Minggu, 20 Januari 2019 | 18.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 22 November 2017 - 17:11 WIB

IMG-7476

Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Mulyanto dalam Peluncuran Media Informasi Rutin IJK Sumut, di Medan, Rabu (22/11/2017). (KiniNews/Nur Fatimah)

Medan, kini.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 5 Sumbagut tetap melakukan pengawasan terhadap investasi yang tidak sesuai aturan dan merugikan orang lain.

Untuk itu OJK selalu mengingatkan masyarakat agar tidak gampang tergiur terhadap iming-iming investasi dengan imbal hasil yang besar.

“Tidak bisa dipungkiri saat ini sangat banyak perusahaan yang menawarkan investasi dengan imbal hasil yang sangat menggiurkan. Sehingga masyarakat dituntut untuk cerdas agar tidak terjebak dan berujung pada korban penipuan,” ucap Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Mulyanto dalam Peluncuran Media Informasi Rutin IJK Sumut, di Medan, Rabu (22/11/2017).

Mulyanto mengatakan di daerah, OJK bersama elemen lain tergabung dalam Satgas Waspada Investasi yang terus melakukan pengawasan terhadap hal tersebut.

Jika ditemukan investasi yang merugikan, kata dia, Satgas Waspada Investasi akan melakukan klarifikasi terhadap korban dan kemudian pihak perusahaan investasi.

Dan jika terbukti, maka akan dimungkinkan ada langkah hukum yang diambil.

“Kami juga berharap rekan wartawan meneruskan edukasi literasi, supaya masyarakat cerdas. Investasi itu harus 2 L, Legal dan Logis,” ujarnya.

Legal, artinya memiliki badan hukum dan izin dari OJK. Logis, artinya untung yang ditawarkan masuk akal.

Ia melanjutkan OJK hanya memberikan izin pada jasa keuangan.

“Di luar IJK, OJK bekerjasama dengan Polri, Kominfo, Dinas UKM dan sebagainya untuk mengawal investasi bodong,” ucapnya.

Akhirnya, Mulanto pun mengatakan OJK tak bosan mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap investasi yang menawarkan untung besar, tapi jika ditelusuri akan mengarah pada korupsi dan tidak logis.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...