Senin, 19 Februari 2018 | 21.03 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Minggu, 19 November 2017 - 21:36 WIB

IMG-7438

Paman Bobby Erwan Nasutio (kanan) bersama wedding organizer Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo, Muhammad Ozzy saat memberikan keterangan pers, Ahad (19/11). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Dalam pesta adat Ngunduh Mantu yang digelar keluarga Muhammad Boby Afif Nasution. Kahiyang Ayu akan akan diberikan marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau.

Paman Bobby, Erwan Nasution dalam keterangan persnya di Media Centre Resepsi Bobby – Kahiyang mengatakan pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada, Selasa (21/11).

Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017.

“Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang adalah putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,” ujarnya di Medan, Ahad (19/11).

Erwan menjelaskan, ada banyak rangkaiannya prosesi, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. “Lalu, pada 26 November 2017 resepsi umum,” sebutnya.

Erwan menambahkan ada sekitar 100 lebih keluarga dari Solo yang turut menghadiri acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi di Medan.

“Sebagian mereka tiba pada 19 November 2017 bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ujarnya.

Erwan juga menjelaskan untuk pengamanan lalu lintas pihaknya sudah bekordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas . “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada yang jalan yang boleh ditutup untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Sementara itu, Owner Focus Wedding Organizer, Muhammad Oji mengungkapkan dalam acara adat yang disebut dengan mangalehan marga ini, disiapkan sekitar 10 ekor kerbau. “Bahkan kabarnya, ada lima raja yang ikut memberikan marga bagi Kahiyang Ayu,” ujarnya.

Oji menjelaskan, acara mangalehan marga ini akan dilaksanakan di kediaman tulang (paman Bobby), Doli Sinomba Siregar, Medan Johor.

Ada beberapa alasan pemberian marga, antara lain menjelaskan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan. “Namun, alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang ialah karena perkawinan antar etnik,” jelasnya.

Menurut Oji, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. 

Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby.

Inti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 21:00 WIB

Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak pelaku usaha di Kota Medan agar ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota dengan turut menghias taman ...
Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:08 WIB

Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) akan mengintensifkan kampanye di kota dan kabupaten ...
Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:07 WIB

Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah, berkujung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi di Jalan ...
Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:00 WIB

Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin

Pengendara motor dan mobil di Jalan Cemerlang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi nyaris tertimpa reklame ambruk, Senin (19/2/2018). Beruntung ...
Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 17:56 WIB

Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah melaksanakan tahapan deklarasi kampanye damai di lantai satu REVO Town Mall, Jalan Ahmad ...
Wabup Labura apresiasi baksos PK IMM Faperta UMSU di Kuala Beringin
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 17:33 WIB

Wabup Labura apresiasi baksos PK IMM Faperta UMSU di Kuala Beringin

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Dwi Prantara, membuka baksos yang digelar pimpin komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMAM) Fakultas Pertanian ...