Minggu, 21 Januari 2018 | 11.39 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Elemen di Jabar deklarasikan  Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) 

Elemen di Jabar deklarasikan  Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) 

Reporter : Yudi | Rabu, 27 Desember 2017 - 19:26 WIB

IMG-8022

Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) resmi dideklarasikan pada Peringatan Konferensi Meja Bundar Ke-68 di kawasan Monumen Perjuangan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12). FOTO: Istimewa

Bandung, kini.co.id – GERAKAN Pilihan Sunda (Gerpis) resmi dideklarasikan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monpera), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (27/12) sore.

Melalui gerakan ini, diharapkan menjadi wadah lahirnya kader-kader pemimpin dari orang Sunda yang berkiprah baik di tingkat daerah maupun nasional.

Inisiator Gerpis, Andri Perkasa Kantaprawira mengatakan, Gerpis merupakan perhimpunan perjuangan orang Sunda yang pernah ada sejak 1955 guna memperjuangkan representasi politik orang Sunda.

Menurutnya, pemimpin dari orang Sunda di nasional harus diperjuangkan karena siapa lagi yang akan mencintai negeri dan lemah cai (daerah) kalau bukan orang yang punya ikatan genetika dengan lemah cainya.

“Gerpis itu bukan hanya perjuangan. Ini adalah tempat kader kader terbaik putra-putri Pajajaran anyar,” katanya ditemui usai deklarasi.

Berkaitan dengan Pilkada serentak 2018, dijelaskan Andri, Gerpis mengajukan dua strategi untuk mengetahui sosok yang pantas menjadi pemimpin. Pertama adalah karakter. Andri pun menegaskan, bahwa pemimpin kedepan harus berasal dari Sunda.

“Karakter apa yang diperlukan pimpinan Sunda di Pilgub? Kita ingin pemimpin yang lahir di Pilgub 2018 adalah Masagi. Motekar, Rancage, dan Hideng. Hideng ini yang paling susah karena alat kontrol dia mandiri dan bukan pemimpin boneka,” ujarnya.

Kata Masagi berasal dari bahasa Sunda yang berarti, seimbang, ajeg, kokoh menuju kesempurnaan. Untuk menghasilkan kader yang layak jadi pemimpin, Gerpis berencana akan melakukan politik edukasi.

“Sebagai organisasi perhimpunan perjuangan kita sudah waktunya menghilangkan semua traumatik kultur bahwa orang Sunda itu penakut, orang Sunda itu elehan,” tuturnya.

Terhadap beberapa Calon Gubernur Jawa Barat yang sudah mulai ramai disorot publik, Gerpis akan melakukan semacam uji kandidat mengenai kondisi di Jawa Barat.

Dijelaskan, ada tiga bahasan yang penting diketahui publik, pertama di Jabar tengah mengenai Reklamasi, Meikarta, Walini, Sumarecon, Citarum, Kereta Api Cepat. Kedua di Jabar Utara sebagai zona industrialisasi. Dan Jabar selatan sebagai zona konservasi pertanian dan perkebunan.

“Itu yang akan kita tanyakan, bagaimana mereka akan menjelaskan kepada publik. Kita akan keliling semua calon di undang, tiga tema itu akan tanyakan. Lalu kita akan memberikan politikal edukasi dan informasi yang sama,” ujarnya.

Dalam deklarasi Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) itu dihadiri sejumlah tokoh anntara lain Mohammad Jumhur Hidayat, Tjetje Hidayat Padmadinata, Iwan Sulandjana, Tatang Zaenudin, Mulyadi, Dindin Maolani, Prof. Karim Suryadi, Andri P. Kartaprawira, KH. Ayi Hambali, serta berbagai elemen lintas sektoral lintas generasi. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...