Jumat, 19 Oktober 2018 | 12.12 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 22 November 2017 - 17:11 WIB

IMG-7476

Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Mulyanto dalam Peluncuran Media Informasi Rutin IJK Sumut, di Medan, Rabu (22/11/2017). (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan, kini.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 5 Sumbagut tetap melakukan pengawasan terhadap investasi yang tidak sesuai aturan dan merugikan orang lain.

Untuk itu OJK selalu mengingatkan masyarakat agar tidak gampang tergiur terhadap iming-iming investasi dengan imbal hasil yang besar.

“Tidak bisa dipungkiri saat ini sangat banyak perusahaan yang menawarkan investasi dengan imbal hasil yang sangat menggiurkan. Sehingga masyarakat dituntut untuk cerdas agar tidak terjebak dan berujung pada korban penipuan,” ucap Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Mulyanto dalam Peluncuran Media Informasi Rutin IJK Sumut, di Medan, Rabu (22/11/2017).

Mulyanto mengatakan di daerah, OJK bersama elemen lain tergabung dalam Satgas Waspada Investasi yang terus melakukan pengawasan terhadap hal tersebut.

Jika ditemukan investasi yang merugikan, kata dia, Satgas Waspada Investasi akan melakukan klarifikasi terhadap korban dan kemudian pihak perusahaan investasi.

Dan jika terbukti, maka akan dimungkinkan ada langkah hukum yang diambil.

“Kami juga berharap rekan wartawan meneruskan edukasi literasi, supaya masyarakat cerdas. Investasi itu harus 2 L, Legal dan Logis,” ujarnya.

Legal, artinya memiliki badan hukum dan izin dari OJK. Logis, artinya untung yang ditawarkan masuk akal.

Ia melanjutkan OJK hanya memberikan izin pada jasa keuangan.

“Di luar IJK, OJK bekerjasama dengan Polri, Kominfo, Dinas UKM dan sebagainya untuk mengawal investasi bodong,” ucapnya.

Akhirnya, Mulanto pun mengatakan OJK tak bosan mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap investasi yang menawarkan untung besar, tapi jika ditelusuri akan mengarah pada korupsi dan tidak logis.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...
Sulawesi - Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:16 WIB

Berbahaya, Praktik Pemasangan Behel Tak Profesional Akan Ditertibkan

Memakai kawat gigi atau behel pada awalnya terkait masalah kesehatan gigi. Namun lama-kelamaan tren memakai kawat gigi digandrungi remaja baik ...
Aceh - Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:39 WIB

Hujan Sepekan, Puluhan Rumah di Aceh Barat Terendam Banjir

Akibat curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir, puluhan rumah di Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi ...