Selasa, 23 Oktober 2018 | 04.01 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan

Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan

Reporter : Yudi | Minggu, 10 Desember 2017 - 20:26 WIB

IMG-7730

Pengunjung di Festival durian Sinapeul, Desa Lengkong Kulon, Sindangwangi, Majalengka, Sabtu (9/12). KiniNews/Trias Agustian.

Majalengka , kini.co.id – Banyaknya keluhan masyarakat terkait kekecewaannya saat mengunjungi Festival Durian Sindangwangi 2017 di Pasar Ikan, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bakal berbuntut panjang.

Pasalnya salah satu lembaga konsumen di Kota Angin, yakni Yayasan Lembaga Bantuan Konsumen (YLBK) Majalengka bakal memperkarakan pihak panitia.

Ketua YLBK Majalengka, Dede Aryana Syukur mengatakan pihaknya banyak mendapatkan laporan dari masyarakat terkait keluhan dalam festival durian tersebut.

Masyarakat atau pengunjung kata Dede, sudah membeli tiket tapi tidak mendapatkan apa yang menjadi haknya seperti yang dijanjikan panitia.

“Panitia festival durian bisa dikenai UU No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dalam Pasal 9 ayat (1) UUPK bahwa pelaku usaha dilarang menawarkan, memproduksikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar. Pihak panitia festival durian sama saja dalam hal ini dia sebagai pelaku usaha. Karena ada sisi mengambil keuntungan,” kata Dede dalam keterangannya di Majalengka, Ahad (10/12).

Menurut Dede, pihaknya akan memanggil pihak panitia untuk meminta penjelasan terkait keluhan pengunjung tersebut.

Panitia juga kata alumnus fakultas hukum Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung ini wajib memberikan ganti rugi atau kompensasi atas kecewaan dari pengunjung yang tidak mendapatkan haknya.

“Dalam Pasal 4 huruf h UUPK disebutkan konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaima mestinya,” tambah dia.

Masih kata Dede, sudah menjadi kewajiban pelaku usaha (pihak panitia) untuk memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian sesuai dengan Pasal 7 huruf g UUPK.

Seperti diberitakan sebelumnya ratusan pengunjung Festival durian Sinapeul, yang berlangsung di Pasar Ikan Lengkong Kulon, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, merasa kecewa lantaran tiket seharga Rp50 ribu yang dibelinya tidak bisa diganti dengan durian.

Padahal panitia penyelenggara sebelumnya mengumumkan jika pengunjung tak kebagian tempat duduk untuk makan durian maka pengunjung bisa menukarnya dengan satu buah durian.

Tapi kenyataan justru sebaliknya, jumlah stok durian yang disiapkan panitia nampaknya tidak seimbang dengan antusiasnya pengunjung.

Tika, pengunjung asal Ciamis mengaku menyesal datang ke Majalengka karena tiket yang dia beli tidak sebanding dengan jumlah durian yang ada di festival.

“Ini padahal acaranya didukung Kementerian Pariwisata. Kita datang jauh-jauh, udah macet-macetan, pas datang ke sini eh duriannya tidak ada sama sekali. Dan ini jelas sangat-sangat kecewa,” ungkapnya kepada sejumlah awak media di lokasi festival, Sabtu (9/12).[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:40 WIB

Hal-hal yang Paling Dirindukan Alumni Pesantren Ketika Tak Lagi Mondok

Menjadi santri di pondok pesantren merupakan kebanggaan tersendiri bagi alumni-alumni ponpes yang tersebar di seluruh Sumatera Utara.Bagaimana tidak, meski belajar ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.Yang dulunya samasekali 'emang gua pikirin', kini banyak anak ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:57 WIB

Hari Santri, RMI NU Sumut: Segera Sahkan UU Pondok Pesantren

Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional 2018 pada hari ini Senin (22/10/2018).Hari Santri Nasional sendiri, disahkan oleh Presiden RI, ...
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...