Minggu, 21 Januari 2018 | 11.24 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Malam Tahun Baru, jalur puncak Bogor ditutup 12 jam

Malam Tahun Baru, jalur puncak Bogor ditutup 12 jam

Kamis, 28 Desember 2017 - 21:26 WIB

IMG-8057

Jalur puncak Bogor, Jawa Barat macet, untuk mengantisipasi hal itu jalur tersebut akan ditutup pada malam Tahun Baru 2018. FOTO: Antara.

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan akan memberlakukan aturan bebas kendaraan (Car Free Day) di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada saat perayaan malam Tahun Baru 2018.

“Saya minta penekanan khusus di Puncak akan ditutup menjadi semacam Car Free Day,” kata Tito di Jakarta, Kamis (28/12).

Tito menjelaskan pemberlakuan aturan bebas kendaraan untuk kedua arah di Puncak akan diterapkan oleh kepolisian sejak 31 Desember 2017, yakni mulai pukul 18.00 WIB-06.00 WIB.

Dengan demikian, jalur yang kerap macet di saat hari libur itu akan ditutup selama 12 jam sejak malam perayaan tahun baru hingga 1 Januari 2018 pagi.  

Petugas akan melarang kendaraan yang menuju maupun dari Jakarta arah Puncak karena akan ada penutupan total pada pukul 18.00 WIB-06.00 WIB.

Selain itu, Tito juga mengimbau masyarakat melintasi Jalur Puncak Bogor sebelum pukul 12.00 WIB, pada 31 Desember 2017 siang, agar terhindari kemacetan lalu lintas.

Dia memperkirakan kendaraan yang melintasi Puncak selepas pukul 12.00 WIB, 31 Desember 2017, akan terjebak macet. “Karena pasti akan macet total,” ujar Tito dilansir Antara.

Tito menambahkan pemerintah daerah setempat akan menyediakan pelayanan bis (shuttle bus) untuk masyarakat yang akan merayakan tahun baru di kawasan Puncak.

Sementara itu, terkait dengan pengamanan jelang malam tahun baru, mantan Kapolda Metro Jaya itu menyatakan polisi telah mengantisipasi potensi aksi teror dengan cara menangkap sejumlah jaringan terorisme sebelum perayaan Natal.

“Kami sudah menangkap, penegakan hukum dan pengamanan pada tempat wisata,” ungkap Tito.

Tito menilai pola pengamanan pada saat perayaan Natal berhasil menciptakan situasi kondusif sehingga akan diterapkan pula ketika perayaan pergantian tahun baru.

Pada Selasa pekan ini, Kepala Dinas Perhubungan Cianjur, Rahmat Hartono juga sudah mengumumkan kendaraan berat, seperti truk dan bus, akan dilarang melintas di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat menjelang perayaan malam tahun baru 2018. 

“Hanya mobil operasional atau truk pengangkut kebutuhan pokok, elpiji dan BBM diperbolehkan melintas. Penerapan larangan tersebut mengacu pada edaran dari Dishub Provinsi, disesuaikan dengan kondisi wilayah Jabar, yang menjadi destinasi wisata,” kata Rahmat.

Menurut dia, informasi tersebut sudah disosialisasikan pada pemilik kendaraan, perusahaan dan pengemudi yang melintas. Jika ada yang melanggar, pihak kepolisian akan menindak tegas pengemudinya.

Larangan operasi kendaraan truk dan bus di Jalur Puncak-Cianjur itu akan diberlakukan sejak 29 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018. Sebelumnya, larangan serupa diberlakukan menjelang perayaan Natal, yakni pada 23-26 Desember 2017. 

“Dikhawatirkan keberadaan kendaraan bermuatan berat tersebut akan menimbulkan kecelakaan dan antrian (kemacetan),” ujar Rahmat.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...