tri resmi menjadi kader PAN setelah Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN menyebar denga nomor 1002.0005688.030170.1.17 atas nama Tri Adhianto Tjahyono.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi, Andi Zabidi, tidak mau berkomentar soal beredarnya KTA PAN Tri Adhianto. Ia menyebut jika pengusungan Rahmat Effendi-Tri Adhianto sudah disepakati dahulu melalui Momerendum of Understanding (MoU) antara Partai Golkar dan Demokrat.

“Beredarnya nama Tri Adhianto dari PAN saya tidak mau berkomentar, slahkan klarifikasi ke PAN sendiri,” kata Andi Zabidi, Selasa (9/1/).

Menurutnya, Partai Demokrat dengan 4 kursi di legislatif dan Partai Golkar dengan 7 kursi sudah bulat mengusung Rahmat Effendi-Tri Adhianto sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota periode 2018-2023 di Pilkada Kota Bekasi 2018.

“Nanti kami akan deklarasikan pada tanggal 10 Januari, pagi, setelah itu kami bersama Partai Golkar bersama-sama akan melakukan pendaftaran pada 10 Januari, malam,” ujarnya.

Andi melanjutkan, Partai Demokrat bukan tidak ingin menyeragamkan Tri Adhianto sebagai kadernya. Namun, saat ini status Tri yang masih sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau kita seragamkan terlebih dahulu, itu melanggar undang-undang, nanti setelah sudah pentapan kami akan memberikan KTA kepada Tri Adhianto,” katanya.

Sebelum mengambil dari eksternal, Partai Demokrat terlebih dahulu membuka penjaringan di DPC Partai Demokrat Kota Bekasi. Mereka yang mendaftar adalah Adhy Firdaus, artis Vicky Prasetyo dan kader Partai Demokrat Abdullah Maky.

“Namun, hanya dua nama yang kami bawa ke DPP, yakni Adhy Firdaus dan Abdullah Maky, keduanya juga telah mendapatkan intruksi dari DPP untuk melakukan survei, tetapi sampai sekarang tidak juga dilakukan,” terang dia.

Tidak sampai disitu, Partai Demokrat juga telah menyodorkan nama kader internal Abdullah Maky ke Petahana Rahmat Effendi. Namun, politisi Golkar itu menolak dan lebih memilih Tri Adhianto dari birokrat.

“Alasannya karena prestasi Tri Adhianto sebagai ASN sudah dirasakan oleh masyarakat Kota Bekasi. Contohnya adalah pembangunan pedestrian di Jalan Ahmad Yani, saat ini pun kami masih menunggu rekom itu keluar dari DPP, 100 persen saya meyakini rekom itu akan keluar,” tandasnya.

Sementara itu, Abdullah Maky, mengaku jika sampai ini dirinya belum mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat. Ia juga menanggapi wacana pengusungan Bapaslon Rahmat Effendi-Tri Adhianto.

“Kemungkinan karena Partai Demokrat punya aturan dan mekanisme partai yang sangat ketat, jadi tidak asal masuk atau asal jadi, itu yang saya tahu,” singkatnya.

Terpisah, Ketua Pemenangan Pilkada DPC PAN Kota Bekasi, Abdul Muin Hafidz, membenarkan jika saat ini Tri Adhianto sudah diseragamkan oleh partainya.

“Iya benar, insyaallah semuanya berjalan lancar mengusung Rahmat Effendi-Tri Adhianto melalui PAN Kota Bekasi,” pungkasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...