Kamis, 18 Januari 2018 | 22.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat

Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 13 Desember 2017 - 20:28 WIB

IMG-7792

Mobil polisi mengangkut warga yang terantar akibat angkot mogok di Medan, Rabu (13/12). FOTO: KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Ratusan personil dan puluhan kendaraan roda empat serta dua baik milik Polda Sumatera Utara, Polrestabes Medan dikerahkan bahu membahu mengantarkan masyarakat dan pelajar yang terlantar akibat adanya aksi mogok supir angkot di Medan, Rabu (13/12).

Dengan menumpang mobil dinas kepolisian, satu persatu pelajar dan masyarakat menaiki mobil yang disediakan instansi tersebut.

Waka Polda Sumatera Utara Brigadir Jenderal Agus Andrianto yang turun langsung memantau situasi memerintahkan jajarannya agar untuk sigap dalam melayani masyarakat yang tidak dapat menemukan transportasi akibat aksi protes tersebut.

Mantan Direktur Tipsus Mabes Polri itu juga melakukan penggalangan terhadap awak angkutan serta pihak Organda agar tidak melakukan sweeping terhadap angkutan online.

Polda juga menempatkan personil melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di persimpangan-persimpangan untuk menjaga dan mengantisipasi angkutan umum yang masih beroperasi berjaga jaga apabila diprotes oleh angkutan yang mogok.

“Petugas berjaga melakukan pengamanan untuk melakukan antisipasi dan mengamankan aksi protes para sopir angkutan yang akan melakukan sweeping terhadap angkutan umum yang beroperasi maupun angkutan online,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar Rina Sari Ginting saat dikonfirmasi, Rabu (13/12).

“Selain melakukan pengamanan, Jajaran Personil Polrestabes Medan mengerahkan seluruh mobil patroli dan sepeda motor patroli untuk membantu masyarakat atau pelajar yang terkendala transportasinya. Bahkan ada yang menggunakan kendaraan pribadinya masing masing,” tambahnya.

Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Medan Month Gomery Munthe mengatakan, setidaknya delapan ribu armada angkot anggota mereka berhenti beroperasi mulai hari ini.

Aksi mogok massal ini dilakukan sebagai bentuk protes atas keberadaan transportasi berbasis aplikasi online yang semakin masif.

“Kami ingin menunjukkan sama pemerintah bahwa transportasi online ini sudah begitu banyak. Selama ini kan operasional mereka tidak terlihat. Dengan kami berhenti beroperasi, biar pemerintah sadar dengan apa yang selama ini kami hadapi di lapangan,” kata Month Gomery.

Dikatakannya, aksi mogok ini akan terus dilakukan selama Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi belum memenuhi tuntutan mereka.

Salah satunya, yakni mengeluarkan kebijakan penghentian seluruh operasional transportasi online.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen
Jawa Barat - Kamis, 18 Januari 2018 - 14:19 WIB

Wenny Dukung penuh Pencalonan Bang Pepen

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Wenny Haryanto menyatakan sikap mendukung penuh Rahmat Effendi (Bang Pepen) maju sebagai calon Walikota ...
Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 11:45 WIB

Banyak Manfaat, BI: Sumut Siap Terapkan E-Money Tahun Ini

Penggunaan e-money, atau uang elektrik telah lama disosialisasikan. Sejauh ini, e-money disambut positif oleh masyarakat dengan alasan efisiensi.Di Sumut sendiri, ...
Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 08:02 WIB

Soal Penggelapan Tanah, Wagub DKI Sandi Diperiksa Polda

Penyidik Polda Metro Jaya, pada Kamis, (18/1/2018), menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sandiaga Uno terkait kasus dugaan penggelepan dalam jual beli tanah ...
Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini  di Jakarta
DKI Jakarta - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:58 WIB

Sejumlah aksi unjuk rasa hari ini di Jakarta

Hari Kamis (18/1) ini sejumlah aksi unjuk rasa dari berbagai elemen berbeda bakal digelar Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan informasi ...
Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap
Sumatera Utara - Kamis, 18 Januari 2018 - 07:51 WIB

Berkas Para Paslon Pilgub Sumut Belum Lengkap

Tiga paslon peserta Pilgub Sumut telah menyerahkan berkas ke KPU Sumut. Dan KPU Sumut juga telah melakukan penelitian terhadap berkas-berkas ...
Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri
Sumatera Utara - Rabu, 17 Januari 2018 - 23:11 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung jadi hub pintu gerbang industri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai posisi penting yakni transhipment dan port untuk Kawasan Ekonomi ...