Minggu, 20 Januari 2019 | 17.34 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Sekda Kota Bandung: Entrepreneur mampu gerakan ekonomi kerakyatan

Sekda Kota Bandung: Entrepreneur mampu gerakan ekonomi kerakyatan

Reporter : Yudi | Kamis, 23 November 2017 - 22:55 WIB

IMG-7496

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto membuka acara pelatihan wirausaha bagi jurnalis dan pemuda dalam membangun bangsa yang berlangsung di The New Naripan Hotel, Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (23/11). KiniNews/Humas Kota Bandung.

Bandung, kini.co.id – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto mengatakan entrepreneur atau wirausaha mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan di Kota Bandung.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wirausaha akan turut berdampak positif pada menurunnya angka pengangguran yang menurut Badan Pusat Statistika mencapai 117.532 orang.

Demikian hal itu disampaikannya selepas membuka acara pelatihan wirausaha bagi jurnalis dan pemuda dalam membangun bangsa yang berlangsung di The New Naripan Hotel, Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (23/11).

“Untuk mengatasi persoalan pengangguran, kami sedang menggulirkan banyak program. Strategi paling baik itu bukan memberikan ikan, melainkan kailnya,” ujarnya.

Program dimaksud, kata Yossi, di antaranya adalah pemberian modal dengan persyaratan yang relatif sangat mudah yakni Kredit Melati, Kredit Mesra, dan Kredit Bagja.

Pemberian pinjaman modal usaha tersebut diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk mau berwirausaha.

Dari sisi jurnalistik, lanjutnya, keilmuan ini dapat membentengi pemuda di Kota Bandung untuk tidak berbuat menyalahi aturan dengan menulis atau membagikan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Apalagi di era pesatnya perkembangan teknologi terutama media sosial.

“Pelatihan seperti ini akan memicu motivasi para pemuda Kota Bandung untuk meningkatkan kapasitas diri. Jika sudah menguasai keduanya saya yakin pemuda di Kota Bandung akan dapat berdaya saing,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Wartawan Bandung Juara, Asep Robin menyatakan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang mengakibatkan hampir semua ingin jadi jurnalis sesuai kehendaknya masing-masing.

Kata dia, hampir semua orang menyampaikan sesuatu sesuai kehendak masing-masing.

“Jurnalis dan pemuda kami sasar dalam upaya untuk mengasah skill membuat media sehingga dapat menghasilkan sesuatu, menjalani jurnalistik sebagaimana tugasnya hingga cakap menjalankan bisnis di sektor media,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua PWI kota Bandung, Hardiansyah menambahkan, pelatihan yang berlangsung dua hari ini dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Jurnalis, menurutnya, sudah sepatutnya sebagai bagian dari elemen masyarakat untuk mensupport program pembangunan daerah.

“Jika pemuda dan wartawan berdaya tentu Kota Bandung akan maju. Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output positif yang baru serta menjadikan pemuda dan jurnalis berprestasi dan berdaya saing,” tuturnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...