Minggu, 20 Januari 2019 | 18.16 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Itenas Luncurkan EVHERO, Mobil Listrik Type Crossover Ramah Lingkungan

Itenas Luncurkan EVHERO, Mobil Listrik Type Crossover Ramah Lingkungan

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 15 November 2017 - 15:56 WIB

IMG-7337

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dalam peluncuran mobil listrik buatan Itenas Bandung, Rabu (15/11). KiniNews/Humas Kota Bandung

Bandung, kini.co.id – Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil merancang serta mewujudkan mobil masa depan,  dengan meluncurkan Mobil berjenis crossover yang diberi nama EVHERO (Electric Crossover).

Dengan keberhasilan ini, Itenas Bandung menjadi yang pertama di Indonesia yang mampu menciptakan mobil listrik berjenis crossover.

Hal ini membuktikan bahwa anak bangsa bisa memberikan inovasi yang luar biasa untuk lingkungan maupun masyarakat di masa yang akan datang.

Peluncuran kendaraan tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Rektor Itenas Imam Aschuri serta Head of Research Team Tarsisius Kristyadi di Kampus Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Rabu (15/11).

Dalam kesempatannya Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyampaikan, Kampus di Bandung kali ini Itenas meluncurkan Kendaraan yang luar biasa. Ini membuktikan bahwa anak bangsa bisa berinovasi dan memberikan manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat.

“Kali ini kendaraan yang bernama EVHERO hadir di kota Bandung. Dengan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan berkapasitas lima orang membuktikan bahwa mahasiswa itu bisa menciptakan dan sudah siap menghadapi jaman dan teknologi yang baru,”ujar Ridwan

Menurutnya, dengan hadirnya inovasi anak bangsa tersebut seharusnya pemerintah pusat bisa mendukung. Karena sudah dibuktikan dengan inovasi yang hadir saat ini bahwa teknologi memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi lingkungan.

“Harusnya pemerintah pusat bisa lebih mendukung teknologi seperti ini. Dengan lahirnya kendaraan tersebut maka, lingkungan pun menjadi lebih bersih dan polusi berkurang.”ujarnya.

Usai mencoba kendaraan yang berwarna orange itu, dirinya menuturkan, desain yang modern membuat kita sebagai pengendara menjadi lebih nyaman. Karena mobil ini di desain sesuai kebutuhan yaitu bahan bakar listrik yang ramah lingkungan.

“Setelah saya coba tadi, suaranya tidak berisik malahan hampir tidak terdengar, dan saya coba keliling barusan, kendaraannya nyaman,”ujar Ridwan.

Sementara itu menurut Head Of Research Team Itenas Tarsisius Kristyadi menyampaikan, mobil EVHERO ini berjenis mobil crossover, dipilih karena merupakan tipe yang sesuai dengan kondisi alamiah di Indonesia yang berbatu, berkelok, bervariasi dan tidak selalu mulus.

Selain itu, mobil EVHERO pun berbentuk kompromi antara SUV dan kendaraan keluarga.

“Jadi Mobil listrik ini khusus di desain untuk orang yang menggemari adventure tetapi ingin tetap gaya di kota, sehingga ini bisa melintas kemanapun,”jelasnya.

Ditambahkan Tarsisius, kendaraan yang berkapasitas 5 orang dan kecepatan maksimal 70 km/jam tersebut memiliki kekuatan listrik selama 2 jam.

Sementara itu, mengenai musim hujan yang saat ini sedang berlangsung, dirinya menjamin bahwa kendaraan listrik itu jika tekena air tidak akan konslet.

“Karena didalam komponen listrik tersebut di cover dan dilindungi supaya tidak konslet jika terkena air,”ujarnya.

Ditambahkan Tarsisius, kelebihan mobil tersebut selain dalam hal lingkungan maupun bahan bakar, usia baterai yang cukup lama yaitu 25 tahun.

“Meskipun harganya cukup mahal, tetapi mobil ini kuat dan awet dibandingkan dengan mobil mobil konvensional lainnya,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:43 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (2); Antara rangkap jabatan dan pengelolaan profesional

DI BAWAH kepemimpinan Lukita, BP Batam menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi. Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selama dua tahun terakhir ...
Kepulauan Riau - Minggu, 20 Januari 2019 - 11:29 WIB

Wali kota ex officio BP Batam (1); Pertarungan nasib investasi

MENTERI Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai Ketua Dewan Kawasan Batam Selasa (8/1/2019) pekan lalu melantik Staf Khusus ...
Jawa Barat - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:31 WIB

Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, 12 Kendaraan Rusak

Sebanyak 12 kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Purbaleunyi tepatnya di Kilometer (KM) 92, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa ...
Papua - Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:17 WIB

Lagi, Anggota TNI Tertembak Saat Kontak Senjata dengan KKB Papua

Seorang anggota TNI kembali gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Longsoran Baganbaga, Distrik Yambi, Kabupaten ...
Kepulauan Riau - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:12 WIB

Akhirnya pesawat kargo Etiopia diizinkan terbang

PESAWAT kargo Ethiopian yang dipaksa mendarat di Batam akhirnya diizinkan terbang kembali hari ini, Kamis (17/1/2019). Ethiopian Airlines meninggalkan Batam, ...
Sumatera Utara - Kamis, 17 Januari 2019 - 15:07 WIB

BI: Ada 5.480 Lembar Upal Beredar Selama 2018 di Sumut

Selama tahun 2018 ada 5.480 lembar uang palsu (upal) yang beredar di Sumut.Hal itu dikatakan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan ...