Minggu, 20 Januari 2019 | 18.48 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemko Medan dideadline satu pekan selesaikan pembebasan lahan tol Medan- Binjai

Pemko Medan dideadline satu pekan selesaikan pembebasan lahan tol Medan- Binjai

Reporter : Fauzan | Senin, 27 November 2017 - 10:42 WIB

IMG-7546

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil (kedua kanan) bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Gusbu Tengku Erry Nuradi dan Kajati Sumut dalam rapat soal proyek nasional di Medan, Ahad (26/11). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Tol Medan – Binjai masih menyisakan persoalan pembebasan lahan yang belum dibebaskan, adapun lahan yang belum bebas itu antara lain di Desa Tanjung Mulia (sisa 3 bidang dan direncanakan konsinyasi).

Kemudian Desa Tanjung Mulia Hilir sisa 132 bidang, di mana 81 bidang sedang proses validasi, 11 bidang penyiapan berkas dan 40 bidang masih menolak.

Karena akses tol tersebut termasuk salah proyek strategis nasional, untuk itu Pemko Medan diminta segera menuntaskan persoalan pembebasan lahan tersebut dalam waktu satu pekan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil meminta Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyelesaikan segera menyelesaikan persoalan lahan ini.

“Wali Kota Medan sudah diminta menemui masyarakat di Tanjung Mulia, Medan yang berada pada seksi satu Tol Medan-Binjai yang masih bermasalah besok (hari ini),” ujar Sofyan Djalil di Medan, Ahad (26/11).

Wali Kota Medan juga diminta membicarakan atau menyampaikan keputusan pemerintah atas lahan masyarakat Tanjung Mulia.

Hasil rapat pemerintah, kata Sofyan, masyarakat akan memperoleh 70 persen dan pemilik sertifikat tanah 30 persen dari ganti rugi yang akan dibayarkan.

Sofyan juga enegaskan pada rapat percepatan pembangunan proyek strategis nasional seperti Jalan Tol Medan Binjai Seksi Satu Tanjung Mulia yang dihadiri berbagai menteri dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi disepakati kasus sengketa lahan Tanjung Mulia itu harus segera dituntaskan.

Dengan tuntasnya pembebasan lahan maka proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai itu segera selesai 100 persen.

“Setelah bertemu Senin (hari ini) , tanggal 4 Desember 2017 akan ada keputusan hukum dan siapa yang tidak setuju silahkan ke pengadilan. Negara tidak boleh disandera oleh alasan apapun,” tegasnya.

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan semua proyek strategis harus diselesaikan tepat waktu karena juga untuk kepentingan rakyat.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi menilai keputusan 70 persen untuk rakyat dan 30 persen bagi pemilik sertifikat sudah tepat.

Sebanyak 378 kepala keluarga yang mengakui pemilik dan ada lima lainnya juga menunjukkan sertifikat mengakibatkan lahan itu belum diganti rugi.

Berdasarkan ketentuan bahwa di atas tanah yang bersengketa, penyelesaiannya dengan cara konsinyasi. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...