Senin, 22 Oktober 2018 | 04.18 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Inisiasi dialog, tokoh lintas agama apresiasi Kapolda Sumut

Inisiasi dialog, tokoh lintas agama apresiasi Kapolda Sumut

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 7 Desember 2017 - 18:41 WIB

IMG-7687

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw. KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Perwakilan tokoh lintas agama di Sumatera Utara memberikan apresiasinya kepada Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw atas inisiasinya yang menggas pertemuan dialog antar umat beragama di Gedung MICC Jalan Gagak Hitam/ Ringroad, Medan, Kamis (7/12).

“Perwakilan dari tiap tiap tokoh Agama mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terlaksananya acara tersebut. Selain itu, ucapan terimakasih diberikan kepada Polda Sumatera Utara karena telah mendukung dan mengamankan acara ini,” ungkap Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar Rina Sari Ginting.

Mereka berharap, kata Rina agar acara seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya guna menjalin silaturahmi dengan seluruh umat beragama sehingga hubungan dapat terjalin semakin kuat.

Sementara itu dalam dialog lintas agama tersebut dihadiri Inspektur Jenderal Arkian Lubis yang mewakili Kapolri, Gubsu Tengku Ery Nuradi, Kapolda Sumut dan Wakilnya, Wali Kota Medan, para Bupati/Walikota, Kapolrestabes Medan, Para Kapolres sejajaran Polda Sumut, FKUB Sumut dan Kab/kota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua Walubi, Ketua PGI, Eporus HKBP, Pimp. PTPN 3. Ketua MUI, Ketua Walubi, Ketua PHDI dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur Jenderal Arkian mengatakan, Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, adat dan budaya. Ia mengatakan, Indonesia bersatu karena semangat Sumpah Pemuda.

“Indonesia masih bersatu karena semangat Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan 1945,” ujarnya.

Arkian menjelaskan, setiap kelompok memiliki potensi konflik. Untuk menghindari potensi konflik itu, menurutnya harus memperkecil perbedaan kepentingan.

Selain itu, ia juga mengajak secara bersama-sama untuk mencegah radikalisme dan terorisme. Jenderal bintang dua itu menyebut, gerakan ISIS menyebarkan ancaman terorisme di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“ISIS berniat membangun basis perjuangan di Filipina yang dapat berakibat terhadap keamanan dalam negeri. Kita harus mencegah radikalisme dan terorisme,” jelasnya.

Polri berperan untuk memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, memberikan pertolongan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dalam kesempatan ini menyinggung permasalahan narkoba. Dia secara tegas mengatakan perang terhadap narkoba.

“Ada keprihatinan, pejabat kapolsek di Nias kemarin kita tangkap (diduga terlibat peredaran narkoba). Ini masih dalam proses. Dia salah gaul. Dia berkomunikasi dengan bandar. Prinsipnya, kita tegas terhadap jaringan narkoba, kita tak beri toleransi, hentikan ditempat, mereka tak bermanfaat,” ucap Kapolda. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...