Wednesday, 18 July 2018 | 12.09 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM

Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM

Reporter : Nur Fatimah | Monday, 11 December 2017 - 17:03 WIB

IMG-7749

Sibolangit, kini.co.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor yang menyokong pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Namun seringkali pelaku UMKM terbentur dengan persoalan modal sehingga akhirnya tidak melanjutkan usahanya.

Parahnya, kadang pelaku UMKM tidak mengetahui ada banyak bantuan baik dari bank maupun pemerintah untuk membantu pelaku usaha kecil seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Ketika sulit mendapatkan KUR, pelaku usaha bisa mengajukan permohonan ke pembiayaan UMi.

Di pembiayaan UMi, pelaku usaha bisa mendapatkan dana maksimal Rp10 juta dengan syarat yang lebih ringan karena bisa tanpa agunan.

Mercy Monika R Sitompul, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Sumut mengatakan sasaran nasabah UMi adalah UMKM yang belum mendapatkan KUR.

Adapun kriteria usaha yang menerima pembiayaan UMi antara lain tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan dan/atau koperasi. Dimiliki oleh WNI yang dibuktikan dengan NIK elektronik. Memiliki izin usaha/keterangan usaha dari instansi pemerintah, atau surat pernyataan usaha dari penyalur.

Kemudian, kata Monika, istimewanya UMi adalah dapat dinerikan kepada perorangan dan/badan usaha.

Untuk perseorangan dapat menjaminkan surat kendaraan bermotor sebagai jaminan.

Sementara untuk kelompok harus ada pendampingan kelompok, dan siap menerapkan mekanisme tanggung renteng. Kemudian tidak diperkenankan meminta agunan tambahan.

“Untuk produk UMi ada 3 pilihan yakni Kreasi UMi (pegadaian), Mekaar (PNM) dan koperasi (BAV),” jelasnya pada Media Gathering OJK KR 5 Sumbagut di Sibolangit, Senin (11/12/2017).

Untuk produk Kreasi UMi pengajuan kredit akan sangat cepat, jangka waktu pinjaman fleksibel, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Dan menerima agunan jaminan BPKB.

“Jadi misalnya si A punya utang, dan dia bekerja sebagai driver online untuk melunasi utang-utangnya. Dia bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp10 juta dengan menjaminkan BPKB,” jelas Monika.

Sementara untuk yang tidak pakai agunan bisa mencoba produk BAV atau koperasi seperti Komida, AKR, Sidogiri, BMT BUS dan lainnya. Pembiayaan jenis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas hidup nasabah.

Sementara untuk pemula usaha, ada produk Mekaar (PNM). Pembiayaan ini mengadopsi grameen bank. Nasabah juga bisa wanita prasejahtera berkelompok dengan pendamping atau pembinaan membuka usaha. Syarat berikutnya asalab disiplin hadir dalam setiap pertemuan dengan kelompok dan mengangsur pinjaman.

Untuk diketahui tahun ini pemerintah menggelontorkan Rp1,5 triliun untuk UMi dari APBN dan akan meningkat menjadi Rp4 triliun untuk tahun depan.

Sehingga masyarakat diharapkan memanfaatkan program tersebut dengan baik.

Sebelumnya, acara Media Gathering OJK KR 5 Sumbagut tersebut dihadiri 30 media se-Kota Medan.

Kepala OJK KR 5 Lukdir Gultom berharap dengan adanya media garthering ini masyarakat bisa memperoleh informasi keuangan lewat media.

“Kita berharap tetap bersinergi dengan lebih baik dengan awak media untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Sumut dan memajukan Sumut,” ujarnya ketika membuka acara tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...