Selasa, 23 Oktober 2018 | 20.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Minggu, 19 November 2017 - 21:36 WIB

IMG-7438

Paman Bobby Erwan Nasutio (kanan) bersama wedding organizer Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo, Muhammad Ozzy saat memberikan keterangan pers, Ahad (19/11). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Dalam pesta adat Ngunduh Mantu yang digelar keluarga Muhammad Boby Afif Nasution. Kahiyang Ayu akan akan diberikan marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau.

Paman Bobby, Erwan Nasution dalam keterangan persnya di Media Centre Resepsi Bobby – Kahiyang mengatakan pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada, Selasa (21/11).

Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017.

“Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang adalah putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,” ujarnya di Medan, Ahad (19/11).

Erwan menjelaskan, ada banyak rangkaiannya prosesi, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. “Lalu, pada 26 November 2017 resepsi umum,” sebutnya.

Erwan menambahkan ada sekitar 100 lebih keluarga dari Solo yang turut menghadiri acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi di Medan.

“Sebagian mereka tiba pada 19 November 2017 bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ujarnya.

Erwan juga menjelaskan untuk pengamanan lalu lintas pihaknya sudah bekordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas . “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada yang jalan yang boleh ditutup untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Sementara itu, Owner Focus Wedding Organizer, Muhammad Oji mengungkapkan dalam acara adat yang disebut dengan mangalehan marga ini, disiapkan sekitar 10 ekor kerbau. “Bahkan kabarnya, ada lima raja yang ikut memberikan marga bagi Kahiyang Ayu,” ujarnya.

Oji menjelaskan, acara mangalehan marga ini akan dilaksanakan di kediaman tulang (paman Bobby), Doli Sinomba Siregar, Medan Johor.

Ada beberapa alasan pemberian marga, antara lain menjelaskan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan. “Namun, alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang ialah karena perkawinan antar etnik,” jelasnya.

Menurut Oji, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. 

Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby.

Inti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:40 WIB

Hal-hal yang Paling Dirindukan Alumni Pesantren Ketika Tak Lagi Mondok

Menjadi santri di pondok pesantren merupakan kebanggaan tersendiri bagi alumni-alumni ponpes yang tersebar di seluruh Sumatera Utara.Bagaimana tidak, meski belajar ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.Yang dulunya samasekali 'emang gua pikirin', kini banyak anak ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:57 WIB

Hari Santri, RMI NU Sumut: Segera Sahkan UU Pondok Pesantren

Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional 2018 pada hari ini Senin (22/10/2018).Hari Santri Nasional sendiri, disahkan oleh Presiden RI, ...
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...