Wednesday, 22 August 2018 | 02.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Segini Nilai Investasi di Kota Bekasi Per Enam Bulan

Segini Nilai Investasi di Kota Bekasi Per Enam Bulan

Reporter : Ardiansyah | Wednesday, 6 December 2017 - 19:35 WIB

IMG-7639

Ilustrasi investasi

Bekasi, kini.co.id – Pemerintah Kota Bekasi memprediksi jika nilai investasi yang tertanam di daerahnya hingga akhir Desember 2017 lebih dari angka Rp8 triliun.

Soalnya, dalam catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPST) Kota Bekasi, per enam bulan tahun 2017 ini sudah mencapai Rp7,8 triliun.

Nilai ini terdiri dari pembangunan sejumlah properti, perusahaan barang dan jasa, serta retail dari pihak swasta.

“Sementara angka sampai bulan ini masih kita hitung nilai investasi yang sudah terealisasi,” kata Sekretaris DPMPST Kota Bekasi, Lintong Diatro Putra, Rabu (6/12).

Lintong mengatakan, pemerintah daerah menargetkan nilai investasi yang tertanam selama dua tahun dari 2017 dan 2018 mencapai Rp 10 triliun. Sementara untuk tahun 2016, Kota Bekasi fokus pada pembenahan infrastruktur guna mendorong nilai investasi itu.

“Tahun investasi dimulai dari 2017 sampai 2018. Kami yakin target Rp 10 triliun tercapai,” ujar Lintong.

Menurut dia, pengusaha yang menanamkan modalnya di Kota Bekasi berasal dari industri besar, industri menengah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Investasi yang masuk tidak hanya dari pengusaha yang berdomisili di Indonesia, namun juga luar negeri.

“Untuk perbandingan investasi yang masuk sekitar 60 persen pengusaha nasional dan 40 persen pengusaha asing,” jelas dia.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menambahkan, pertumbuhan investasi di wilayahnya berkorelasi positif pada pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi yang saat ini menduduki peringkat kedua tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

“Kita meraih terbaik kedua dalam IPM di Jabar di atas angka 79,” kata Rahmat.

Dia menambahkan, penataan infrastruktur seperti pembangunan jalan baru yang dilakukan pada 2016 diyakini bisa mendongkrak investasi di wilayah setempat.

Tak hanya itu, dengan adanya sejumlah pembangunan berskala nasional seperti Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Light Rail Transit (LRT), Jakarta-Cikampek Elevated, Double-Double Track (DDT) dan sebagainya bisa memberikan dampak positif terhadap nilai investasi.

Karena itu, Rahmat meminta kepada para pengusaha agar tidak perlu mengkhawatirkan soal aksesibilitas, karena di Kota Bekasi sudah hampir seluruhnya tersedia.

“Bukan sarana transportasi, tapi kita harus memberi kepastian jaminan hukum sehingga memberi kenyamanan investor untuk menanamkan modalnya di Kota Bekasi,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...