Minggu, 21 Januari 2018 | 11.29 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Penataan kawasan Tanah Abang

Penataan kawasan Tanah Abang

Jumat, 22 Desember 2017 - 15:17 WIB

IMG-7945

Penataan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. FOTO: Antara

Jakarta, kini.co.id – Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan kawasan Tanah Abang untuk menyelesaikan berbagai masalah di salah satu sentra ekonomi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan penataan kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan membuat kawasan tersebut menjadi lebih baik dan rapi. Dirinya akan terus memantau penataan kawasan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Anies ketika meninjau pelaksanaan penataan Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12).

“Kita harus lihat perkembangannya. Kita akan review pengguna-pengguna wilayah Tanah Abang ini, baik pejalan kaki, pedagang, pengguna ojek, maupun pengemudi ojek,” ujar Anies.

Ia berharap penataan tersebut bisa mengakomodasi seluruh pedagang kaki lima (PKL), karena pihaknya sudah menyiapkan tenda bagi 400 PKL. 

Saat ditanya tentang protes sopir angkot karena akses Jalan Kebon Jati Raya ditutup dan digunakan hanya untuk PKL, Anies menyampaikan seluruhnya sudah terakomodasi, termasuk warga yang mengeluhkan akses jalan yang terputus.

“Karena itulah penutupannya tidak dimulai jam 6 pagi, tetapi jam 8 pagi. Pengalihan arus lalu lintas, supaya semua bisa memiliki akses untuk berangkat kerja, sekolah, dan jalur yang diajukan pengalihan lalu lintas hanya satu ruas, tidak dua ruas. Warga juga bisa memanfaatkan Transjakarta untk menjangkau mana saja,” katanya.

“Tanah Abang sebagai sebuah pusat perekonomian juga pusat perpindahan warga Jakarta kerja menuju rumah. Merupakan lokasi transit paling padat, karena sebanyak 178 ribu orang turun dari kereta api ke kawasan ini. Jadi hal itu menjadi peluang ekonomi,” kata Anies.

Penataan kawasan Tanah Abang melibatkan berbagai pihak, seperti PT KAI, PT Transjakarta, Dinas Perhubungan, PD Pasar Jaya, Satpol PP, dan UMKM. Anies ingin penataan dapat mengedepankan kepentingan berbagai pihak, mulai dari pedagang, pejalan kaki, hingga ojek.

Berikut ini adalah konsep penataan kawasan Tanah Abang menurut Anies-Sandi yang dirangkum dalam 6 poin:

1. 400 tenda disiapkan untuk pedagang kaki lima

Sebanyak 400 tenda diberikan kepada 400 pedagang kaki lima (PKL) yang sudah didata untuk berjualan di jalan depan Stasiun Tanah Abang. Tenda dibagi menjadi dua, yaitu 115 buah untuk dagangan kuliner dan 265 buah dagangan non kuliner.

Tenda-tenda tersebut disediakan oleh Dinas UMKM akan memberikan tenda itu secara gratis.

2. Rekayasa lalu lintas selama tahap pertama penataan kawasan Tanah Abang

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas yang berlaku dalam jangka waktu pendek yang dilakukan pada Jumat (22/12). Rekayasa lalu lintas ini berlangsung mulai pada 08.00-18.00 WIB, untuk lokasi berdagang dan pengalihan arus lalu lintas.

Berikut adalah rute rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan di Tanah Abang:

a) Lalu lintas kendaraan dari timur (Jl. Fachrudin) dan utara (Jl. Cideng Timur) menuju Jl. Kb. Jati dialihkan menuju Jl. KS. Tubun Raya (fly over) – Jl. KS. Tubun 1 (PLN) – Jl. KS. Tubun Raya – Jl. Kb. Jati.

b) Lalu lintas kendaraan dari selatan (Jl. KS. Tubun Raya) yang akan menuju Jl. Jatibaru Raya dialihkan menuju Jl. Kb. Jati – Jl. K.H. Mas Mansyur dan seterusnya.

c) Rute angkutan umum bus besar dari arah timur (Jl. Fachrudin) – Jl. KS Tubun Raya (fly over) – Jl. Brigjen Katamso – berputar di depan Hotel Menara Peninsula – Jl. Brigjen Katamso – Jl. KS Tubun Raya – Jl. Kebon Sirih dan seterusnya.

d) Rute angkutan umum bus sedang melalui ruas Jalan K.H Mas Mansyur – Jl. Kb. Jati – Jl. Jembatan Tinggi – Jl. KS Tubun Raya – Jl. Kb. Jati – Jl. K.H Mas Mansyur.

e) Rute angkutan umum bus kecil/mikrolet (M.08, M.10) berputar di bawah fly over Jatibaru (Jl. Jatibaru Raya).

f) Rute angkutan umum bus kecil/mikrolet (M.09, M.09A, M.11) melalui ruas Jl. KS. Tubun Raya – Jl. Kb. Jati – Jl. Jembatan Tinggi – Jl. KS. Tubun Raya.

g) Ruas Jl. KS Tubun 1 (PLN) yang semula dua arah menjadi satu arah dari utara ke selatan (Jl. KS Tubun 1 – Jl. KS Tubun Raya) dari pukul 08.00-18.00.

h) Larangan belok kiri untuk arus lalu lintas dari timur ruas Jl. KS Tubun Raya yang akan menuju ruas Jl. KS Tubun 1 dari pukul 08.00-18.00 (kecuali penghuni).

i) Penutupan terhadap lokasi putaran (U-turn) pada ruas Jl. KS Tubun Raya (depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua).

3.Blok G Pasar Tanah Abang akan mengalami penyegaran

Pasar Blok G akan dirobohkan. Hal tersebut dilakukan PD Pasar Jaya sebagai langkah penyegaran, karena nantinya, di lahan yang sama akan diganti dengan gedung baru.

Selain itu, PD Pasar Jaya berencana menambah pemanfaatan pada gedung baru tersebut dengan penambahan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebanyak 1.500 unit. Rencanannya Pasar Blok G akan dirobohkan di 2018, dan dibangun di tahun yang sama.

4. Ojek diberikan lahan khusus buat mangkal di samping stasiun Tanah Abang

Tak hanya pejalan kaki dan PKL yang menjadi sasaran penataan Tanah Abang. Pemprov DKI juga mengatur keberadaan ojek pangkalan dan online di wilayah Tanah Abang.

Mereka akan mendapat pangkalan di Jalan Jatibaru sekitar 100 meter dari arah pintu stasiun. Dinas Perhubungan DKI Jakarta meminjam lahan milik PT KAI untuk menyiapkan lahan tersebut.

5. Shuttle Bus Transjakarta Gratis Mengelilingi Tanah Abang

Rekayasa lalu lintas berdampak pada modifikasi layanan rute Transjakarta rute Tanah Abang – Kebayoran. Sebanyak 10 bus TransJakarta dengan kapasitas 41 penumpang duduk dan 27 berdiri akan mengelilingi Tanah Abang. Bus juga akan dilengkapi oleh stiker Tanah Abang Explorer. Penumpang tak akan dipungut biaya untuk menaiki bus tersebut.

Berikut rute Transjakarta tersebut:

Halte Stasiun Tanah Abang – Halte Blok G, Halte Blok C – Halte Auri 1 – Halte Auri 2 – Halte Blok E – Halte Fly Over Jati Baru.

6. Bagi pejalan kaki, trotoar dipastikan bersih dari PKL

Anies memastikan trotoar di kawasan Tanah Abang akan steril dari pedagang kaki lima (PKL) hingga pejalan kaki dapat leluasa berjalan. Para PKL akan disediakan tempat berjualan di ruas jalan depan Stasiun Tanah Abang.

Penataan dilakukan untuk menguntungkan semua pihak, termasuk PKL dan pejalan kaki. “Bagi pejalan kaki, kami buat kawasan ini jadi leluasa dilewati. Bagi pedagang, tetap memudahkan mereka berdagang,” kata Anies.

Rekayasa lalu lintas selama periode pertama penataan kawasan Tanah Abang hanya bersifat sementara, hingga menunggu tahap kedua atau jangka panjang, yaitu pembangunan kawasan Tanah Abang sebagai Transit Oriented Development (TOD).

Nantinya, TOD akan mengintegrasikan warga, angkutan umum dan pusat perekonomian. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sihar Sitorus sudah perbaiki data  ijazah ke KPU Sumut
Sumatera Utara - Minggu, 21 Januari 2018 - 10:14 WIB

Sihar Sitorus sudah perbaiki data ijazah ke KPU Sumut

Bakal calon wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengatakan sudah memperbaiki data ijazahnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).Hal ...
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera
Lampung - Minggu, 21 Januari 2018 - 09:10 WIB

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (21/1). Presiden dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan ...
Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar
Sumatera Utara - Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:17 WIB

Kader PDIP Sumut ikrarkan pemenangan Djarot-Sihar

Ratusan kader dan organisasi sayap PDIP Sumatera Utara menyatakan ikrarnya untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ...
Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:01 WIB

Sanwasi tepis tudingan ‘boneka’ pendopo maju Pilbup Majalengka

Bakal calon bupati Majalengka, Jawa Barat, Sanwasi menepis tudingan miring terhadap dirinya sebagai 'boneka' pendopo . "Ga ada itu, wajar ...
Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan
Aceh - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:33 WIB

Kerap Diganggu Gajah, Petani Minta Pemerintah Aceh Buat Batasan Hutan

Ketua Kelompok Tani Hijrah Alue Lhok, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Ibrahim Din meminta peran pemerintah untuk mengatasi ...
3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI
Jawa Barat - Jumat, 19 Januari 2018 - 21:58 WIB

3 Siswa SMP Dicabuli Guru, Ini yang Akan Dilakukan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi segera melakukan trauma healing terhadap tiga korban cabul yakni, RK (12), DK (13) ...