Minggu, 21 Januari 2018 | 11.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Paman Bobby Nasution berpeluang diusung Golkar jadi Cawagub

Paman Bobby Nasution berpeluang diusung Golkar jadi Cawagub

Jumat, 22 Desember 2017 - 21:50 WIB

IMG-7958

Doli Sinomba Siregar (kanan) paman Bobby Nasution bersama Tengku Erry Nuradi saat prosesi Penabalan Marga kepada Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi di Medan. FOTO: Istimewa.

Medan , kini.co.id – Doli Sinomba Siregar berpeluang diusung Partai Golkar untuk menjadi calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2018.

Doli adalah anggota DPRD Sumut dan kader Golkar sekaligus paman menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution. 

Tapi, untuk mendapatkan dukungan itu, Doli harus terlebih dahulu lolos tahap akhir seleksi Tim Penjaringan Cawagub yang dibentuk DPD I Golkar Sumut.

Pesaing Doli tinggal satu orang, yakni Wagub Sumut saat ini yang merupakan kader Partai Hanura, Nurhajizah Marpaung. 

Jika terpilih, Doli akan menerima rekomendasi dari Golkar untuk mendampingi calon gubernur (Cagub), yang didukung partai itu, dan sekaligus kandidat petahana, Tengku Erry Nuradi. 

Ketua Tim Penjaringan Cawagub DPD I Golkar Sumut, Sahlul Umur Situmeang mengatakan, Doli dan Nurhajizah adalah peserta seleksi yang dibuka oleh partainya usai Ngogesa Sitepu mundur dari posisinya sebagai pendamping Tengku Erry Nuradi, pada November 2017 lalu.

Ngogesa adalah Bupati Langkat sekaligus Ketua DPD I Golkar Sumut. 

Menurut Sahlul, Doli ialah salah satu dari tiga kader Golkar yang mendaftar di penjaringan bakal Cawagub Sumut. Selain Doli, ada Hanafiah Harahap dan Leonard Samosir yang juga anggota DPRD Sumut.

Berdasar hasil verifikasi timnya, menurut Sahlul, hanya Doli yang memenuhi persyaratan, demikian seperti dikutip Antara.

Sedangkan dari luar Golkar, ada dua nama yang mendaftar. Keduanya ialah Nurhajizah Marpaung dan Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara. Hasil seleksi meloloskan nama Nurhajizah. 

“Di sela-sela Munaslub Partai Golkar di Jakarta kemarin, Tim 10 melaporkan proses penjaringan kepada Ketua Partai Golkar Sumut Ngogesa Sitepu selaku penanggungjawab tim penjaringan,” kata Sahlul di Medan, pada Jumat (22/12).

Setelah menerima laporan tim penjaringan, menurut Sahlul, Ngogesa meminta agar hasil seleksi tersebut segera dibahas dalam forum resmi untuk diplenokan.

“Pengurus Partai Golkar Sumut akan menggelar Rapat Pleno Diperluas pada 27 Desember 2017 dengan menyertakan DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Sumut,” kata Sahlul.

Setelah menggelar rapat pleno, pihaknya akan menyetorkan nama terpilih ke DPP Partai Golkar yang akan memutuskan pemberian rekomendasi untuk bakal Cawagub Sumut dari partai ini. 

Golkar memiliki bekal 17 kursi di DPRD Sumut. Partai ini akan berkoalisi dengan Nasdem, PKPI dan PKB di Pilgub Sumut 2018. Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi selama ini tercatat sebagai kader Nasdem. Koalisi ini menguasi 28 kursi DPRD Sumut. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...