Selasa, 23 Oktober 2018 | 21.49 WIB
KiniNEWS>Regional>Bali>PVBMG perkirakan sepertiga kwah Gunung Agung terisi lava

PVBMG perkirakan sepertiga kwah Gunung Agung terisi lava

Jumat, 1 Desember 2017 - 13:16 WIB

IMG-7584

Asap dan abu vulkanis menyembur dari kawah Gunung Agung, terlihat dari Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Rabu (29/11).Antara /Nyoman Budhiana.

Karangasem, kini.co.id – Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperkirakan sepertiga kawah Gunung Agung dengan luas diameter 900 meter dan kedalaman 200 meter sudah terisi material lava vulkanik.

“Ini kami hitung berdasarkan hasil pemantauan citra satelit Himawari data perekaman seismik, deformasi dan geokimia,” kata Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika, di Posko Pemantauan Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Jumat (1/12).

Ia menerangkan, terisinya lava di lantai kawah Gunung Agung karena adanya dorongan magma yang terus keluar, sehingga sering terlihat cahaya merah (glow) yang terpancar dari asap yang keluar dari gunung setinggi 3.142 mdpl. “Ini juga mengindikasikan magma di kawah masih sangat panas,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih merekam aktivitas gempa vulkanik yang mengindikasikan laju lava yang rata-rata pergerakannya masih stabil. “Saat ini kondisi gunung masih dalam fase kritis,” ujar Suantika.

Meskipun kondisi asap vulkanik Gunung Agung sudah sedikit berkurang dengan ketinggian 1.500-2.000 meter dari puncak kawah, namun potensi erupsi masih tetap ada.

“Gunung Agung masih dalam status awas (level IV), sehingga tidak boleh ada aktivitas apapun diradius delapan kilometer (km) dengan perluasan sektoral sepuluh kilometer di sisi arah utara, timur laut dan tenggara, selatan, barat daya,” katanya.

Dengan adanya lava di kawah , pihaknya akan terus memantau perkembangan dengan data-data yang lebih akurat, sehingga Gunung Agung dapat dikatakan sudah pulih sepenuhnya.

“Walaupun sekarang relatif menurun, kita tidak bisa menilai gunung Agung sudah mereda sepenuhnya,” tegas Suantika dilansir Antara.

Dari pantauan, hingga saat ini cuaca di Pos Pantau Gunung Api Agung, Desa Rendang tampak cerah. Namun, Gunung Agung sudha mulai ditutupi awan putih, sehingga tidak terlalu terlihat jelas..

Pada pagi hari, sempat terlihat asap berwanah putih kelabu keluar dari kawah Gunung Agung dengan arah tenggara.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:40 WIB

Hal-hal yang Paling Dirindukan Alumni Pesantren Ketika Tak Lagi Mondok

Menjadi santri di pondok pesantren merupakan kebanggaan tersendiri bagi alumni-alumni ponpes yang tersebar di seluruh Sumatera Utara.Bagaimana tidak, meski belajar ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.Yang dulunya samasekali 'emang gua pikirin', kini banyak anak ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:57 WIB

Hari Santri, RMI NU Sumut: Segera Sahkan UU Pondok Pesantren

Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional 2018 pada hari ini Senin (22/10/2018).Hari Santri Nasional sendiri, disahkan oleh Presiden RI, ...
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...