Senin, 22 Oktober 2018 | 03.35 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Polisi Minta Warga Waspadai ISIS

Polisi Minta Warga Waspadai ISIS

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 15 November 2017 - 20:35 WIB

IMG-7339

Suasana Kontrakan Terduga ISIS di Bekasi

Bekasi, kini.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Sektor Bantargebang, Teli Arazka Putra, meminta agar warga dapat berkoordinasi dengan baik apabila ada seorang mencurigakan diwilayahnya.

Hal ini menyusul penggerebekan terduga simpatisan Islamic State of Iraq and Syam (ISIS) di Gang Yamin RT 01/06, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, belum lama ini oleh anggota detasemen khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

“Koordinasi antara warga dan kepolisian itu penting, terutama para Ketua RT/RW, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan warganya,” kata Teli, Rabu (15/11/2017).

Ia mengimbau, jika ada gerakkan atau aktifitas mencurigakan diwilayahnya dapat segera berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Bisa langusung dengan Bimaspol dan Babinsa, itu segera akan kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Memang, kata dia, untuk simpatisan atau anggota yang terindikasi terlibat jaringan ISIS sudah terpantau dari pusat.

Namun, kepolisian dalam menindak gerakkan itu membutuhkan bukti kongkret. Pihaknya tidak bisa langsung menangkap terduga pelaku jika baru sebatas komunikasi singkat.

“Misalnya saja, hanya menanyakan kabar (dengan teroris). Namun pusat bisa menindak jika sudah ada rencana melalui komunikasi itu, kalau cuma ahlan wasahlan, tidak bisa karena terbentur UU Teroris,” jelas dia.

“”Maka dari itu, RT/RW juga harus selektif jika mendata warganya, aktifitas warga yang meresahkan, mencurigakan bisa langsung kordinasi,” tambahnya.

Sejatinya, RT/RW kata Teli, dapat mencurigai penghuni kontrakan yang memang keadaan rumahnya tak seperti sebagaimana mestinya berumah tangga.

“Misalnya yang ngontrak sudah 3 hari pindah, namun barang-barangnya tidak ada, hanya bawa keluarga, sementara isinya hanya tikar/karpet dan baju saja, itu bisa dicurigai. Karena kebanyakan mereka seperti itu agar leluasa kabur tanpa membawa dibebankan barang bawaan,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...
Sulawesi - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:27 WIB

Miris, Anak Korban Gempa Palu Dicabuli, Baru 1 Pelaku Tertangkap

Duka bocah di bawah umur berinisial H semakin mendalam. Setelah menjadi korban gempa Palu, kini bocah 7 tahun itu ...
Sumatera Utara - Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:44 WIB

Pedas! Harga Cabai di Medan Hampir Rp50 Ribu per Kilogram

Kaum ibu di Kota Medan kembali meringis seiring harga cabai dan sejumlah bahan pangan merangkak naik.Saat ini, harga cabai merah ...
Sumatera Utara - Sabtu, 13 Oktober 2018 - 16:31 WIB

13 Orang Tewas 10 Hilang Akibat Banjir Bandang Mandailing Natal

9 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor yang terjadi pada, Jumat (12/10/2018).Sembilan kecamatan ...