Wednesday, 22 August 2018 | 02.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Tengku Erry berharap mitra ASK berbasis aplikasi online patuhi aturan

Tengku Erry berharap mitra ASK berbasis aplikasi online patuhi aturan

Reporter : Nur Fatimah | Thursday, 16 November 2017 - 18:57 WIB

IMG-7390

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah, Rabu (11/10). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengingatkan kepada mitra jasa Angkutan Sewa Khusus (ASK) berbasis aplikasi online agar dapat menjaga sikap dan mentaati semua peraturan lalu lintas serta memenuhi persyaratan sebagai penyedia jasa angkutan sewa khusus (ASK).

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Permenhub nomor PM 108 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, dengan tujuan terciptanya kesetaraan, keberlangsungan usaha, perlindungan konsumen dan kepentingan nasional, keselamatan dan keamanan angkutan serta menjaga situasi dan kondisi dalam keadaan kondusif,” ujar Erry dalam Silaturahim Bersama Mitra Grab di Griya Ben Conventon Center Medan, Kamis (16/11).

Menurutnya, ketentuan yang diatur dalam Permenhub tersebut mencakup diantaranya ketentuan wilayah operasi, jumlah kuota, tarif, kepemilikan, domisili kendaraan, uji kendaraan dan peran aplikator sebagai penyedia aplikasi atau perusahaan angkutan umum.

Sebagaimana diketahui, untuk Sumut sendiri tarif ditetapkan sebesar Rp3.500 (terendah) hingga Rp6.000 (tertinggi) untuk setiap kilometernya.

“Saya yakin masyarakat akan melihat mana pelayanan yang baik, sistem yang baik dan kualitas yang baik. Apalagi sesuai namanya yakni Grab yang merupakan singkatan dari Gigih, Ramah, Aman dan Baik. Inilah bentuk manfaat dari perkembangan teknologi informasi yang mampu menyerap tenaga kerja,” sebut Erry.

Untuk itu Erry juga meminta agar para mitra atau pengendara ASK berbasis aplikasi (taksi online) yang memberikan kemudahan dan keterjangkauan harga, harus tertib dan berkeselamatan.

Ia masih berharap aplikator dan mitra kerjanya melakukan pembinaan terhadap pengemudi agar selalu menaati peraturan dalam berlalu lintas, parkir pada tempatnya, tidak mangkal di sembarang tempat, menjaga sopan santun kepada pelanggan dan menghindari gesekan dengan angkutan umum regular.

“Dengan kemudahan yang diberikan melalui sistem online ini, menjadi perhatian bagi masyarakat luas. Karena kita tahu bahwa angkutan umum berbasis teknologi informasi internet merupakan suatu keniscayaan, konsep berbagai angkutan sharing sebagai model ekonomi berbagi dan ditopang teknologi informasi sudah sedemikian massif,” sebutnya.

Sementara itu Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebutkan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mitra mereka.

Baik dari segi kenyamanan dan keamanan. Khusus untuk lokasi, saat ini keberadaannya sudah masuk ke Kota Pematang Siantar.

“Transportasi online sudah semakin diminati masyarakat. Untuk keamanan, kita juga memonitoring kecepatan kendaraan terutama sepeda motor. Apabila kecepatannya sudah terlalu tinggi, maka akan ada retraining kepada mitra tersebut,” ujarnya.

Selain itu, untuk faktor keamanan bagi pengendara maupun penumpang lanjut Ridzki, pihaknya melakukan kerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sumut untuk penggunaan aplikasi Polisi Kita. Hal itu untuk membantu memonitor apabila terjadi kejahatan dan lain-lain.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...