Senin, 22 Oktober 2018 | 04.53 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM

Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 11 Desember 2017 - 17:03 WIB

IMG-7749

Sibolangit, kini.co.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor yang menyokong pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Namun seringkali pelaku UMKM terbentur dengan persoalan modal sehingga akhirnya tidak melanjutkan usahanya.

Parahnya, kadang pelaku UMKM tidak mengetahui ada banyak bantuan baik dari bank maupun pemerintah untuk membantu pelaku usaha kecil seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Ketika sulit mendapatkan KUR, pelaku usaha bisa mengajukan permohonan ke pembiayaan UMi.

Di pembiayaan UMi, pelaku usaha bisa mendapatkan dana maksimal Rp10 juta dengan syarat yang lebih ringan karena bisa tanpa agunan.

Mercy Monika R Sitompul, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Sumut mengatakan sasaran nasabah UMi adalah UMKM yang belum mendapatkan KUR.

Adapun kriteria usaha yang menerima pembiayaan UMi antara lain tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan dan/atau koperasi. Dimiliki oleh WNI yang dibuktikan dengan NIK elektronik. Memiliki izin usaha/keterangan usaha dari instansi pemerintah, atau surat pernyataan usaha dari penyalur.

Kemudian, kata Monika, istimewanya UMi adalah dapat dinerikan kepada perorangan dan/badan usaha.

Untuk perseorangan dapat menjaminkan surat kendaraan bermotor sebagai jaminan.

Sementara untuk kelompok harus ada pendampingan kelompok, dan siap menerapkan mekanisme tanggung renteng. Kemudian tidak diperkenankan meminta agunan tambahan.

“Untuk produk UMi ada 3 pilihan yakni Kreasi UMi (pegadaian), Mekaar (PNM) dan koperasi (BAV),” jelasnya pada Media Gathering OJK KR 5 Sumbagut di Sibolangit, Senin (11/12/2017).

Untuk produk Kreasi UMi pengajuan kredit akan sangat cepat, jangka waktu pinjaman fleksibel, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Dan menerima agunan jaminan BPKB.

“Jadi misalnya si A punya utang, dan dia bekerja sebagai driver online untuk melunasi utang-utangnya. Dia bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp10 juta dengan menjaminkan BPKB,” jelas Monika.

Sementara untuk yang tidak pakai agunan bisa mencoba produk BAV atau koperasi seperti Komida, AKR, Sidogiri, BMT BUS dan lainnya. Pembiayaan jenis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas hidup nasabah.

Sementara untuk pemula usaha, ada produk Mekaar (PNM). Pembiayaan ini mengadopsi grameen bank. Nasabah juga bisa wanita prasejahtera berkelompok dengan pendamping atau pembinaan membuka usaha. Syarat berikutnya asalab disiplin hadir dalam setiap pertemuan dengan kelompok dan mengangsur pinjaman.

Untuk diketahui tahun ini pemerintah menggelontorkan Rp1,5 triliun untuk UMi dari APBN dan akan meningkat menjadi Rp4 triliun untuk tahun depan.

Sehingga masyarakat diharapkan memanfaatkan program tersebut dengan baik.

Sebelumnya, acara Media Gathering OJK KR 5 Sumbagut tersebut dihadiri 30 media se-Kota Medan.

Kepala OJK KR 5 Lukdir Gultom berharap dengan adanya media garthering ini masyarakat bisa memperoleh informasi keuangan lewat media.

“Kita berharap tetap bersinergi dengan lebih baik dengan awak media untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Sumut dan memajukan Sumut,” ujarnya ketika membuka acara tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...