Minggu, 20 Januari 2019 | 18.03 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Banjir Kota Medan telan dua korban nyawa

Banjir Kota Medan telan dua korban nyawa

Reporter : Fauzan | Minggu, 3 Desember 2017 - 16:12 WIB

IMG-7605

Petugas BPBD Kota Medan melakukan evakuasi anak-anak yang rumah orangtuanya terendam banjir, Ahad (3/12). KiniNews/Pusdalops BPBD Kota Medan.

Medan , kini.co.id – Banjir yang melanda pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Medan merenggut dua korban nyawa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jumlah korban tewas akibat banjir itu adalah dua orang bocah, yakni Mohammad Noval (5) dan Muhammad Ikhsan (7).

Kedua bocah itu tewas akibat terseret arus akibat banjir besar yang terjadi pada Sabtu (2/12) kemarin.

Manajer Pusdalops BPBD Kota Medan, M Yunus, mengatakan, Noval ditemukan timnya bersama warga di Gang Merdeka, Kelurahan Sei Mati, pada Ahad (3/12) pukul 09.30 Wib.

Bocah itu sempat dilaporkan hilang setelah ditinggal orang tuanya tanpa pengawasan.

“Menurut keterangan warga setempat, pada pukul 07.00 Wib korban diketahui menunggu orangtuanya yang pergi melihat situasi rumah mereka yang kebanjiran,” ujarnya.

Sekembali dari rumah mereka yang masih berada di lingkungan itu, orang tua Noval, pasangan Irwanto dan Khadijah, tidakl menemukan anaknya di tempat dia ditinggalkan.

“Orangtua korban dibantu TRC BPBD Kota Medan bersama warga mencari keberadaan bocah itu. Korban ditemukan di Gang Merdeka, tidak jauh dari lokasinya menunggu. Dia langsung dibawa ke RS Teratai, Kampung Baru, namun nyawanya tidak dapat tertolong. Korban disemayamkan di rumah neneknya di Jalan Seksama, Medan,” jelas Yunus.

Korban tewas di lokasi yang sama ternyata bertambah. Sekitar pukul 12.45 Wib, kembali ditemukan anak laki-laki yang tenggelam. Korban bernama M Ikhsan (7).

Menurut keterangan warga, Ikhsan terlihat bermain air atau mandi bersama beberapa temannya sekitar lokasi rumahnya yang terkena banjir, sekitar pukul 09.00 Wib.

Sekitar pukul 12.00 Wib, orang tuanya, Akhmad Sani dan Erni Batubara, mencari bocah itu. Mereka dibantu warga dan TRC BPBD Kota Medan.

“Korban ditemukan di Gang merdeka atau jalan menurun, lebih kurang 20 meter dari rumahnya. Korban sudah dalam kondisi kaku dan langsung dibawa ke RS Teratai, namun nyawanya juga tidak dapat tertolong,” jelas Yunus.

Kawasan tempat tinggal kedua korban merupakan salah satu lokasi langganan banjir di Kota Medan. Selain di sana, sejumlah kawasan rendah di tepi aliran sungai di Medan dilanda banjir sejak subuh.

Di Kelurahan Sei Mati, air menggenangi rumah warga di Lingkungan II dan IV dengan ketinggian 25 cm hingga 50 cm.

Jumlah keluarga yang terdampak sekitar 717 KK. Sementara di lingkungan II dan IV Kelurahan Aur rumah warga sudah direndam air antara 25 Cm hingga 40 Cm. Jumlah keluarga yang terdampak di Kelurahan ini sekitara 278 KK.

Banjir juga melanda kawasan Jalan Luku Gang Bersama Lingkungan III, Kel. Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor.

Air dari luapan Sungai Babura merendam rumah warga dengan ketinggian 30 Cm hingga 40 Cm. Jumlah keluarga yang terdampak sekitar 145 KK.

Sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing, dan sebagian lainnya mengungsi di Masjid Al Mutaqqin.

Saat ini, hujan masih melanda Kota Medan. Warga diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...