Senin, 11 Desember 2017 | 10.39 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Jembatan titi dua Sicanang di Medan ambruk

Jembatan titi dua Sicanang di Medan ambruk

Reporter : Fauzan | Rabu, 8 November 2017 - 00:33 WIB

IMG-7265

Jembatan Titi Dua Sicanang di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan Medan ambruk, Selasa (7/11). KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Jembatan Titi Dua Sicanang, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Medan tanpa diketahui penyebabnya tiba-tiba ambruk.

Ambruknya jembatan tersebut menyebabkan hubungan antara Kelurahan Belawan Sicanang dengan Kelurahan Belawan terputus.

Lurah Belawan Sicanang, Zulkifli mengatakan informasi yang diperoleh dari warga, jembatan yang berada di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan tersebut ambruk Selasa (7/11) siang.

Pada saat jembatan ambruk, salah seorang warga sekitar bersama seorang adiknya tengah mengendarai sepeda motor. Untung saja keduanya masih bisa berpegang pada kayu jembatan yang tersisa, sedangkan sepeda motornya nyemplung masuk sungai.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya jembatan itu. Tadi ada dua warga yang melintas ketika jembatan ambruk namun mereka selamat, sedangkan sepeda motornya masuk sungai. Namun sepeda motor itu telah diangkut kembali dengan menggunakan satu unit backhoe,” katanya Zulkifi di Medan, Selasa (7/11) malam.

Akibat ambruknya jembatan itu, kata dia, sekitar 16.000 warga yang bermukim di Kelurahan Belawan Sicanang tak dapat keluar menuju Kelurahan Belawan Bahari.

Untuk sementara warga hanya bisa melintas dengan berjalan kaki dengan melewati sisa tanah, namun harus tetap berhati-hati, sebab salah melangkah bisa tercebur dalam sungai.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution malam ini langsung meninjau jembatan yang ambruk tersebut dan kepada warga menyebutkan Pemkot Medan berupaya mencari solusinya.

Untuk itu Akhyar minta warga dapat bersabar, sebab dirinya bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait beserta seluruh unsur yang ada, termasuk masyarakat telah berkoordinasi untuk mengatasi jembatan ambruk tersebut.

“Malam ini kita akan bekerja keras untuk mengatasi jembatan ambruk ini. Kita akan upayakan secepatnya warga dapat melintasinya. Kita 24 jam mengerjakan, malam nanti pun saya akan tinjau kembali untuk mengetahui sudah sejauh mana progresnya. Untuk itu kita minta kesabaran dan dukungan penuh seluruh warga,” katanya.

Berdasarkan pengamatan dari lokasi, satu unit alat berat tengah bekerja untuk membuat dudukan jembatan sementara yang akan dibuat. Sebagai pondasi, disusun sejumlah gelondongan beton.

“Kalau menggunakan tanah, sebanyak apapun akan habis tersapu air sungai. Untuk itu digunakan gelondongan beton,” kata Akhyar.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution tampak meninjau jembatan titi dua yang ambruk tersebut.

Ia mengatakan jembatan yang ambruk ini merupakan jembatan sementara, sebab jembatan baru tengah dalam tahap pembangunan. Akibat ambruknya jembatan ini, hubungan antara Kelurahan Belawan Sicanang dengan Kelurahan Belawan terputus.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ivan Iskandar Batubara siap dampingi Tengku Erry di Pilgub Sumut
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 09:10 WIB

Ivan Iskandar Batubara siap dampingi Tengku Erry di Pilgub Sumut

Mengikuti jejak Sandiaga Salahudin Uno yang melepas jabatan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan berkiprah di politik, hal itu ...
Pelanggaran HAM di Sumut masih tinggi
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 06:48 WIB

Pelanggaran HAM di Sumut masih tinggi

Kasus pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) di Sumatera Utara masih sangat tinggi dan memprihatinkan. Berdasarkan catatan Komisi Orang Hilang dan ...
Banyak dikeluhkan, penggagas festival durian Sindangwangi 2017 bungkam
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 00:02 WIB

Banyak dikeluhkan, penggagas festival durian Sindangwangi 2017 bungkam

Pihak penggagas dan panitia festival durian Sindangwangi 2017 masih belum memberikan jawaban terkait banyaknya keluhan pengunjung yang sudah membeli tiket ...
PAN usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018
Sumatera Utara - Minggu, 10 Desember 2017 - 20:42 WIB

PAN usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mencalonkan mantan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara 2018.Dukungan ...
Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan
Jawa Barat - Minggu, 10 Desember 2017 - 20:26 WIB

Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan

Banyaknya keluhan masyarakat terkait kekecewaannya saat mengunjungi Festival Durian Sindangwangi 2017 di Pasar Ikan, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten ...
KLHK segel limbah medis di TPS  Cirebon
Jawa Barat - Minggu, 10 Desember 2017 - 19:27 WIB

KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel tempat pembuangan sementara (TPS) yang berisikan limbah medis di Cirebon, Jawa Barat. "Saat ini ...