Wednesday, 22 August 2018 | 02.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt

PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt

Reporter : Ardiansyah | Wednesday, 22 November 2017 - 22:15 WIB

IMG-7483

TPST Bantargebang

Bekasi, kini.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong percepatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) milik Pemkot Bekasi. Selain mengurai sampah, proyek ini dapat memenuhi kebutuhan listrik nasional.

Dirjen Pengelolaan Sampah KLHK, Sudirman meninjau lokasi PLTSa di TPS Sumur Batu. Didampingi Walikota Rahmat Effendi berserta jajaran dibawahnya.

Ia mengatakan sampah yang ada dibakar dengan mesin incenerator akan menghasilkan uap, untuk memutarkan turbin jadi listrik. PLTSa menargetkan 2500 Ton pembakaran sampah, untuk menghasilkan listrik 34 Megawatt.

“Kalau tenaga listrik dengan teknologi seperti ini, pertama kalinya,” ujar Surdiman usai tinjauannya di TPA Sumur Batu, Rabu (22/11).

Sudirman mendorong percepatan pemanfataan teknologi seperti PLTSa Kota Bekasi. Lantaran dengan pemanfaatan lahan sempit menghasilkan listrik.

“Sebagai tim pelaksanaan pemanfaat sampah jadi energi listrik, nanti akan saya lemparkan ke tim saya, tetapi tidak kalah penting kalau pak wali juga, membikin report bagus kepada RI 1 sebagai penguasa negara, karena pepres yang tanda tangan presiden,” paparnya.

Menurut Sudirman, teknologi PLTSa di Kota Bekasi sangat bagus. Bila dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainya.

“Bekasi bagus. Saya jalan dari Banda Aceh sampai Papua, (melihat) kota-kota itu. Dan saya melihat bagaimana masalah manajemen (penanganan) sampah, Bekasi mulai bangkit,” katanya.

Sementara Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi penerapan teknologi sampah menjadi listrik pertama kali dilakukan. Sejalan dengan usul Dirjen Pengelolaan Sampah, dia hendak mengusulkan ke presiden.

“Ini mau kita lapor presiden, besok presiden ada di sini. Karena ini masalahnya di Perpres, kalau putusan Menteri masih kurang, jadi kita mau terobos ke presiden,” kata Effendi.

Ia menilai PLTSa bisa menjadi solusi dalam pengelolaan sampah. Pasalnya dengan pemanfaatan lahan sempit, tetapi bisa mehasilkan energi listrik.

“Dengan satu mesin ini bisa 100 sampai 500 Ton sampah perharinya, ini bisa menghasilkan 1,3 Megawatt. Kalau PLN enggak mau, kita bisa jual langsung je warga kita dengan murah, cuma masih harus tembus ke presiden,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...