Rabu, 21 Februari 2018 | 23.51 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Itenas Luncurkan EVHERO, Mobil Listrik Type Crossover Ramah Lingkungan

Itenas Luncurkan EVHERO, Mobil Listrik Type Crossover Ramah Lingkungan

Reporter : Trias Agustian | Rabu, 15 November 2017 - 15:56 WIB

IMG-7337

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dalam peluncuran mobil listrik buatan Itenas Bandung, Rabu (15/11). KiniNews/Humas Kota Bandung

Bandung, kini.co.id – Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil merancang serta mewujudkan mobil masa depan,  dengan meluncurkan Mobil berjenis crossover yang diberi nama EVHERO (Electric Crossover).

Dengan keberhasilan ini, Itenas Bandung menjadi yang pertama di Indonesia yang mampu menciptakan mobil listrik berjenis crossover.

Hal ini membuktikan bahwa anak bangsa bisa memberikan inovasi yang luar biasa untuk lingkungan maupun masyarakat di masa yang akan datang.

Peluncuran kendaraan tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Rektor Itenas Imam Aschuri serta Head of Research Team Tarsisius Kristyadi di Kampus Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Rabu (15/11).

Dalam kesempatannya Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyampaikan, Kampus di Bandung kali ini Itenas meluncurkan Kendaraan yang luar biasa. Ini membuktikan bahwa anak bangsa bisa berinovasi dan memberikan manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat.

“Kali ini kendaraan yang bernama EVHERO hadir di kota Bandung. Dengan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan berkapasitas lima orang membuktikan bahwa mahasiswa itu bisa menciptakan dan sudah siap menghadapi jaman dan teknologi yang baru,”ujar Ridwan

Menurutnya, dengan hadirnya inovasi anak bangsa tersebut seharusnya pemerintah pusat bisa mendukung. Karena sudah dibuktikan dengan inovasi yang hadir saat ini bahwa teknologi memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi lingkungan.

“Harusnya pemerintah pusat bisa lebih mendukung teknologi seperti ini. Dengan lahirnya kendaraan tersebut maka, lingkungan pun menjadi lebih bersih dan polusi berkurang.”ujarnya.

Usai mencoba kendaraan yang berwarna orange itu, dirinya menuturkan, desain yang modern membuat kita sebagai pengendara menjadi lebih nyaman. Karena mobil ini di desain sesuai kebutuhan yaitu bahan bakar listrik yang ramah lingkungan.

“Setelah saya coba tadi, suaranya tidak berisik malahan hampir tidak terdengar, dan saya coba keliling barusan, kendaraannya nyaman,”ujar Ridwan.

Sementara itu menurut Head Of Research Team Itenas Tarsisius Kristyadi menyampaikan, mobil EVHERO ini berjenis mobil crossover, dipilih karena merupakan tipe yang sesuai dengan kondisi alamiah di Indonesia yang berbatu, berkelok, bervariasi dan tidak selalu mulus.

Selain itu, mobil EVHERO pun berbentuk kompromi antara SUV dan kendaraan keluarga.

“Jadi Mobil listrik ini khusus di desain untuk orang yang menggemari adventure tetapi ingin tetap gaya di kota, sehingga ini bisa melintas kemanapun,”jelasnya.

Ditambahkan Tarsisius, kendaraan yang berkapasitas 5 orang dan kecepatan maksimal 70 km/jam tersebut memiliki kekuatan listrik selama 2 jam.

Sementara itu, mengenai musim hujan yang saat ini sedang berlangsung, dirinya menjamin bahwa kendaraan listrik itu jika tekena air tidak akan konslet.

“Karena didalam komponen listrik tersebut di cover dan dilindungi supaya tidak konslet jika terkena air,”ujarnya.

Ditambahkan Tarsisius, kelebihan mobil tersebut selain dalam hal lingkungan maupun bahan bakar, usia baterai yang cukup lama yaitu 25 tahun.

“Meskipun harganya cukup mahal, tetapi mobil ini kuat dan awet dibandingkan dengan mobil mobil konvensional lainnya,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung
Sumatera Utara - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:37 WIB

Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung

Ratusan personil gabungan TNI-Polri melaksanakan gotong royong membersihkan material berupa batu dan kayu yang menutup arus aliran lahar dingin gunung ...
Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:01 WIB

Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengingatkan pasangan calon kepala daerah agar tidak berkampanye di pesantren. Larangan itu sesuai ...
Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 20:11 WIB

Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC

Sedikitnya, ada tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi belum mengantongi Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).Bahkan, ...
Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 19:50 WIB

Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara

Seorang Satpam sekolah berinisial AS (33) rupanya merangkap kariernya sebagai pengedar sabu. Selain pengedar, AS juga sebagai pemakai yang mana ...
75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:59 WIB

75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menargetkan pada tahun 2018 ini, minimal 75 persen SMP Swasta di dan 100 persen SMP Negeri ...
5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:40 WIB

5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menunda pengadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi 5 SMP Negeri Kota Bekasi.Soalnya, ...