Wednesday, 18 July 2018 | 12.17 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik

Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik

Reporter : Yudi | Saturday, 18 November 2017 - 15:03 WIB

IMG-7417

Seminar Nasional "Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik" di USU. (KiniNews/ Ist)

Medan, kini.co.id – Mendukung upaya pemerintah dalam menggalakan kajian terhadap bahasa-bahasa lokal yang ada di Indonesia, Program Studi (Prodi) Magister Linguistik (PMSL) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara gelar kegiatan Seminar Nasional Bahasa-Bahasa Lokal dengan tema “Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik”.

Kegiatan seminar ini membahas kajian mengenai bahasa lokal yang ada di Sumatera Utara serta implementasi nya terhadap pencegahan konflik distorsi bahasa di lingkungan masyarakat dengan keragaman etnik.

Hal ini disampaikan Dr. Eddy Setia, M. Ed., TESP, selaku ketua penyelenggara yang juga merupakan Ketua Prodi Linguistik FIB USU ketika dijumpai Bumantara pada saat kegiatan berlansung, Sabtu, (18/11/2017) di Hotel Grandhika jalan Dr. Mansur, Medan.

“Seminar Nasional Bahasa Lokal ini merupakan yang pertama diselenggarakan di Indonesia dan Sumatera Utara khususnya, dan hal ini diselenggarakan mengingat adanya penggalakan kajian bahasa lokal oleh pemerintah”. Ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa Sumatera Utara merupakan Provinsi yang memiliki keragaman etnik yang pada masing-masing etnik memiliki bahasa yang berbeda.

Oleh sebab itu, selain dapat merekatkan keragaman antar etnik khususnya di Sumatera Utara, kajian ini juga dapat mengantisipasi terjadinya konflik antar entik di lingkungan masyarakat terutama dalam hal bahasa.

“Untuk itu, sekarang ini, kita mulai dari segi kajian bahasa lokal sebagai perekat dulu, sehingga kita dapat menghindari kemungkinan konflik distorsi antar masyarakat terkait bahasa- bahasa lokal.” Jelas Eddy.

Eddy mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong para peneliti linguistik khususnya mahasiswa linguistik baik tingkat S2 maupun S3 untuk secara lebih mendalam melakukan penelitian serta mengkaji mengenai bahasa-bahasa lokal yang ada di Sumatera Utara.

“Dengan modal pengetahuan dasar penelitian linguistik yang juga menjadi pembahasan dalam seminar ini, maka para peserta tentunya memiliki modal yang kuat untuk meneliti bahasa-bahasa lokal yang ada di Sumatera Utara,” ujarnya.

Sementara itu, Sabriandi Erdian, selaku Ketua Ikatan Mahasiswa Linguistik yang hadir sebagai peserta dalam seminar ini memberikan apresiasi atas diselenggarakanya kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi pamacu lahirnya penelitian dan kajian-kajian baru mengenai bahasa-bahasa lokal khususnya di Sumatera Utara.

“Untuk saat sekarang ini masih sedikit kita temukan kajian-kajian tentang bahasa lokal khususnya di Sumut, untuk itu kegiatan ini sangat membantu para praktisi maupum akademisi bahasa dalam mendalami keilmuan mengenai bahasa-bahasa lokal. Selain itu dengan seminar ini kita juga dapat menggali potensi-potensi bahasa lokal sebagai kekayaan budaya Sumatera Utara,” jelasnya.

Hadir selaku pembicara utama pada kegiatan seminar ini yaitu, Dr Sudaryanto, selaku Ilmuan Peneroka Hakikat Bahasa dengan pembahasan “Yang Layak dan Perlu Dalam Upaya Pengoptimalan Fungsi Bahasa Lokal yang Melibatkan Ahli Warisnya si Generasi Milenial” serta Dr. Ganjar Harimansyah, M. Hum selaku Kepala Bidang Pelindungan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dengan pembahasan “Kebijakan Pelindungan dan Kajian Vitalitas Bahasa Daerah”.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...