Jumat, 19 Oktober 2018 | 11.13 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Segini Nilai Investasi di Kota Bekasi Per Enam Bulan

Segini Nilai Investasi di Kota Bekasi Per Enam Bulan

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 6 Desember 2017 - 19:35 WIB

IMG-7639

Ilustrasi investasi

Bekasi, kini.co.id – Pemerintah Kota Bekasi memprediksi jika nilai investasi yang tertanam di daerahnya hingga akhir Desember 2017 lebih dari angka Rp8 triliun.

Soalnya, dalam catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPST) Kota Bekasi, per enam bulan tahun 2017 ini sudah mencapai Rp7,8 triliun.

Nilai ini terdiri dari pembangunan sejumlah properti, perusahaan barang dan jasa, serta retail dari pihak swasta.

“Sementara angka sampai bulan ini masih kita hitung nilai investasi yang sudah terealisasi,” kata Sekretaris DPMPST Kota Bekasi, Lintong Diatro Putra, Rabu (6/12).

Lintong mengatakan, pemerintah daerah menargetkan nilai investasi yang tertanam selama dua tahun dari 2017 dan 2018 mencapai Rp 10 triliun. Sementara untuk tahun 2016, Kota Bekasi fokus pada pembenahan infrastruktur guna mendorong nilai investasi itu.

“Tahun investasi dimulai dari 2017 sampai 2018. Kami yakin target Rp 10 triliun tercapai,” ujar Lintong.

Menurut dia, pengusaha yang menanamkan modalnya di Kota Bekasi berasal dari industri besar, industri menengah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Investasi yang masuk tidak hanya dari pengusaha yang berdomisili di Indonesia, namun juga luar negeri.

“Untuk perbandingan investasi yang masuk sekitar 60 persen pengusaha nasional dan 40 persen pengusaha asing,” jelas dia.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menambahkan, pertumbuhan investasi di wilayahnya berkorelasi positif pada pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi yang saat ini menduduki peringkat kedua tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

“Kita meraih terbaik kedua dalam IPM di Jabar di atas angka 79,” kata Rahmat.

Dia menambahkan, penataan infrastruktur seperti pembangunan jalan baru yang dilakukan pada 2016 diyakini bisa mendongkrak investasi di wilayah setempat.

Tak hanya itu, dengan adanya sejumlah pembangunan berskala nasional seperti Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Light Rail Transit (LRT), Jakarta-Cikampek Elevated, Double-Double Track (DDT) dan sebagainya bisa memberikan dampak positif terhadap nilai investasi.

Karena itu, Rahmat meminta kepada para pengusaha agar tidak perlu mengkhawatirkan soal aksesibilitas, karena di Kota Bekasi sudah hampir seluruhnya tersedia.

“Bukan sarana transportasi, tapi kita harus memberi kepastian jaminan hukum sehingga memberi kenyamanan investor untuk menanamkan modalnya di Kota Bekasi,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...
Sulawesi - Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:16 WIB

Berbahaya, Praktik Pemasangan Behel Tak Profesional Akan Ditertibkan

Memakai kawat gigi atau behel pada awalnya terkait masalah kesehatan gigi. Namun lama-kelamaan tren memakai kawat gigi digandrungi remaja baik ...
Aceh - Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:39 WIB

Hujan Sepekan, Puluhan Rumah di Aceh Barat Terendam Banjir

Akibat curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir, puluhan rumah di Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi ...