Wednesday, 18 July 2018 | 12.05 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

Reporter : Yudi | Sunday, 10 December 2017 - 19:27 WIB

IMG-7726

tumpukan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) limbah medis di tempat pembuangan sementara (TPS) Panguragan Wetan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.Antara

Cirebon , kini.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel tempat pembuangan sementara (TPS) yang berisikan limbah medis di Cirebon, Jawa Barat. 

“Saat ini pengamanan lokasi karena kita juga baru mendapatkan laporan dari masyarakat,” kata Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum KLHK Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Beny Bastiawan, di Cirebon, Ahad (10/12).

Saat ini, menurut dia, tim yang pertama berupaya mengamankan lokasi adanya limbah medis yang dibuang sembarangan di TPS liar di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Petugas sudah memberikan garis kuning dan papan pemberitahuan agar masyarakat sekitar tidak melakukan aktivitas di sekitar TKP. 

“Tim awal melakukan pengamanan TKP, dan nanti juga akan datang tim penyidik yang melakukan olah TKP di sini,” tuturnya. 

Bastiawan mengatakan limbah medis tidak diperkenankan dibuang sembarangan karena melanggar Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 pasal 104.

Pasal tersebut mencatat: “etiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan penjara paling lama 3 (tiga) tahun, dan denda paling banyak Rp 3 (tiga) miliar”.

“Kalau terbukti akan kita tutup usahanya. Kita juga akan telusuri dari mana limbah itu karena dipastikan limbah itu tidak bisa dijaul belikan apa pun alasannya,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Saat dilakukan penyegelan atau pengamanan TKP, Kepolisian Resor (Polres) Cirebon memberikan pengamanan kepada tim dari KLHK guna menjaga berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. 

“Dalam penyegelan ini kami terjunkan sebanyak 180 personel dari kepolisian selain itu juga ada dari anggota TNI, serta Satpol PP,” ungkap Kapolres Cirebon Risto Samodra.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar mengaku dirinya sudah mengecek langsung lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) tersebut pada Sabtu (9/12) kemarin.

“Saya kemarin mendatangi limbah medis yang berserakan di tempat pembuangan sampah (TPS) sementara Desa Panguragan wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon,” kata Demiz dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya ratusan ton limbah medis tersebut antara lain berupa jarum suntik, tabung suntik, vaksin, plastik bekas jarum infus, tali jarum infus dan tabung sampel darah.

Demiz juga menegaskan hal itu sudah jelas melanggar ketentuan aturan Undang-Undang, khususnya tentang lingkungan.

Demiz berharap Pemkab Cirebon dan aparat keamaan setempat harus berupaya menertibkan terkait berserakannya limbah-limbah medis menumpuk yang tidak sedikit (yang artinya sudah berkali-kali dilakukan), yang sekaligus menunjukkan akan lemahnya pengawasan.

“Penindakan tegas juga harus dilakukan. JIka sudah melanggar aturan, oknum yang melakukannya harus ditindak tegas dan ditahan,” tandasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...