Selasa, 23 Oktober 2018 | 01.57 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>KUA-PPAS diteken, APBD Labura 2018 defisit Rp34,59 miliar

KUA-PPAS diteken, APBD Labura 2018 defisit Rp34,59 miliar

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 30 November 2017 - 18:39 WIB

IMG-7582

Rapat paripurna DPRD Labura menyepakati MoU pengajuan KU-KPPS RAPBD 2018, Rabu (29/11). KiniNews/Armand.

Labura, kini.co.id – DPRD dan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menyepakati MoU atau nota kesepahaman Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) RAPBD 2018.

Dalam anggaran tersebut ternyata defisit mencapai angka Rp34,59 miliar, karena terdapat ketimpangan antara belanja dan pendapatan.

Ketua DPRD Labura Ali Tambunan mengatakan, postur dalam KUA-KPPS tahun 2018 total belanja sebesar Rp871,62 miliar dan pendapatan sebesar Rp837,03 miliar.

Dengan rincian belanja yakni belanja tidak langsung sebesar Rp549,19 dan belanja langsung sebesar Rp322,43 miliar.

Sedangkan pendapatan diproyeksikan bersumber dari PAD sebesar Rp51,06 miliar, dana perimbangan sebesar Rp697,77 miliar dan pendapatan lain-lain sebesar Rp88,18 miliar.

“Untuk menutupi defisit tersbeut, direncanakan dialokasikan dari rencana penerimaan pembiayaan sebesar Rp36,59 miliar yang juga dialokasikan untuk pengeluaran pembiayaan sebesar Rp2 miliar,” ungkapnya dalam rapat paripurna di Labura, Rabu (29/11).

Ali menjelaskan setelah MoU ini pihaknya akan kembali melakukan pembahasan APBD 2018 dalam rapat Banggar dengan TAPD.

Dalam rapat tersebut nantinya Banggar juga akan meminta bantuan dari komisi-komisi untuk menghitung kembali belanja-belanja yang ada di OPD dilingkungan Pemkab Labura.

“Pentingnya pembahasan itu untuk mengetahui penjelasan penyusunan KUA telah memuat kondisi ekonomi makro daerah, kebijakan belanja, pembiayaan pendapatan dan strategi pencapaian,” ungkapnya.

Selain itu kata Ali, skala prioritas pembangunan juga diharapkan dapat diarahkan ke bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kerakyatan pertanian, aparatur pemerintah desa dan pembangunan desa tidak mengabaikan bidang lainnya.

Sementara Bupati Labura Kharuddin Syah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Dwi Prantara mengapresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD terkhusus badan anggaran bekerja penuh tanggung jawab dan berdedikasi membahas sasaran.     

“KUA dan PPAS tahun 2018 baru ditandatangani bersama pimpinan DPRD ini merupakan hasil pembahasan cukup alot antara Banggar DPRD dan TAPD. Pembahasan telah menyita perhatian, waktu, tenaga dan emosi menghasilkan buah pikiran positif,” ungkapnya.     

Bupati juga berharap anggaran tahun 2018 mendatang melanjutkan pemerataan pembangunan infrastruktur, kualitas pendidikan serta pelayanan kesehatan.

Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan pelayanan prima dalam menumbuhkan kembangkan inovasi dan kreativitas potensi unggulan daerah menuju pertumbuhan ekonomi.    

“Kebutuhan pendanaan melaksanakan pembangunan maka akan terus mengoptimalkan potensi pendapatan daerah sesuai kondisi masyarakat Labura. Kami akan menindak lanjuti dengan penyampaian rancangan peraturan daerah tentang APBD 2018 pada dewan terhormat agar mendapat persetujuan bersama,” tandasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:40 WIB

Hal-hal yang Paling Dirindukan Alumni Pesantren Ketika Tak Lagi Mondok

Menjadi santri di pondok pesantren merupakan kebanggaan tersendiri bagi alumni-alumni ponpes yang tersebar di seluruh Sumatera Utara.Bagaimana tidak, meski belajar ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.Yang dulunya samasekali 'emang gua pikirin', kini banyak anak ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:57 WIB

Hari Santri, RMI NU Sumut: Segera Sahkan UU Pondok Pesantren

Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional 2018 pada hari ini Senin (22/10/2018).Hari Santri Nasional sendiri, disahkan oleh Presiden RI, ...
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...