Minggu, 20 Januari 2019 | 18.23 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

Reporter : Yudi | Minggu, 10 Desember 2017 - 19:27 WIB

IMG-7726

tumpukan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) limbah medis di tempat pembuangan sementara (TPS) Panguragan Wetan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.Antara

Cirebon , kini.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel tempat pembuangan sementara (TPS) yang berisikan limbah medis di Cirebon, Jawa Barat. 

“Saat ini pengamanan lokasi karena kita juga baru mendapatkan laporan dari masyarakat,” kata Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum KLHK Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Beny Bastiawan, di Cirebon, Ahad (10/12).

Saat ini, menurut dia, tim yang pertama berupaya mengamankan lokasi adanya limbah medis yang dibuang sembarangan di TPS liar di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Petugas sudah memberikan garis kuning dan papan pemberitahuan agar masyarakat sekitar tidak melakukan aktivitas di sekitar TKP. 

“Tim awal melakukan pengamanan TKP, dan nanti juga akan datang tim penyidik yang melakukan olah TKP di sini,” tuturnya. 

Bastiawan mengatakan limbah medis tidak diperkenankan dibuang sembarangan karena melanggar Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 pasal 104.

Pasal tersebut mencatat: “etiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan penjara paling lama 3 (tiga) tahun, dan denda paling banyak Rp 3 (tiga) miliar”.

“Kalau terbukti akan kita tutup usahanya. Kita juga akan telusuri dari mana limbah itu karena dipastikan limbah itu tidak bisa dijaul belikan apa pun alasannya,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Saat dilakukan penyegelan atau pengamanan TKP, Kepolisian Resor (Polres) Cirebon memberikan pengamanan kepada tim dari KLHK guna menjaga berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. 

“Dalam penyegelan ini kami terjunkan sebanyak 180 personel dari kepolisian selain itu juga ada dari anggota TNI, serta Satpol PP,” ungkap Kapolres Cirebon Risto Samodra.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar mengaku dirinya sudah mengecek langsung lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) tersebut pada Sabtu (9/12) kemarin.

“Saya kemarin mendatangi limbah medis yang berserakan di tempat pembuangan sampah (TPS) sementara Desa Panguragan wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon,” kata Demiz dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya ratusan ton limbah medis tersebut antara lain berupa jarum suntik, tabung suntik, vaksin, plastik bekas jarum infus, tali jarum infus dan tabung sampel darah.

Demiz juga menegaskan hal itu sudah jelas melanggar ketentuan aturan Undang-Undang, khususnya tentang lingkungan.

Demiz berharap Pemkab Cirebon dan aparat keamaan setempat harus berupaya menertibkan terkait berserakannya limbah-limbah medis menumpuk yang tidak sedikit (yang artinya sudah berkali-kali dilakukan), yang sekaligus menunjukkan akan lemahnya pengawasan.

“Penindakan tegas juga harus dilakukan. JIka sudah melanggar aturan, oknum yang melakukannya harus ditindak tegas dan ditahan,” tandasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...