Kamis, 18 Januari 2018 | 22.13 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Polres Cirebon kota sita ratusan dus jajanan anak kedaluwarsa

Polres Cirebon kota sita ratusan dus jajanan anak kedaluwarsa

Reporter : Yudi | Jumat, 22 Desember 2017 - 09:38 WIB

IMG-7941

Ratusan dus jajanan anak kedaluwarsa disita Polres Kota Cirebon, Kamis (21/12) dari dua gudang di kawasan Kedawung. FOTO: Istimewa.

Cirebon , kini.co.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, menyita seratusan dus jajanan makanan dan minuman diduga kedaluwarsa dari dua gudang di Desa Tengah Tani, Kedawung, Cirebon.

Produk panganan anak-anak yang disita Polisi itu merupakan pengembangan RD (30) pedagang eceran yang berjualan di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon.

“Kami amankan tersangka OR (57) penjual yang makanan kedaluwarsa atau tak mencantumkan tanggal kedaluwarsanya,” kata Kapolresta Cirebon, Ajun Komisaris Besae Adi Vivid AB di Cirebon, Kamis (21/12).

Dari hasil pengembangan kemudian diketemukan dua unit gudang yang terletak  di desa tengah tani kabupaten Cirebon yang terdapat ratusan karton dengan berbagai jenis makanan yang sudah kadaluarsa.

Polisi pun melakukan penyitaan poduk makan dan minuman sebagai barang bukti, serta mengamankan dua orang tersangka OR (57) pedagang dan ME (40) penyuplai. 

Adi mengatakan bahan pangan yang disita terdiri dari 190 dus permen Yupi Choco Pie, 110 dus sarden merk King Fisher, 25 dus susu kental manis Frisian Flag, 255 dus kecap manis merek ABC, 158 dus snack Taro Cirn Puff, lima dus White Tea kemasan botol.

“Kemudian ada 65 dus minuma NU Green Tea, 25 dus minuman susu botol merk Frisian Flag dan 30 dus permen Relaxa Izzi. Ada pula 57 dus pembalut wanita serta uang tunai senilai Rp730 ribu yang turut disita,” tambahnya.

Sementara itu modus tersangka kata Adi, dengan menghapus dan mencap ulang tanggal kedaluwarsa pada produk pangan sebelum kemudian menjualnya dengan harga yang lebih murah dari harga asli.

“Tersangka OR mendapat barang-barang tersebut dengan cara membelinya dari ME (40), asal Kedung Jaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon,” ujarnya.¬†

Setelah melakukan penggeledahan rumah tersangka ME kata Adi, pihaknya menemukan barang-barang kedaluwarsa dan seluruh temuan itu diamankan menggunakan tiga unit truk Dalmas ke Mapolres Cirebon Kota.

Adi menambahkan atas perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 134 Undang Undang RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan junto Pasal 8 huruf G UU RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU kesehatan.

Dengan ancaman dua tahun penjara dan denda sebesar Rp4 miliyar. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen
Jawa Barat - Kamis, 18 Januari 2018 - 14:19 WIB

Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Wenny Haryanto menyatakan sikap mendukung penuh Rahmat Effendi (Bang Pepen) maju sebagai calon Walikota ...
Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 11:45 WIB

Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini

Penggunaan e-money, atau uang elektrik telah lama disosialisasikan. Sejauh ini, e-money disambut positif oleh masyarakat dengan alasan efisiensi.Di Sumut sendiri, ...
Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 08:02 WIB

Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda

Penyidik Polda Metro Jaya, pada Kamis, (18/1/2018), menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sandiaga Uno terkait kasus dugaan penggelepan dalam jual beli tanah ...
Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini  di Jakarta
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:58 WIB

Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini di Jakarta

Hari Kamis (18/1) ini sejumlah aksi unjuk rasa dari berbagai elemen berbeda bakal digelar Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan informasi ...
Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:51 WIB

Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap

Tiga paslon peserta Pilgub Sumut telah menyerahkan berkas ke KPU Sumut. Dan KPU Sumut juga telah melakukan penelitian terhadap berkas-berkas ...
Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri
Sumatera Utara - Rabu, 17 Januari 2018 - 23:11 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai posisi penting yakni transhipment dan port untuk Kawasan Ekonomi ...