Wednesday, 18 July 2018 | 12.14 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Polisi Minta Warga Waspadai ISIS

Polisi Minta Warga Waspadai ISIS

Reporter : Ardiansyah | Wednesday, 15 November 2017 - 20:35 WIB

IMG-7339

Suasana Kontrakan Terduga ISIS di Bekasi

Bekasi, kini.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Sektor Bantargebang, Teli Arazka Putra, meminta agar warga dapat berkoordinasi dengan baik apabila ada seorang mencurigakan diwilayahnya.

Hal ini menyusul penggerebekan terduga simpatisan Islamic State of Iraq and Syam (ISIS) di Gang Yamin RT 01/06, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, belum lama ini oleh anggota detasemen khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

“Koordinasi antara warga dan kepolisian itu penting, terutama para Ketua RT/RW, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan warganya,” kata Teli, Rabu (15/11/2017).

Ia mengimbau, jika ada gerakkan atau aktifitas mencurigakan diwilayahnya dapat segera berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Bisa langusung dengan Bimaspol dan Babinsa, itu segera akan kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Memang, kata dia, untuk simpatisan atau anggota yang terindikasi terlibat jaringan ISIS sudah terpantau dari pusat.

Namun, kepolisian dalam menindak gerakkan itu membutuhkan bukti kongkret. Pihaknya tidak bisa langsung menangkap terduga pelaku jika baru sebatas komunikasi singkat.

“Misalnya saja, hanya menanyakan kabar (dengan teroris). Namun pusat bisa menindak jika sudah ada rencana melalui komunikasi itu, kalau cuma ahlan wasahlan, tidak bisa karena terbentur UU Teroris,” jelas dia.

“”Maka dari itu, RT/RW juga harus selektif jika mendata warganya, aktifitas warga yang meresahkan, mencurigakan bisa langsung kordinasi,” tambahnya.

Sejatinya, RT/RW kata Teli, dapat mencurigai penghuni kontrakan yang memang keadaan rumahnya tak seperti sebagaimana mestinya berumah tangga.

“Misalnya yang ngontrak sudah 3 hari pindah, namun barang-barangnya tidak ada, hanya bawa keluarga, sementara isinya hanya tikar/karpet dan baju saja, itu bisa dicurigai. Karena kebanyakan mereka seperti itu agar leluasa kabur tanpa membawa dibebankan barang bawaan,” tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...