Minggu, 19 November 2017 | 11.50 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kota Medan masuk nominasi Kota layak huni

Kota Medan masuk nominasi Kota layak huni

Reporter : Fauzan | Rabu, 8 November 2017 - 00:11 WIB

IMG-7263

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin hadir bersama 32 Wali Kota dan Bupati di Indonesia seusai menandatangani deklarasi kesepakatan mewujudkan Kota Layak Huni pada Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2017 di Jakarta, Senin 6 November 2017.Foto/Istimewa.

Medan, kini.co.id – Bersama dengan 32 Kota/Kabupaten lainnya, Kota Medan terpilih sebagai Kota layak Huni oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melalui Dirjen Cipta Karya, dalam untuk mewujudkan permukiman layak huni, produktif, terjangkau dan berkelanjutan pada Hari Habitat Dunia (HHB) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2017.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang hadir bersama 32 Wali Kota dan Kabupaten se Indonesia memandatangani deklarasi atau kesepakatan bersama untuk mewujudkan Kota Layak Huni di halaman Kantor Kemenpupera, Jalan Patimura, kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (6/11)

Dzulmi Eldin mengapresiasi masuknya Kota Medan dalam nominasi sebagai Kota Layak Huni.

Pasalnya menurut dia hal itu semakin memotivasi dirinya untuk menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini menjadi permukiman yang layak huni baik menyangkut infrastruktur jalan, air bersih, perumahan maupun sanitasi.

Ditambah lagi Kelurahanan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan masuk menjadi salah satu prioritas utama penanganan permukiman kumuh tahun 2018.

Saat ini ungkap Eldin, Pemko Medan tengah berupaya menjadikan Medan sebagai kota terbuka dan layak huni. Untuk bidang infrastruktur, Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus memperbaiki jalan rusak baik dengan pengaspalan maupun pembetonan serta perbaikan drainase.

“Insya Allah, akhir Desember ini perbaikan infrastruktur di Kota Medan rampung,” kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, dalam keterangannya Selasa (7/11).

Menurutnya, perumahan yang layak huni tidak hanya sekedar fisik rumah. Tetapi ada beberapa faktor yang harus dilakukan guna memenuhi kriteria layak huni tersebut, di antaranya kepastian bermukim, ketersediaan pelayanan prasarana dasar, bahan bangunan, fasilitas dan infrastruktur, keterjangkauan, kelayakan tinggal (fisik rumah, keamanan terhadap bencana), kemudahan akses, lokasi dan kesesuaian budaya.

“Selain dibutuhkan sinergitas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, keseluruhan faktor ini dapat dipenuhi jika mendapat dukungan penuh dari semua pihak. Untuk itu marilah kita bersama-sama mewujudkan Medan Rumah Kita sebagai tempat permukiman yang layak huni bagi semua,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Medan Wirya Alrahaman yang turut mendampingi Wali Kota dalam menghadiri peringatan HHB dan HKD 2017 menambahkan, Pemko Medan akan memndapatkan bantuan sebesar Rp.40 miliar setelah kelurahan Sicanang masuk menjadi prioritas penaganan permukiman kumuh dari Kemenpupera melalui Dirjen Cipta karya.

“Penanganan kawasan permukiman kumuh ini akan dilakukan Satker Balai Teknik Perkumiman dan Perkotaan. Dengan penanganan yang dilakukan tersebut, Wirya pun berharap Kelurahan Sicanang nantinya akan mejadi kawasan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan,” jelasnya.

“Pemko Medan telah melakukan sejumlah program untuk mengatasi permukiman kumuh. Salah satunya melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan telah melakukan bedah rumah,” tandasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas
Jawa Barat - Sabtu, 18 November 2017 - 21:32 WIB

Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas

Pembangunan Kota Bekasi yang sangat pesat dalam 20 tahun terakhir, khususnya dari sisi pembangunan fisik harus ditunjang dengan pembangunan sumber ...
Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut
- Sabtu, 18 November 2017 - 19:56 WIB

Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi sebagai calon gubernur Sumatera Utara dalam ...
Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana
DKI Jakarta - Sabtu, 18 November 2017 - 19:38 WIB

Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di Ibu Kota Jakarta, khususnya bencana banjir pada musim penghujan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ...
Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 15:03 WIB

Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik

Mendukung upaya pemerintah dalam menggalakan kajian terhadap bahasa-bahasa lokal yang ada di Indonesia, Program Studi (Prodi) Magister Linguistik (PMSL) Fakultas ...
Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 14:37 WIB

Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE bersama Camat Aek Natas Drs. Adlin Sinaga, M.Si mengunjungi jamaah persulukan di ...
Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri  applause untuk Anies Baswedan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 11:50 WIB

Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri applause untuk Anies Baswedan

Presiden Jokowi meminta Alumni Himpunan Mahasiswa Islam memberikan applause untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghadiri Musyawarah Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa ...