Kamis, 18 Januari 2018 | 22.32 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Ini Tekanan Inflasi Selama 2017 di Sumut

Ini Tekanan Inflasi Selama 2017 di Sumut

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 4 Januari 2018 - 16:57 WIB

IMG-8174

Ilustrasi meteran listrik prabayar. FOTO: Istimewa.

Medan, kini.co.id – Meski sesuai target inflasi di Sumut tahun 2017 menghadapi tekanan terutama akibat kenaikan tarif listrik, cukai rokok dan STNK sehingga inflasi administered prices di akhir tahun 2017 tercatat 6,70% (yoy).

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Arief Budi Santoso dalam keterangan pers, Kamis (4/1/2017).

Ia menyebut, inflasi Desember 2017 terutama dipengaruhi oleh gangguan produksi khususnya beras karena banjir besar yang melanda sebagian wilayah Sumatera Utara.

Dengan kondisi tersebut, komoditas beras memberikan andil inflasi bulanan sebesar 0,16%.

Sementara itu, harga komoditas bumbu-bumbuan utama, seperti cabai merah dan bawang merah relatif terkendali seiring dengan intensifnya operasi pasar yang dilakukan oleh TPID Sumatera Utara yang berkerjasama dengan BULOG dalam menjaga pasokan dan peran Satgas Pangan dalam menjaga distribusinya di akhir tahun. 

“Dengan perkembangan tersebut, inflasi Volatile Food sebesar 2,55% (mtm), meningkat dari bulan sebelumnya (1,22%),” paparnya.

Kemudian, lanjut Arief, tekanan inflasi dari kelompok lainnya, yaitu kelompok Administered Prices (AP) dan kelompok inti relatif terkendali.

Inflasi AP sedikit meningkat dari 0,08% (mtm) di bulan sebelumnya menjadi 0,27% (mtm).

“Peningkatan tersebut terutama didorong oleh kenaikan tarif angkutan udara yang memberikan andil inflasi sebesar 0,04% seiring dengan perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan masa liburan sekolah,” ujarnya.

Di sisi lain, tekanan inflasi kelompok bahan  bakar rumah tangga cenderung mereda seiring dengan pasokan gas elpiji 3kg yang sudah normal.

Relatif minimalnya dampak faktor musiman tercermin pada inflasi Inti yang tercatat menurun dari 0,10% (mtm) pada bulan sebelumnya menjadi 0,04% (mtm).

Tekanan inflasi dari sisi permintaan belum kuat terkait dengan masih lemahnya daya beli masyarakat sejalan dengan perkembangan harga komoditas yang masih fluktuatif. Kondisi tersebut didukung oleh ekspektasi inflasi yang terpelihara dan nilai tukar yang stabil.

Secara spasial, disparitas inflasi kembali terlihat di 4 kota IHK Sumatera Utara.

“Di satu sisi, Padangsidimpuan dan Medan menjadi kota dengan inflasi tertinggi (0,87% dan 0,73%, mtm), sementara Pematangsiantar dan Sibolga mencatat inflasi yang relatif rendah (0,46% dan 0,38%, mtm),” terangnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen
Jawa Barat - Kamis, 18 Januari 2018 - 14:19 WIB

Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Wenny Haryanto menyatakan sikap mendukung penuh Rahmat Effendi (Bang Pepen) maju sebagai calon Walikota ...
Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 11:45 WIB

Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini

Penggunaan e-money, atau uang elektrik telah lama disosialisasikan. Sejauh ini, e-money disambut positif oleh masyarakat dengan alasan efisiensi.Di Sumut sendiri, ...
Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 08:02 WIB

Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda

Penyidik Polda Metro Jaya, pada Kamis, (18/1/2018), menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sandiaga Uno terkait kasus dugaan penggelepan dalam jual beli tanah ...
Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini  di Jakarta
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:58 WIB

Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini di Jakarta

Hari Kamis (18/1) ini sejumlah aksi unjuk rasa dari berbagai elemen berbeda bakal digelar Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan informasi ...
Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:51 WIB

Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap

Tiga paslon peserta Pilgub Sumut telah menyerahkan berkas ke KPU Sumut. Dan KPU Sumut juga telah melakukan penelitian terhadap berkas-berkas ...
Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri
Sumatera Utara - Rabu, 17 Januari 2018 - 23:11 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai posisi penting yakni transhipment dan port untuk Kawasan Ekonomi ...