Jumat, 19 Oktober 2018 | 11.14 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Sekda Kota Bandung: Entrepreneur mampu gerakan ekonomi kerakyatan

Sekda Kota Bandung: Entrepreneur mampu gerakan ekonomi kerakyatan

Reporter : Yudi | Kamis, 23 November 2017 - 22:55 WIB

IMG-7496

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto membuka acara pelatihan wirausaha bagi jurnalis dan pemuda dalam membangun bangsa yang berlangsung di The New Naripan Hotel, Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (23/11). KiniNews/Humas Kota Bandung.

Bandung, kini.co.id – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto mengatakan entrepreneur atau wirausaha mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan di Kota Bandung.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wirausaha akan turut berdampak positif pada menurunnya angka pengangguran yang menurut Badan Pusat Statistika mencapai 117.532 orang.

Demikian hal itu disampaikannya selepas membuka acara pelatihan wirausaha bagi jurnalis dan pemuda dalam membangun bangsa yang berlangsung di The New Naripan Hotel, Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (23/11).

“Untuk mengatasi persoalan pengangguran, kami sedang menggulirkan banyak program. Strategi paling baik itu bukan memberikan ikan, melainkan kailnya,” ujarnya.

Program dimaksud, kata Yossi, di antaranya adalah pemberian modal dengan persyaratan yang relatif sangat mudah yakni Kredit Melati, Kredit Mesra, dan Kredit Bagja.

Pemberian pinjaman modal usaha tersebut diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk mau berwirausaha.

Dari sisi jurnalistik, lanjutnya, keilmuan ini dapat membentengi pemuda di Kota Bandung untuk tidak berbuat menyalahi aturan dengan menulis atau membagikan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Apalagi di era pesatnya perkembangan teknologi terutama media sosial.

“Pelatihan seperti ini akan memicu motivasi para pemuda Kota Bandung untuk meningkatkan kapasitas diri. Jika sudah menguasai keduanya saya yakin pemuda di Kota Bandung akan dapat berdaya saing,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Wartawan Bandung Juara, Asep Robin menyatakan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang mengakibatkan hampir semua ingin jadi jurnalis sesuai kehendaknya masing-masing.

Kata dia, hampir semua orang menyampaikan sesuatu sesuai kehendak masing-masing.

“Jurnalis dan pemuda kami sasar dalam upaya untuk mengasah skill membuat media sehingga dapat menghasilkan sesuatu, menjalani jurnalistik sebagaimana tugasnya hingga cakap menjalankan bisnis di sektor media,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua PWI kota Bandung, Hardiansyah menambahkan, pelatihan yang berlangsung dua hari ini dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Jurnalis, menurutnya, sudah sepatutnya sebagai bagian dari elemen masyarakat untuk mensupport program pembangunan daerah.

“Jika pemuda dan wartawan berdaya tentu Kota Bandung akan maju. Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output positif yang baru serta menjadikan pemuda dan jurnalis berprestasi dan berdaya saing,” tuturnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...
Sulawesi - Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:16 WIB

Berbahaya, Praktik Pemasangan Behel Tak Profesional Akan Ditertibkan

Memakai kawat gigi atau behel pada awalnya terkait masalah kesehatan gigi. Namun lama-kelamaan tren memakai kawat gigi digandrungi remaja baik ...
Aceh - Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:39 WIB

Hujan Sepekan, Puluhan Rumah di Aceh Barat Terendam Banjir

Akibat curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir, puluhan rumah di Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi ...