Sabtu, 19 Januari 2019 | 23.08 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Kahiyang Ayu diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau

Minggu, 19 November 2017 - 21:36 WIB

IMG-7438

Paman Bobby Erwan Nasutio (kanan) bersama wedding organizer Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo, Muhammad Ozzy saat memberikan keterangan pers, Ahad (19/11). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Dalam pesta adat Ngunduh Mantu yang digelar keluarga Muhammad Boby Afif Nasution. Kahiyang Ayu akan akan diberikan marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau.

Paman Bobby, Erwan Nasution dalam keterangan persnya di Media Centre Resepsi Bobby – Kahiyang mengatakan pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada, Selasa (21/11).

Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017.

“Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang adalah putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,” ujarnya di Medan, Ahad (19/11).

Erwan menjelaskan, ada banyak rangkaiannya prosesi, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. “Lalu, pada 26 November 2017 resepsi umum,” sebutnya.

Erwan menambahkan ada sekitar 100 lebih keluarga dari Solo yang turut menghadiri acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi di Medan.

“Sebagian mereka tiba pada 19 November 2017 bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ujarnya.

Erwan juga menjelaskan untuk pengamanan lalu lintas pihaknya sudah bekordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas . “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada yang jalan yang boleh ditutup untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Sementara itu, Owner Focus Wedding Organizer, Muhammad Oji mengungkapkan dalam acara adat yang disebut dengan mangalehan marga ini, disiapkan sekitar 10 ekor kerbau. “Bahkan kabarnya, ada lima raja yang ikut memberikan marga bagi Kahiyang Ayu,” ujarnya.

Oji menjelaskan, acara mangalehan marga ini akan dilaksanakan di kediaman tulang (paman Bobby), Doli Sinomba Siregar, Medan Johor.

Ada beberapa alasan pemberian marga, antara lain menjelaskan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan. “Namun, alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang ialah karena perkawinan antar etnik,” jelasnya.

Menurut Oji, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. 

Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby.

Inti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...
Kepulauan Riau - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:20 WIB

Astaga, Sekda Batam galang dana untuk bantu koruptor

SEKRETARIAT Daerah (Setda) Kota Batam mengeluarkan surat edaran permohonan bantuan terhadap salah seorang mantan Pegawai Negara Sipil (PNS) terpidana korupsi, ...
Kepulauan Riau - Senin, 14 Januari 2019 - 14:17 WIB

TNI AU paksa turun pesawat Ethiopia di Batam

TNI Angkatan Udara memaksa turun pesawat asal Ethiopia. Armada komersial negara di Afrika itu dipaksa mendarat di Batam, Kepri, oleh ...