Senin, 22 Oktober 2018 | 03.35 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM

Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM

Reporter : Fauzan | Senin, 11 Desember 2017 - 19:35 WIB

IMG-7759

Gubernur Sumut Tengku Erry (kiri) menerima penghargaan peduli HAM yang dari Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Yasonna Y Laoly di Solo, Ahad (10/12). FOTO: KiniNews/HA Nasution.

Solo, kini.co.id – Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat.

Kali ini, Tengku Erry menerima penghargaan atas upayanya mendorong kabupaten/kota untuk terus peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Selain Sumut, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) juga turut menerima penghargaan yang sama.

Penghargaan yang diterima Tengku Erry diserahkan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Yasonna Y Laoly pada acara peringatan Hari HAM se-Dunia ke-69 yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo di Hotel Sunan Solo, Ahad (10/12).

Usai menerima penghargaan, Tengku Erry mengatakan, Pemprov Sumut terus berupaya mendukung komitmen pemerintah mengawasi dan memajukan HAM khususnya di Provinsi Sumut.

“Diharapkan ke depan seluruh kabupaten/kota di seluruh Sumatera Utara ikut mendukung dan segera menjalankan RANHAM (Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia) yang telah diamanatkan dalam konstitusi,” sebut Erry.

Selain Pemprov Sumut, penghargaan serupa juga diraih Pemkab Karo dan Padang Lawas. Khusus Kota Gunung Sitoli berhasil meraih piala dan piagam penghargaan sebagai Kota Peduli HAM.

Presiden Jokowi mengatakan, para pembuat kebijakan, para politisi, para birokrat, para pemimpin sosial, dan para pengusaha  harus bisa melihat keadaan dari pandangan dan sisi kepentingan masyarakat bawah. Maka dari itu, penerapan prinsip-prinsip HAM dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus-menerus ditingkatkan.

“Selain hak-hak sipil dan hak-hak politik, kita juga harus menjamin hak-hak sosial, hak-hak ekonomi, dan kultural yang akan mempengaruhi hak politik warga negara,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan kebijakan yang baik bukan tentang seberapa banyak yang sudah dilakukan pemerintah, tetapi seberapa banyak manfaat yang dirasakan masyarakat. Prinsip ini menjadi alasan Jokowi selalu blusukan guna menyerap aspirasi.

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly mengatakan pemerintah daerah agar segera menjalankan RANHAM guna mendukung komitmen pemerintah dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM.

Berdasarkan catatan pada 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini telah mencapai 52.26 persen. Pada akhir tahun ini, Pemerintah Daerah diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan Aksi HAM Daerah hingga mencapai 100 persen.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...