Minggu, 21 Januari 2018 | 11.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Berdayakan tenaga lokal, Aher: Bentuk komitmen kehadiran BIJB di Majalengka

Berdayakan tenaga lokal, Aher: Bentuk komitmen kehadiran BIJB di Majalengka

Reporter : Trias Agustian | Sabtu, 30 Desember 2017 - 18:59 WIB

IMG-8096

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di terminal keberangkatan BIJB, Kertajati, Majalengka, Sabtu (30/12). KiniNews/Trias Agustian.

Majalengka , kini.co.id – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memprioritaskan putra daerah Majalengka yang diberdayakan sebagai Aviation Security (Avsec) atau tenaga keamanan, merupakan komitmen sejak awal saat akan hadirnya Bandara di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka itu.

“Pembangunan SDM hari demi hari dipenuhi dengan baik sebagai sebuah persyaratan hadirnya bandara. Ini tenaga lokal terdekat dengan bandara dan ini kebanyakan berasal dari Majalengka. Hal ini sebagai komitmen. Kalau ada rekrutmen dan pelatihan kewirausahaan biar gak ada kerugian sosial yang ada keuntungan bersama-sama,” kata Aher saat menghadiri pelantikan Aviation Security (Avsec) di Terminal Penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Sabtu (30/12).

Sebelumnya sebanyak 42 petugas Avsec yang merupakan warga Majalengka dan masyarakat terdampak PT BIJB mendapatkan pembelajaran di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang selama sebulan lebih.

“SDM apapun dahulukan masyarakat setempat khususnya Majalengka. Kita akan laksanakan. Ini dilakukan agar kita semua mampu berkomitmen dan menghadikan kehadian BIJB dinikmati semua pihak. Yang menikmati harus utama masyarakat Majalengka. Jadi sejak awal semenjak awal dikalkulasi. Dampak sosial diantisipasi sejak awal,” lanjut Aher.

Sementara itu Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menuturkan diklat tersebut merupakan buah dari kerja sama antara PT BIJB dan STPI Curug ini dilakukan dalam rangka memberdayaan putra daerah Majalengka dan masyarakat sekitar Bandara Kertajati.

Untuk penyiapan sumber daya manusia (SDM) itu, kata Virda, PT BIJB menggaet STPI Curug dan hal ini dimaksudkan agar SDM yang bekerja di Bandara Kertajati mampu menjadi petugas bandara yang ahli dan terampil serta memiliki lisensi khusus. 

Hal tersebut juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan bahwa seluruh petugas bandara harus dibekali sertifikat sesuai standar keamanan penerbangan.

“Apalagi Avsec ini merupakan petugas terdepan, yang pekerjaannya menjaga keamanan bagi penumpang pesawat sebelum melakukan penerbangan,” kata dia.

Menurut Virda, jelang beroperasinya Bandara Kertajati pada April 2018 mendatang posisi Avsec merupakan yang paling diburu dan saat dibuka peminatnya membludak hingga 6.000-an orang untuk tahap satu perekrutan ini. 

“Jumlah itu kembali mengerucut menjadi 42 orang yang lolos verifikasi. Kemudian kita didik untuk diberdayakan menjadi seorang Avsec yang profesional, ” kata dia.

Virda menambahkan, 42 peserta Avsec itu seluruhnya berasal dari Majalengka dan sekitarnya dan semua peserta dinyatakan lulus ujian lisensi serta seluruh peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan Direktorat Keamanan Perhubungan (Dirkampen) yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. 

“Sertifikat itulah yang nantinya akan menjadi bekal untuk bisa menjadi petugas keamanan bandara khususnya di Bandara Kertajati,” kata dia.

Lebih lanjut Virda mengatakan tenaga Avsec disiapkan mengingat Bandara Kertajati saat ini sudah menyatakan kesiapan beroperasi pada pertengahan 2018. 

Seiring beroperasinya bandara seluas 1.800 hektare itu, PT BIJB juga menatap untuk bisa melayani perjalanan haji dan umroh tahun depan.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...