Sabtu, 19 Januari 2019 | 23.27 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Otak pelaku kaburnya lima tahanan terpaksa dilumpuhkan timah panas

Otak pelaku kaburnya lima tahanan terpaksa dilumpuhkan timah panas

Reporter : Fauzan | Selasa, 21 November 2017 - 22:48 WIB

IMG-7463

Para pelaku kejahatan yang kabur dari RTP kembali di ringkus Polrestabes Medan, satu otak pelaku terpaksa ditembak. KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Lima tersangka yang kabur dari Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polsek Kutalimbaru, Deli Serdang kembali dibekuk tim gabungan Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polrestabes Medan dan Polsek Kutalimbaru. 

Tersangka Chandra Gunawan (32), selaku otak pelakunya terpaksaditembak petugas karena mencoba kabur saat digelandang, Selasa (21/11) pagi.

Selanjutnya, warga Jalan Pajak Melati, Desa Tanjung Selamat, Kabupaten Deliserdang itu dievakuasi ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Kapolrestabes Medan Komisaris Besae Sandi Nugroho didampingi Kasat Reskrim Komisaris Ronni Bonic dan Kapolsek Kutalimbaru Ajun Komisaris Martulesi Sitepu, mengatakan, empat pelaku lainnya yakni Irwansyah (29), warga Simpang Selayang, Benny Indra Pratama (19), warga Sri Gunting, Alex alias Babe (32), warga Medan Tuntungan, dan Supardi (29), warga Labuhan Deli.

“Keempat pelaku merupakan tersangka kejahatan penipuan, hanya Supardi yang terkait kasus narkoba,” kata Sandi kepada wartawan di Medan.

Sandi menjelaskan para pelaku kabur Senin (20/11) sekira pukul 22.30 WIB, dengan cara menggunakan kancing peniti untuk membuka gembok Rumah Tahanan Polisi (RTP). Namun, petugas jaga baru mengetahui kejadian tersebut setelah kelimanya meninggalkan RTP.

Tim Reskrim Polrestabes Medan bersama Reskrim Polsek Kutalimbaru langsung bergerak cepat. Yang akhirnya keempat pelaku berhasil dibekuk saat beristirahat di Pantai Bar-Bar Sari, Kutalimbaru. 

“Empat pelaku ditangkap Selasa sekira pukul 07.15 WIB ketika beristirahat karena letih semalaman tak tidur,” kata Sandi.

Dari keterangan para pelaku diketahuilah ternyata otak pelaku rencana kabur itu disusun tersangka Chandra Gunawan yang saat itu meninggalkan komplotan pulang ke salah satu rumahnya di Jalan Rantang Ayahanda.

Selanjutnya tersangka Chandra digelandang petugas dengan tangan digari menuju lokasi kaburnya para tahanan.

Namun tepat di Desa Suka Rende Kutalimbaru, saat tersangka diturunkan, tangannya langsung menyikut petugas dan berusaha kabur. 

”Karena tidak mengindahkan tembakan peringatan, pelaku akhirnya ditembak petugas tepat di bagian kaki,” pungkasnya.

Berdasaekan pengakuan Chandara rencana itu sudah matang dilakukannya beberapa hari terakhir karena rindu ketemu anak-anaknya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...
Kepulauan Riau - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:20 WIB

Astaga, Sekda Batam galang dana untuk bantu koruptor

SEKRETARIAT Daerah (Setda) Kota Batam mengeluarkan surat edaran permohonan bantuan terhadap salah seorang mantan Pegawai Negara Sipil (PNS) terpidana korupsi, ...
Kepulauan Riau - Senin, 14 Januari 2019 - 14:17 WIB

TNI AU paksa turun pesawat Ethiopia di Batam

TNI Angkatan Udara memaksa turun pesawat asal Ethiopia. Armada komersial negara di Afrika itu dipaksa mendarat di Batam, Kepri, oleh ...